Kagum! Ini Dia 8 Destinasi Wisata Indonesia yang Indah Nan Memesona

Kagum! Ini Dia 8 Destinasi Wisata Indonesia yang Indah Nan Memesona
info gambar utama

Indonesia adalah negara dengan kumpulan pulau-pulau yang menyimpan harta tak terhitung dalam keragaman budaya, lanskap, dan kota. Dengan hampir 13.500 pulau, Indonesia menawarkan petualangan untuk semua orang. Mulai dari menjelajahi kuil-kuil kuno, mendaki gunung berapi aktif, hingga menyelam di perairan yang sebagian besar belum tersentuh.

Kawan dapat menjelajahi jalanan Jakarta yang sibuk atau mundur selangkah ke masa lalu dengan mengunjungi desa-desa terpencil di Tana Toraja. Bisa juga menikmati kebahagiaan dalam indahnya Bali atau bertatap muka dengan Anak Krakatau yang bergejolak.

Apapun yang Kawan pilih, pengalaman itu pasti akan dipenuhi dengan kekaguman dan apresiasi terhadap negara yang kaya akan sejarah dan keindahan alam seperti ini. Maka dari itu, wisata-wisata Indonesia sangat diminati oleh turis asing. Berikut rangkuman daftar objek wisata terbaik di Indonesia.

1. Kompleks Borobudur

Candi Borobudur
info gambar

Candi kuno ini adalah salah satu landmark paling terkenal dan penting secara budaya di Indonesia. Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan dibangun dalam bentuk mandala Buddha tradisional. Ini adalah salah satu situs Warisan Dunia UNESCO teratas, dan dianggap sebagai salah satu situs Buddhis terbesar di dunia.

Kunjungi saat matahari terbit untuk memanjat candi dengan cahaya obor dan untuk pengalaman menonton yang menakjubkan saat kompleks bermandikan sinar matahari. Borobudur terletak di dekat Yogyakarta, sebuah kota tua di Jawa yang terkenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya.

2. Pulau Gili

Kepulauan Gili adalah daya tarik utama di Lombok, yang telah meningkat popularitasnya di kalangan backpacker dan turis selama bertahun-tahun. Pulau-pulau indah ini menawarkan pantai yang menyaingi keindahan Bali, serta kesempatan untuk menyelam dan bahkan snorkeling di penangkaran penyu. Jika Kawan mencari lebih banyak aksi penyu, Anda dapat mengunjungi penangkaran penyu di mana ratusan makhluk ini lahir setiap tahun.

Kayak juga populer di Gili dan jika Kawan mencari tempat untuk healing pikiran dan tubuh Kawan. Kawan akan menemukan beberapa pilihan untuk kelas yoga. Kepulauan Gili memberikan alternatif yang lebih santai.

Kota Kembang Bandung Resmikan Tiga Kampung Wisata Kreatif

3. Taman Nasional Komodo

Komodo
info gambar

Siapa yang tidak bermimpi melihat naga setidaknya sekali dalam hidup mereka? Komodo di Indonesia bukanlah makhluk mitos, mereka adalah hewan yang ganas dan mematikan.

Taman Nasional Komodo, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, meliputi lima pulau utama dan beberapa pulau kecil, serta wilayah laut di sekitarnya. Perairan dari pulau-pulau ini adalah beberapa yang terkaya dan paling beragam di dunia.

Komodo adalah bintang pertunjukan pada setiap kunjungan ke taman, tetapi pengunjung juga dapat mendaki, snorkeling, berkano, atau mengunjungi desa-desa kecil di pulau-pulau. Sorotan lainnya adalah Pantai Pink di Pulau Komodo. Hamparan pasir merah muda ini merupakan salah satu pantai terbaik di Indonesia.

Pengunjung harus datang dengan perahu ke pulau-pulau. Ada biaya masuk ditambah biaya tambahan untuk transportasi, layanan pemandu, dan kegiatan lainnya.

4. Gunung Bromo

Gunung bromo
info gambar

Indonesia terletak di Cincin Api, sebuah wilayah dengan beberapa gunung berapi paling aktif di dunia. Banyak gunung berapi di negara ini, seperti Gunung Merapi, terkenal dengan letusannya yang dahsyat dan keindahannya yang menakjubkan namun berbahaya.

Gunung Bromo adalah salah satu yang paling terkenal, sebagian besar berkat pemandangannya yang luar biasa, terutama ketika terlihat berdiri di atas kaldera saat matahari terbit. Puncak Bromo meledak dalam letusan, dan Anda masih bisa melihat asap putih keluar dari gunung.

Gunung berapi ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang juga termasuk Gunung Semeru, puncak tertinggi di tanah Jawa. Taman ini adalah rumah bagi orang Tengger, sebuah kelompok etnis terpencil yang menelusuri nenek moyang mereka kembali ke peradaban kerajaan Majapahit kuno.

Istimewanya Sumbu Filosofis dalam Tata Kota Yogyakarta

5. Tana Toraja

Tana Toraja
info gambar

Kunjungan ke Tana Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan tidak hanya akan terasa seperti Kawan melangkah jauh ke masa lalu, tetapi juga menawarkan pandangan tentang kekayaan dan keragaman budaya Indonesia yang sudah ada sejak lama.

Gaya arsitektur Tongkonan, rumah berbentuk perahu dan bangunan lainnya, langsung menonjol, tetapi orang-orangnyalah yang membuat surga alam ini begitu istimewa. Mereka adalah orang-orang paling ramah yang dapat Kawan temui saat bepergian.

Pendekatan Toraja terhadap kematian adalah salah satu penghormatan dan perayaan. Pemakaman adalah upacara rumit yang melibatkan banyak makanan dan tarian tradisional, dan orang mati dimakamkan di kuburan yang dibangun di gua-gua sekitarnya.

Wisatawan ke daerah tersebut dapat mengunjungi desa-desa dan terhubung dengan penduduk setempat. Bisa juga melakukan perjalanan di pedesaan yang terkenal subur dan murni.

6. Danau Toba

Danau Toba
info gambar

Keajaiban alam Indonesia lainnya, Danau Toba adalah perairan dan gunung berapi super. Danau yang terletak di kawah ini terbentuk antara 69.000 dan 77.000 tahun lalu dan diyakini sebagai hasil letusan bencana.

Danau ini memiliki luas 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter. Aktivitas vulkanik masih tercatat secara teratur di sini dan telah mendorong beberapa pulau ke atas permukaan air.

Danau Toba adalah studi tentang keindahan dan kekuatan kuat yang bekerja di planet ini. Di sini, Kawan bisa berenang, bermain ski air, berkano, atau memancing, atau tetap berjalan-jalan di sekitar area dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Huta Tinggi dan Tipang, Desa Wisata Suku Batak dengan Pemandangan Danau Toba

7. Raja Ampat

Raja Ampat
info gambar

Hamparan pulau-pulau berbentuk kerucut yang subur dengan latar perairan biru dan pirus adalah salah satu pemandangan paling spektakuler di Indonesia. Ratusan pulau dan ngarai membentuk surga tropis ini, tetapi keindahannya juga terbentang di bawah permukaan.

Ikan berwarna-warni dan beragam kehidupan laut tumbuh subur di perairan yang hangat dan jernih. Faktanya, terumbu karang di sini adalah salah satu yang paling beragam keanekaragaman hayatinya di planet ini, menjadikannya daerah yang populer untuk menyelam di Indonesia.

8. Pulau Banda

Pulau Banda
info gambar

Bali dan Lombok adalah tempat liburan yang dicoba dan benar karena suatu alasan, tetapi Kepulauan Banda yang kurang dikenal memiliki daya tariknya sendiri sebagai tempat liburan yang terpencil. Gugusan 10 pulau ini berada di tepi Laut Banda yang ke dalamannya mencapai lebih dari 6.500 meter.

Banda telah lama berada di radar mereka yang terlibat dalam perdagangan rempah-rempah, berkat sumber pala yang kaya. Disebut "rahasia terbaik di Indonesia Timur", Banda menyimpan sensasi yang tak terhitung bagi penyelam dan pelaut pada khususnya.

Situs menyelam yang masih asli menawarkan kesempatan untuk melihat hiu, penyu, paus, scorpionfish Ambon yang endemik, lobster, dan banyak makhluk lainnya. Kawan dapat memesan akomodasi dan tur sendiri, atau memilih perahu live-aboard, yang mencakup pemberhentian di banyak tempat menyelam yang bagus di sekitar pulau.*

Referensi: Planetware.com | Indonesian Traveler | Capture Indonesia | The Culture Trip

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

TW
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini