Rekomendasi Pantai Terindah di Pulau Jawa

Rekomendasi Pantai Terindah di Pulau Jawa
info gambar utama

Ketika memikirkan pantai di Indonesia, beberapa orang mungkin akan langsung terbayang Bali dan kawasan Timur Indonesia. Padahal, Pulau Jawa juga punya banyak pantai dengan pemandangan indah lho. Tak ada salahnya juga memberikan kesempatan untuk menjelajahi pantai-pantai di Jawa agar bisa merasakan pengalamannya secara langsung.

Berikut beberapa rekomendasi pantai-pantai di Jawa yang wajib dikunjungi:

Jawa Barat

Salah satu kawasan pantai di Jawa Barat yang bisa Anda datangi ialah Pangandaran. Di sana, ada beberapa pantai yang menarik untuk disambangi, misalnya Pantai Batu Karas yang cenderung memiliki ombak tenang dan cocok untuk yang ingin berenang, menyelam, atau melintasi lautan dengan perahu wisata.

Masih di Pangandaran, ada juga Pantai Batu Hiu di Desa Ciliang. Di sana, pengunjung bisa menemukan sebuah batu yang bentuknya menyerupai sirip ikan hiu. Selepas puas bermain air atau sekadar bersantai menikmati matahari terbenam, jangan lupa coba kuliner serba hidangan laut yang ada di sekitar pantai.

Selain Pangandaran, kawasan pantai lain berada di Sukabumi. Salah satu pantai yang terkenal di sana ailah Ujung Genteng yang memiliki pasir putih. Anda juga bisa menyusuri area pantai untuk melihat langsung puing-puing dermaga sisa peninggalan zaman Belanda atau naik mercusuar untuk melihat pemandangan dari ketinggian.

Bila ingin mencoba berselancar, cobalah datang ke Pantai Cimaja di Sukabumi. Pantai yang tak jauh dari Pelabuhan Ratu ini termasuk yang memiliki ombak tinggi tetapi tetap aman untuk para pemula.

Banten

Pantai Tanjung Lesung di Banten telah menjadi bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sejak tahun 2015. Pantai yang berada di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, ini memiliki pemandangan berupa hamparan pasir putih, air laut jernih, deretan pepohonan yang menyejukkan, suasana tenang, dan cocok untuk yang ingin sekadar bersantai di tepi laut.

Jika menginginkan pantai yang lebih banyak aktivitas, Anda bisa menuju ke Pulau Peucang. Lokasinya masih di Banten dan di sana Anda bisa berenang, menyelam, memancing, atau mengamati satwa seperti rusa. Jawa Tengah

Bila mencari informasi tentang pantai dengan pemandangan indah di Jawa Tengah, kemungkinan besar Anda akan menemukan nama Karimun Jawa. Sebenarnya Karimun Jawa sendiri adalah nama pulau yang memiliki banyak pantai. Lokasinya berada di Jepara. Beberapa lokasi yang bisa Anda kunjungi di sana antara lain Pantai Nirwana, Pantai Barakuda, dan Pantai Ujung Gelam.

Namun, di kawasan lain juga masih ada pantai yang tak kalah indah. Misalnya Pantai Maron di Semarang, Pantai Ombak Mati di Jepara, Pantai Karang Jahe di Rembang, atau Pantai Nampu di Wonogiri.

Jawa Timur

Tak kalah dari daerah lain, pantai di Jawa Timur juga sungguh memesona. Salah satunya adalah Pantai Plengkung Banyuwangi yang terkenal dengan sebutan G-Land. Pantai ini termasuk populer di kalangan peselancar dunia karena memang memiliki ombak menantang.

Namun, bila ingin sekadar bersantai menikmati pemandangan, Anda bisa mengeksplor pantai lain di Jawa Timur seperti Pantai Kuniran, Teluk Bidadari, Pantai Jonggring Saloko, Pantai Bantol, Pantai Watu Pecah, Pantai Rowo Indah, Pantai Noko Bawean Gili Gresik, dan Pantai Tiga Warna.

DI Yogyakarta

Selain memiliki pesona budaya yang menarik, Yogyakarta juga punya beberapa pantai indah. Di kawasan Gunung Kidul, Anda bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus, seperti Pantai Jogan, Pantai Indrayanti, Pantai Nglambor, Pantai Siung, Pantai Timang, Pantai Sepanjang, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Krakal. Di kawasan lain, masih ada beberapa pantai seperti Pantai Ngrenehan, Pantai Goa Cemara Bantul, Pantai Glagah Kulon Progo, dan Pantai Parangtritis.

Baca juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini