Menanamkan Kiat Gemar Baca Buku, Simak 5 Komunitas Buku Ini!

Menanamkan Kiat Gemar Baca Buku, Simak 5 Komunitas Buku Ini!
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Gemar membaca buku dapat memberikan banyak manfaat. Beberapa di antaranya memberi perspektif baru, membuat Kawan lebih pintar, meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi, serta meningkatkan daya ingat.

Meski tidak sedikit orang yang menganggap bahwa membaca buku adalah aktivitas yang tidak berguna, membosankan, tetapi sebenarnya gemar membaca buku mampu memberikan banyak manfaat untuk Kawan.

Tidak hanya berdampak baik bagi perkembangan diri, membaca buku juga dapat menyelematkan Kawan dari penyakit alzheimer. Menurut laman Seeken, penyakit alzheimer adalah penyakit dengan jenis dimensia. Penyakit ini berdampak pada masalah ingatan, berpikir, dan perilaku.

Anggapan bahwa membaca buku adalah kegiatan yang membosankan, malah membuat sebagian besar orang malas membaca buku. Lantas, bagaimana cara agar bisa gemar membaca buku?

Berikut lima komunitas buku yang bisa menemani Kawan agar semakin gemar membaca buku.

1. Gerakan One Week One Book (GOWB)

Gerakan One Week One Book adalah komunitas yang diinisiasi oleh Lintang. Gerakan ini bertujuan agar pembaca, bisa membaca minimal satu buku dalam satu minggu. Selain itu, GOWB juga ditujukan sebagai seruan literasi. Kegiatan ini terbagi dalam dua media. Media pertama adalah Instagram. Pada media itu, pembaca dapat membagikan ulasan terkait buku yang telah dibaca dalam setiap minggu. Kemudian, jika pembaca mampu memenuhi taget jumlah bacaan buku pada GOWB, maka mereka akan diberikan sertifikat. Sertifikat ini akan diberikan setiap bulannya. Media kedua adalah grup WhatsApp. Di grup WhatsApp, tidak jarang admin mengadakan kegiatan diskusi buku atau baca buku bersama.

2. Klub Buku Narasi

Klub Buku Narasi adalah sebuah komunitas baca yang juga menjadi bagian dari Narasi TV. Kegiatan klub ini adalah bedah dan bahas buku-buku. Tujuan didirikannya Klub Buku Narasi, yaitu memberikan informasi baru tentang buku yang informatif dan jarang diketahui.

3. Buibu Baca Buku Book Club (BBBBClub)

Dilansir dari Blogger Buku Indonesia, BBBClub adalah komunitas yang paling unik daripada komunitas baca buku di Indonesia lainnya. Pasalnya, komunitas BBBClub dikhususkan untuk pembaca perempuan, terutama para ibu. Kenapa demikian? Hal ini bertujuan agar para perempuan dapat meluangkan waktunya dengan bergabung di komunitas BBBClub dengan membaca buku. Pasalnya, seorang ibu cenderung tidak memiliki banyak waktu luang untuk membaca buku. Dengan adanya komunitas BBBClub, menunjukkan bahwa siapa pun mesti didukung membaca meski sudah jarang memiliki waktu luang. Komunitas ini diinisasi oleh Mak Puty dan Mak Restu. Wah, seru ya Kawan?

4. Komunitas Pencandu Buku (KPB)

Komunitas Pencandu Buku adalah komunitas garapan Fiersa Besari dan Aulia Angesti. Komunitas ini dibentuk pada 18 Juli 2015.

Latar belakang dari terbentuknya KPB, adalah adanya keresahan terhadap budaya membaca yang semakin memprihatinkan di era digital. Terbentuknya KPB bertujuan, agar masyarakat Indonesia bisa semakin gemar membaca untuk mencerdaskan sesamanya.

Tidak sekedar di dunia digital, komunitas KPB juga aktif secara offline dan mampu melibatkan 500 anggota. Agar bisa bergabung dengan komunitas ini, calon anggota mesti menyerahkan tulisan berupa ulasan buku.

Nantinya, ulasan itu akan diunggah ke akun Instagram KPB. Dilansir dari Fimela, kegiatan KPD, yaitu lomba menulis, diskusi, talkshow dengan mengusung berbagai tema, hingga membuka kesempatan untuk baca gratis di berbagai kota di Indonesia.

5. Bookstagram Indonesia

Bookstargam Indonesia memiliki format yang hampir sama dengan Komunitas Pembaca Buku Indonesia. Kesamaan yang dimiliki oleh komunitas ini berkaitan dengan konsep baca bersama tiap anggotanya. Kendati demikian, unggahan milik komunitas Bookstagram Indonesia tampak lebih rapi daripada komunitas lainnya. Hal ini disebabkan, karena penggunaan template Bookstagram Indonesia memiliki alur dan konsep yang sama. Nah, itulah lima komunitas baca di Indonesia. Kawan GNFI bisa memilih komunitas mana yang sesuai dengan kebutuhan dan bisa Kawan ikuti. Harapannya, Kawan bisa menemukan komunitas baca yang mendukung niat baca. Selamat membaca buku, Kawan!*

Referensi: Fimela | Liputan6 | Blogger Buku Indonesia

Baca Juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini