Konten YouTube Paling Sering Ditonton Netizen Indonesia, Film dan Musik Jadi Favorit

Konten YouTube Paling Sering Ditonton Netizen Indonesia, Film dan Musik Jadi Favorit
info gambar utama

Penggunaan internet di abad ke-21 ini kian lekat dengan segala sendi kehidupan manusia. Indonesia, sebagai salah satu negara dengan populasi terbanyak, turut menyumbang angka besar sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia.

Berbagai jenis aplikasi berbasis ponsel maupun komputer/PC kini terintegrasi dengan internet. Kanal YouTube nyatanya menjadi aplikasi video streaming yang paling banyak diakses di Indonesia.

Data Reportal Digital Indonesia 2021 memaparkan, pengguna aplikasi YouTube untuk rentang usia 15 hingga 64 tahun ada sebanyak 93,8 persen dari total pengguna internet di Indonesia orang. Angka tersebut setara dengan 190 juta orang dari total pengguna internet di Indonesia.

Sebagai aplikasi video streaming terlaris di Indonesia, konten video yang terunggah di YouTube kini berjumlah jutaan atau bahkan tak terhitung jumlahnya. Hal tersebut mengingat dalam satu menit, ada 500 jam konten video yang terunggah di YouTube sehingga angka tersebut akan terus bertambah jumlahnya seiring waktu.

Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) beberapa waktu lalu mempublikasikan Laporan Survei Internet APJII pada rentang 2019 hingga semester I 2020 (18 bulan). Berdasarkan laporan tersebut, sebanyak 61,0 persen responden survei mengaku sering mengakses YouTube, 34,9 persen responden menyatakan hanya sesekali mengakses YouTube dan sisanya sebanyak 4,1 persen responden mengatakan tidak pernah mengakses YouTube.

Speedtest Global Index: Telkomsel jadi Provider Internet Tercepat di Indonesia

Konten paling seriing ditonton netizen Indonesia

YouTube merupakan aplikasi yang menggunakan video sebagai basis kontennya. Dengan data lebih dari separuh responden yang memiliki intensitas tinggi dalam mengakses YouTube, berikut adalah berbagai macam konten video YouTube yang seringkali ditonton oleh pengguna internet Indonesia.

Konten youtube paling banyak ditonton netizen Indonesia | GoodStats
info gambar

Berdasarkan survei yang disebar oleh APJII, data yang terkupul mengenai konten YouTube yang paling sering ditonton oleh pengguna internet Indonesia ada 19 macam yang memiliki persentase jelas. Sisanya, sebanyak 5,3 persen pengguna YouTube di Indonesia menonton ragam konten yang belum terdeteksi.

Dari 19 konten, terdapat 10 konten yang paling sering ditonton netizen Indonesia. Film menjadi konten favorit dengan penonton terbanyak dengan persentase 16,2 persen. Meskipun pengunggahan film di YouTube seringkali tersandung hak cipta, terutama untuk kasus film-film layar lebar, namun dalam hal ini batasan-batasan mengenai film apa saja yang ditonton di YouTube tidak dilampirkan secara jelas.

Namun, tidak seluruh video film yang diunggah di YouTube akan dicekal karena kasus hak cipta. Ada banyak film dengan jenis shortmovie atau film pendek yang rumah produksinya memiliki channel YouTube sendiri dan menggunakan YouTube sebagai media publikasi.

Contohnya adalah short movie “Tilik” yang sempat menjadi salah satu short movie dengan penonton terbanyak yang diproduksi oleh Ravacana Films di Yogyakarta. Selain itu, contoh lainnya adalah short movie “Balik Jakarta” yang diproduksi oleh Studio Antelope yang berkantor di Jakarta Pusat.

Konten video YouTube yang berisi tentang musik menempati urutan ke-2 sebagai konten YouTube yang paling sering ditonton dengan persentase 13,6 persen. Dengan banyaknya jumlah penonton video musik di YouTube, hal tersebut akhirnya membuat YouTube untuk mencetuskan YouTube Music pada tahun 2015.

Seberapa Rendah Latensi Internet untuk Game Online di Indonesia?

Survei internet APJII

Laporan Survei Internet APJII dilakukan pada bulan Juni 2020 lalu dengan jumlah sampel sebanyak 7.000 sampel, yang tersebar dari Nagroe Aceh Darussalam hingga Papua. Peserta survei didominasi oleh generasi Z sebanyak 14,1 persen dan generasi Y sebanyak 13,1 persen. Peserta survei kali ini lebih banyak diikuti oleh perempuan dengan persentase sebanyak 51 persen dan laki-laki sebanyak 49 persen.

Penetrasi internet Indonesia tahun 2020 sebesar 73,7 persen atau mengalami peningkatan sebesar 8,9 persen dari tahun sebelumnya dalam Laporan Survei APJII 2018 64,8 persen. Penetrasi internet adalah persentase pengguna internet terhadap populasi di wilayah tertentu yang dalam hal ini merujuk pada pengguna internet di Indonesia terhadap seluruh populasi di Indonesia.

Angka penetrasi internet tahun 2020 adakah 73,7 persen yang setara dengan 196,71 juta jiwa pengguna internet di Indonesia dari 266,91 juta jiwa seluruh penduduk Indonesia. Angka tersebut tercatat per bulan Juni tahun 2020. Sementara itu, Data Reportal menemukan ada sebanyak 202,6 juta jiwa pengguna internet di Indonesia per Januari 2021.

Angka pengguna internet di Indonesia maupun dunia akan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta kebutuhan internet dan perangkatnya dalam berbagai hal di kehidupan.

YouTube menjadi salah satu aplikasi video streaming yang dapat digunakan sebagai media hiburan, edukasi, informasi dan berekspresi melalui konten video yang diunggah. Memilih konten dengan bijak serta mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku menjadi jalan aman untuk tetap bisa menikmati beragam konten di YouTube secara gratis maupun berbayar.

Selain Telkom dan PLN, Ada 2 Perusahaan BUMN yang Terjun ke Bisnis Internet

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

WL
IA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini