Pelajari 5 Tools Berikut Jika Ingin jadi Content Writer

Pelajari 5 Tools Berikut Jika Ingin jadi Content Writer
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Sebagai seorang content writer, tentunya Kawan harus memahami arti dari Content Writer itu sendiri. Dikutip dari CloudHouse, content writer adalah sebuah tanggung jawab yang harus diemban dengan tujuan untuk memproduksi berbagai konten menarik di media online.

Biasanya, Kawan akan mempublikasikan konten melalui sebuah website dan blog. Kendati demikian, tugas seorang content writer bukan hanya bertanggung jawab pada tulisan yang dikerjakan, tapi juga pada semua hal yang berkaitan dengan konten. Mulai dari website, tulisan, gambar, hingga video yang akan dipublikasi.

Atas tugas dan tanggung jawab tersebut, tentunya Kawan harus menguasai beberapa aplikasi dan website agar tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik. Lantas, apa saja tools yang hars dikuasai oleh seorang content writer?

Writing | Foto: Unsplash
info gambar

1. Ubersuggest

Menurut laman Glints, Ubersuggest adalah salah satu keyword tool yang dikembangkan oleh digital marketer ternama, yaitu Neil Patel. Ia mengembangkan tool ini untuk memudahkan para content writer guna mencari keyword di tulisannya.

Akan tetapi, berbagai fitur yang tersedia pada Ubersuggest tidak hanya sebatas itu. Terdapat berbagai fitur lainnya, yaitu:

  • Melihat statistik domain
  • Melihat kompetitor
  • Mendapatkan suggested keyword
  • Mendapatkan ide konten baru
  • Mendapatkan data backlink

Berbagai fitur tersebut dapat digunakan secara gratis melalui website Ubersuggest. Hal ini disebabkan, karena Ubersuggest banyak digunakan oleh content writer sebagai keyword tool andalan.

Simak 5 Cara Ini Agar Tidak Kecanduan Media Sosial

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

KBBI Daring adalah tools yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sama seperti KBBI pada umumnya, Kawan dapat mencari tahu kata baku dan maknanya.

Caranya mudah, Kawan hanya perlu mengetikkan kata yang ingin dicari pada kolom pencarian. Agar dapat menggunakan KBBI Daring, Kawan tidak perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.

Kawan dapat mengakses KBBI Daring secara gratis dan bebas. Kendati demikian, untuk mengakses beberapa fitur tertentu, seperti mengajukan usulan kata dan makna kata baru, Kawan harus registrasi akun terlebih dahulu. KBBI Daring dapat diakses melalui website, perangkat android, maupun iOS, y, Kawan!

3. Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

Tahukah Kawan betapa pentingnya PUEBI untuk menulis konten yang baik? Meski begitu, tidak semua orang bisa mengingat kaidah ejaan berdasarkan PUEBI.

PUEBI dalah penyempurnaan dari Ejaan yang Disempurnakan (EYD) yang sebelumnya menjadi panduan penggunaan bahasa Indonesia. Nah, PUEBI kali ini sudah hadir secara Daring dan dikembangkan berdasarkan Permendikbud 50/2015.

PUEBI dapat diakses melalui website maupun mobile. Tidak hanya itu, PUEBI Daring juga dapat diakses secara gratis tanpa memerlukan registrasi akun.

Seperti Apa Efek Menjadi 'People Pleaser' di Dunia Kerja?

4. Hemingway

Bila KBBI dan PUEBI membantu menulis kata baku dan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, Hemingway adalah tools bagi content writer yang ingin menulis efektif dalam Bahasa Inggris.

Biasanya, tools ini digunakan untuk menulis konten copy dengan paragraf yang singkat. Cara menggunakan tools ini cukup mudah, Kawan hanya perlu menyalin tulisan ke Hemingway. Kemudian, tools ini akan mendeteksi poin-poin yang perlu diperbaiki secara otomatis.

Umumnya, Hemingway Editor akan menandai kalimat yang perlu diperbaiki dengan warna-warna tertentu. Kawan hanya perlu memperbaiki tulisan sesuai dengan saran yang diberikan pada setiap tanda. Wah semakin mudah mengerjakan tugas sebagai content writer, ya, Kawan!

Manfaat Penting Meditasi, untuk Kurangi Stres hingga Lebih Bahagia

5. Grammarly

Hampir sama dengan Hemingway, Grammarly juga dapat digunakan untuk Kawan yang ingin menulis dalam bahasa Inggris sesuai dengan grammar.

Selain itu, Grammarly juga akan memberikan saran padanan kata yang efektif digunakan sesuai kebutuhan. Cara menggunakan Grammarly, yaitu Kawan perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu. Grammarly dapat diakses melalui aplikasi desktop, mobile, maupun plugin browser seperti Google Chrome.

Itulah beberapa tools yang bisa Kawan gunakan saat menjadi seorang content writer. Dengan menggunakan tools tersebut tentunya dapat membantu pekerjaan Kawan. Selamat mencoba, ya.*

Referensi: glints |Cloudhouse

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini