3 Aktivitas yang Bisa Dinikmati di Desa Wisata Batu Cermin, Labuan Bajo!

3 Aktivitas yang Bisa Dinikmati di Desa Wisata Batu Cermin, Labuan Bajo!
info gambar utama

Labuan Bajo memang terkenal memiliki keindahan dan kekayaan alam yang begitu luar biasa. Para wisatawan dimanjakan oleh panorama laut dan langit biru dibatasi bentang pegunungan, inilah daya tarik surga tersembunyi dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menjadi salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP), membuat Labuan Bajo yang juga terkenal sebagai habitat asli dari hewan endemik, komodo, selalu memiliki magnet bagi para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk terus berkunjung dan berlibur di destinasi wisata satu ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia pariwisata di Labuan Bajo, NTT, perlu untuk ditingkatkan seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kawasan DSP tersebut.

“Itu tugas utama yang harus diselesaikan Kemenparekraf dan juga melatih pelaku ekonomi kreatif agar Labuan Bajo memiliki daya saing. Promosi akan kita lakukan sehingga menempatkan Labuan Bajo sebagai destinasi unggulan. Kami cukup yakin dengan target 1,1 juta wisatawan per tahun yang diberikan oleh Presiden,” ujar Sandiaga.

Salah satu cara agar Labuan Bajo menjadi destinasi unggulan adalah mengembangkan desa-desa wisata, seperti Desa Wisata Batu Cermin yang mulai mencuri perhatian di kalangan wisatawan.

Pesona alam di Desa Wisata Batu Cermin ini bisa dinikmati para wisatawan dengan banyak cara, mulai dari berkunjung ke Goa Batu Cermin, menikmati secangkir kopi khas Labuan Bajo, hingga bersepeda santai di sore hari.

Mau tahu serunya berlibur di Desa Wisata Batu Cermin? Namun sebelum itu, jangan lupa saksikan NGANTRI atau Ngobrol Bareng Mas Menteri setiap akhir pekan secara LIVE di akun Instagram @pesona.indonesia. Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 temanmu untuk ikutan, ya! Raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Inilah 3 aktivitas seru yang bisa dilakukan saat #MenyapaDesa Wisata Batu Cermin, Labuan Bajo!

3 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Coba di Kepulauan Seribu!

1. Berkunjung ke Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin | Kementerian Pariwisata
info gambar

Di Desa Wisata Batu Cermin, kamu bisa merasakan sensasi berpetualang dengan berkunjung ke Goa Batu Cermin yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Destinasi wisata populer ini terletak di Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk menuju ke Goa Batu Cermin, kamu perlu menempuh perjalanan sejauh 4 km dari pusat kota Labuan Bajo dengan kendaraan bermotor yang bisa disewa dari penduduk lokal. Gua berusia ribuan tahun ini merupakan gua yang berada di dasar lautan, aktivitas pergerakan lempengan bumi membuat gua ini akhirnya bisa naik ke permukaan. Inilah keunikan pertama dari destinasi wisata alam satu ini.

Selain itu, fenomena cahaya matahari yang masuk melalui sela dinding dan saling memantul pada dinding gua, membuat cahaya-cahaya tersebut terlihat menyerupai cermin, sehingga nama Goa Batu Cermin pun disematkan ke gua ini.

Di gua ini juga terdapat fosil laut dan terumbu karang yang menempel di dinding gua, sehingga membuat Goa Batu Cermin semakin terlihat eksotis. Keunikan-keunikan itulah yang membuat Goa Batu Cermin menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di Desa Wisata Batu Cermin

Cara Baru Nikmati Malang, Wisata Sejarah ke 4 Destinasi Ini, Yuk!

2. Menikmati Florasta Blend ala Kopi Tuk

Kopi Tuk | Kementerian Pariwisata
info gambar

Setelah menyaksikan evolusi alam melalui Goa Batu Cermin, kamu bisa melanjutkan petualanganmu dengan melihat matahari tenggelam sambil minum kopi khas Manggarai yaitu kopi florasta blend. Keistimewaan kopi florasta blend adalah diracik dari campuran kopi arabika bajawa dan robusta Manggarai (kopi khas Manggarai yang menjadi unggulan dan memiliki kualitas ekspor), sehingga memiliki rasa yang lembut dan ringan, cocok dinikmati oleh semua orang.

Kamu bisa mencicipi nikmatnya kopi florasta blend ala Kopi Tuk yang dijual menggunakan sepeda motor. Kopi Tuk buka setiap hari mulai pukul 16.00 sampai 19.00 WITA.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang produk-produk kopi Kopi Tuk, silakan kunjungi akun Instagram @kopituklabuanbajo.

Yuk, Nikmati Danau Toba dengan Empat Aktivitas Asyik Ini

3. Menikmati Senja menggunakan Sepeda Listrik Noa Bike

Noabike | Kementerian Pariwisata
info gambar

Salah satu aktivitas olahraga kekinian untuk menikmati pesona alam di Desa Wisata Batu Cermin adalah dengan bersepeda. Apalagi bersepeda di waktu senja, bisa menjadi waktu yang tepat untuk menangkap momen berharga di kala matahari terbenam sambil melihat pemandangan gugusan pulau-pulau yang ada di Kota Labuan Bajo.

Ditambah bersepeda dengan menggunakan sepeda listrik dari Noa Bike, pastinya akan membawa kenangan tersendiri bagi wisatawan. Noa Bike hadir untuk membentuk ekosistem transportasi dan produk ramah lingkungan.

Kamu bisa menyewa sepeda listrik dengan cara yang mudah yaitu download aplikasi 'Noa Bike', registrasi dan verifikasi, kemudian melakukan pemesanan sesuai jadwal dan kendaraan yang diinginkan. Selain itu, Noa Bike juga menawarkan antar-jemput armada. Tidak hanya sepeda listrik, Noa Bike juga menyediakan sepeda motor listrik, sepeda gunung, dan paddle board. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi akun Instagram @noabike.

Bagaimana? Seru kan, berlibur di Desa Wisata Batu Cermin, Labuan Bajo? Pastikan sudah vaksin booster saat berlibur dan usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Informasi mengenai destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja juga bisa kamu dapatkan dengan cara mengikuti akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, dan mengunjungi laman www.indonesia.travel.

Lima Aktivitas Seru di Pulau Lihaga, Surga Tersembunyi di Likupang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini