Deretan Pantai Terindah di Dunia Versi Condé Nast Traveller, Ada 1 dari Indonesia

Deretan Pantai Terindah di Dunia Versi Condé Nast Traveller, Ada 1 dari Indonesia
info gambar utama

Pantai termasuk salah satu objek wisata alam yang paling sering dikunjungi. Orang-orang merasa berlibur ke pantai dapat memberikan sensasi segar, tenang, dan lega. Ternyata dalam penelitian juga dikatakan bahwa menghabiskan waktu di dekat air dapat memberikan manfaat bagi tubuh dan pikiran untuk mencapai kebahagiaan, menurunkan stres dan kecemasan, serta meningkatkan rasa kesejahteraan.

Ahli biologi kelautan Wallace J. Nichols mengatakan bahwa setiap manusia punya ‘pikiran biru’ yang menggambarkan sebuah kondisi meditasi ringan dan ditandai dengan ketenangan, kedamaian, kebahagiaan, dan kepuasan dengan kehidupan saat ini. Menurut Wallace, kondisi tersebut dipicu ketika seseorang berada di air atau dekat air.

Menikmati momen liburan di pantai memang berkesan, di mana Anda bisa menghirup aroma asin di udara, mendengarkan suara deburan ombak, angin sepoi-sepoi, dan merasakan sensasi saat kaki menginjak pasir pantai yang bercampur air laut.

Ada begitu banyak pantai indah di seluruh belahan dunia ini. Sebagai inspirasi wisata pantai, Condé Nast Traveller baru saja merilis daftar pantai-pantai tercantik dari Asia, Eropa, Amerika, hingga ke Afrika. Salah satunya tentu ada dari Indonesia. Berikut daftarnya:

Banyuwangi Siap Jadi Tuan Rumah Ajang Selancar Bergengsi World Surf League

Deretan pantai terindah di dunia

Pulau Benguerra | @Keith 316 Shutterstock
info gambar

Pulau Benguerra yang berada di Kepulauan Bazaruto, Mozambik, Afrika menjadi salah satu pantai terindah di dunia versi Condé Nast Traveller. Pulau Benguerra memiliki daya tarik berupa gundukan pasir berkilauan dan menjadi tempat di mana wisatawan bisa bertemu flamingo. Pulau ini juga memiliki pasir pantai yang halus, terumbu karang, dan merupakan pantai yang berkelas namun bersahaja.

Kemudian ada Playa Paraiso di Cayo Largo del Sur, Kuba, yang memiliki pasir pantai halus bak tepung dan air laut sebening kristal, ditambah dengan keindahan terumbu karang serta spot menyelam terbaik di Karibia. Pantai yang hangat dan tenang ini ideal bagi wisatawan yang gemar mendayung dan berenang. Di sana juga wisatawan dapat melihat iguana dan penyu raksasa.

Condé Nast Traveller juga menyebutkan nama Uig Sands, Pulau Lewis, Skotlandia. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas dan pemandangan bukit pasir dan terkenal sebagai tempat penggalian satu set bidak catur dari era Viking abad ke-12.

Al Mughsail di Salalah, Oman juga menjadi salah satu pantai terindah di dunia. Pesona pantai ini adalah pasir putihnya, pohon kemenyan, dan sebuah lubang yang memuntahkan air laut setiap menit. Pantai ini juga membentang luas dan dibatasi oleh tebing batu kapur terjal, memiliki air laut yang berkilau, dan menjadi tempat terbaik untuk menikmati senja.

Selanjutnya ada Luskentyre, Outer Hebrides, Skotlandia. Pada hari yang cerah, warnanya sangat biru sehingga Anda mungkin merasa sulit untuk percaya bahwa Anda berada di pantai di Skotlandia sama sekali. Juga ada Dune du Pilat di Prancis yang diselimuti kabut panas yang konstan dan berkilauan.

Pulau Gam Tawarkan Keindahan Gua Batuan Karst dan Laguna Misterius di Raja Ampat

Pantai terindah dari Indonesia

Pantai Ora | Wikimedia Commons
info gambar

Condé Nast Traveller menyebutkan bahwa Indonesia, dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, memiliki banyak pantai indah dan salah satu yang terbaik adalah Ora. Berada di desa Saleman, Seram Utara, yang jarang penduduknya, pantai ini dikenal sebagai Maladewanya Indonesia. Di pantai ini, pelancong bisa menginap di resor terapung dengan pemandangan langsung ke laut dan tebing batu di belakangnya. Namun, wisatawan juga dapat berkemah di tepi pantai dan dekat dengan tebing.

Untuk pantainya sendiri memiliki pasir putih yang lembut dan lautnya dihiasi oleh ratusan ribu terumbu karang nan indah. Ikan-ikan dan biota laut lainnya dapat terlihat jelas dari permukaan, bahkan tanpa harus menyelam. Dengan suasana yang tenang dan jauh dari kota besar, Pantai Ora jadi tujuan terbaik untuk jadi tempat pelarian dari hiruk-pikuk perkotaan.

Keunikan yang dapat ditemukan di pantai ini adalah wilayahnya tidak memiliki daratan yang luas. Selain pantai dan laut, kawasan ini dikelilingi tebing atau bukit batu yang tergolong curam serta deretan pegunungan di Taman Nasional Manusela yang dikenal memiliki kekayaan keanekaragaman hayati. Tebing dan Teluk Sawai yang mengelilingi Pantai Ora terbentuk dari proses tektonik zaman purba, di mana kawah vulkanik yang terbentuk kemudian terendam oleh air laut dan menjadi teluk.

Untuk menuju Pantai Ora, wisatawan dapat naik kapal cepat dari pelabuhan Tulehu di Ambon, dilanjutkan perjalanan darat dari pelabuhan ke Desa Saleman kurang lebih 2,5 jam dan kembali melewati jalur laut dengan menggunakan kapal cepat sekitar 15 menit sampai ke area pantai.

Menjelajah Wisata di Kabupaten Majene, dari Pantai Hingga Makam Raja

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini