Tampil dengan Kekuatan Penuh, Ini Draw dan Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021

Tampil dengan Kekuatan Penuh, Ini Draw dan Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021
info gambar utama

Piala Sudirman 2021 akan digelar mulai 26 September hingga 3 Oktober 2021 di Vantaa, Finlandia. Seluruh kontingen Indonesia sudah bertolak ke Finlandia melalui penerbangan dari Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Kejuaraan bulu tangkis beregu campuran ini pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1989. Saat itu, Indonesia selaku tuan rumah, menancapkan namanya sebagai juara.

Hingga kini, Piala Sudirman menjadi kejuaraan bulu tangkis beregu paling bergengsi. Jika diibaratkan, level turnamen ini setara dengan Piala Dunia (World Cup) di sepak bola.

Draw Piala Sudirman 2021

Draw Sudirman Cup 2021 | GoodStats
info gambar

Piala Sudirman tahun ini diikuti oleh 16 negara yang menjadi bagian dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). China menjadi unggulan pertama, diikuti Jepang dan Indonesia sebagai unggulan kedua dan ketiga.

Penentuan unggulan turnamen dihitung berdasarkan jumlah poin tertinggi dari masing-masing sektor meliputi tunggal putri, tunggal putra, ganda putri, ganda putra dan ganda campuran.

Hasil drawing penyisihan grup menempatkan Indonesia di Grup C bersama Denmark, Kanada, serta Russian Olympic Committee atau Komite Olimpiade Rusia (ROC). Sementara itu, negeri jiran Malaysia, tergabung di grup D bersama Jepang, Inggris, dan Mesir.

Tiap tim akan menurunkan wakil terbaik pada 5 kategori. Dalam babak penyisihan grup, pertarungan tim dilaksanakan lengkap untuk 5 sektor. Sementara saat sudah memasuki babak knockout (fase gugur), duel akan dihentikan saat salah satu kubu sudah mendulang 3 poin kemenangan.

Laga Puncak Piala Sudirman dan 1 Abad Sang Jenderal

Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021

Skuad Indonesia di Sudirman Cup 2021 | GoodStats
info gambar

Indonesia akan tampil dengan kekuatan penuh dengan mengirimkan seluruh pemain terbaiknya. Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memilih 20 atlet terbaik untuk mengisi skuad tim Piala Sudirman 2021.

"Untuk tim Piala Sudirman ini memang dasarnya sudah dipilih dari pemain-pemain terbaik. Kami melihat kesiapan mereka baik di latihan maupun di simulasi lalu,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky.

Skuad Merah Putih terdiri 11 atlet putra dan 9 atlet putri. Tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putra masing-masing membawa tiga wakil, sementara ganda putri dan ganda campuran dua wakil.

Sejumlah pemain andalan yang sudah kerap menjadi tumpuan Indonesia dalam berbagai kejuaraan terlihat masuk dalam tim, seperti: tunggal putra Anthony Ginting dan Jonatan Christie, ganda putra Mercus Fernaldi Gideon-Kevin Sanjaya Sukamuljo, serta ganda putri peraih emas Olimpiade Tokyo lalu, Greysia Polii-Apriyani Rahayu.

Selain pemain senior, PBSI juga membawa sejumlah atlet muda dalam skuad Merah Putih, seperti: Putri Kusuma Wardani (tunggal putri), Ester Nurumi Tri Wardoyo (tunggal putri), juga Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran).

"Putri dan Rinov/Pitha sudah membuktikan diri dengan juara Spain Masters kemarin. Secara teknis dan kemampuan juga mereka bagus dan saya rasa mereka sudah siap untuk turun di ajang beregu," imbuh Rionny.

Mengacu rincian jadwal yang telah dirilis BWF, laga penyisihan grup dimulai Minggu (26/9/2021) sampai Kamis (30/9/2021). Sementara fase gugur babak perempat final akan digelar Jumat (1/10/2021), semifinal hari Sabtu (2/10/2021), dan laga puncak atau partai final pada hari Minggu (3/10/2021).

Dengan membawa komposisi pemain terbaik, Indonesia berambisi membawa pulang trofi Piala Sudirman pada tahun ini.

“Setelah 32 tahun, ini adalah waktu yang tepat untuk kita kembali bawa pulang ke tanah air! Indonesia Bisa, Indonesia Juara!” tulis akun twitter resmi PBSI, @INABadminton.

Merayakan Kembali Indonesia di Takhta Bulu Tangkis Dunia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini