3 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Coba di Kepulauan Seribu!

3 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Coba di Kepulauan Seribu!
info gambar utama

Sejak ditetapkan sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Prioritas, Kepulauan Seribu menjadi primadona baru bagi para wisatawan, khususnya wisatawan domestik yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Kepulauan Seribu menjadi tempat melepas penat yang tepat dari hiruk-pikuk kehidupan ibu kota. Jaraknya pun cukup dekat dari Jakarta.

Kepulauan Seribu memiliki keindahan alam dan biota laut yang masih terjaga, sehingga menjadi surga tersembunyi bagi para wisatawan. Untuk menikmati pemandangan alam dan biota laut di pulau ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain stand up paddle boarding sampai snorkeling.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menetapkan Kepulauan Seribu menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) khusus pariwisata dengan total investasi sebesar USD 3,2 miliar. Sandiaga berharap, pariwisata di Kepulauan Seribu dapat menciptakan 35.000 lapangan kerja dengan total penduduk 29.000. Maka daerah ini berpotensi untuk memperbaiki kesejahteraan umum bila pembangunan PSN dilakukan dengan baik.

“Setelah Kepulauan Seribu ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional, kita harus all out. Saya sudah memanggil semua jajaran untuk mempersiapkan langkah tahun 2023 Proyek Strategis Nasional ini diwujudkan seperti apa,” ujar Sandiaga.

Bila mau berwisata ke Kepulauan Seribu, kamu bisa membeli tiket baik secara online maupun offline. Kalau ingin membeli tiket secara online, silakan kunjungi laman pulauseribu.jakarta.go.id. Sementara untuk tiket offline bisa didapatkan melalui loket tiket pada pelabuhan-pelabuhan yang menyediakan perjalanan ke pulau ini.

Loket tiket offline sudah dibuka sejak pukul 06.00 WIB. Wahana wisata yang berada di kawasan Kepulauan Seribu dimulai sejak pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Namun, pulau-pulau yang menyediakan penginapan atau resor, memiliki jam operasional yang lebih panjang.

Penasaran dengan kegiatan-kegiatan asyik yang bisa kamu coba di Kepulauan Seribu? Namun sebelum itu, jangan lupa saksikan NGANTRI atau Ngobrol Bareng Mas Menteri secara LIVE bersama bintang tamu spesial di akun Instagram @pesona.indonesia setiap akhir pekan. Kawan GNFI juga bisa mengikuti kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, lalu jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 temanmu untuk ikutan, ya! Raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Inilah rekomendasi aktivitas asyik yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kepulauan Seribu!

Cara Baru Nikmati Malang, Wisata Sejarah ke 4 Destinasi Ini, Yuk!

1. Bermain Stand Up Paddle Boarding di Pulau Tidung

(Kemenparekraf)
info gambar

Kamu penggemar olahraga air? Bermain stand up paddle boarding bisa menjadi solusi tepat untukmu. Berolahraga sambil menikmati keindahan alam sedang menjadi tren dan Pulau Tidung bisa menjadi pilihan tepat.

Pulau Tidung adalah salah satu dari ratusan pulau yang mengisi lautan dangkal di sebelah utara Jakarta. Jarak yang cukup dekat dari ibu kota, membuat Pulau Tidung lebih dikenal dibanding pulau-pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu.

Popularitas yang dimiliki Pulau Tidung bukanlah tanpa alasan, karena pulau ini menyuguhkan pemandangan alam nan memesona, pantai yang landai, air yang jernih, serta terumbu karang yang cantik. Memiliki beragam pesona, membuat pulau ini tepat dinikmati sambil bermain stand up paddle boarding.

Stand up paddle boarding merupakan olahraga air yang mengharuskan setiap pemain untuk berdiri tegak di atas papan. Dibutuhkan stabilitas dan kekuatan kaki yang baik dalam melakukan aktivitas menantang ini, karena kamu harus menjaga keseimbangan selama berdiri di atas papan.

Biar semakin seru saat bermain, kamu bisa memilih aneka warna dan bentuk stand up paddle boarding yang ingin digunakan. Waktu terbaik untuk menikmati kegiatan ini dimulai dari pukul 07.00 sampai 10.00 WIB. Sementara untuk sore hari bisa dilakukan pada pukul 15.00 sampai 18.00 WIB. Di waktu sore, olahraga ini bisa dilakukan sambil menikmati keindahan matahari terbenam.

Yuk, Nikmati Danau Toba dengan Empat Aktivitas Asyik Ini

2. Kemah Ceria di Pulau Papatheo

(Kemenparekraf)
info gambar

Berkemah dengan pemandangan perbukitan mungkin sudah biasa, namun berkemah di pulau yang tidak berpenghuni seperti Pulau Papatheo mungkin bisa memberikan pengalaman berbeda. Di Pulau Papatheo kamu bisa berkemah di atas pasir putih dengan pemandangan laut luas nan memesona.

Bila ingin berkemah di Pulau Papatheo, kamu bisa menyewa tenda yang sudah disediakan. Namun untuk mendirikan tenda dan menyiapkan kebutuhan makanan serta minuman selama kemah, harus dilakukan sendiri. Kamu bisa memasak makanan dengan alat-alat masak yang sudah dipersiapkan sebelum kemah. Di malam hari, kamu bisa menikmati api unggun sambil bercengkrama bersama kerabat atau pengunjung lainnya.

Perjalanan menuju pulau tak berpenghuni ini membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam dari Dermaga Marina, Ancol menggunakan kapal yang akan transit di Pulau Putri, lalu dilanjutkan menggunakan perahu menuju Pulau Papatheo. Adapun alternatif jalur lain yaitu melalui Pelabuhan Muara Angke, menggunakan kapal menuju Pulau Harapan dalam waktu 3,5 jam dan dilanjutkan dengan perahu kecil menuju Pulau Papatheo.

Lima Aktivitas Seru di Pulau Lihaga, Surga Tersembunyi di Likupang

3. Snorkeling di Pulau Harapan

(Kemenparekraf)
info gambar

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang mungkin tak punya banyak waktu untuk berlibur, tapi ingin menikmati pemandangan bawah laut indah, Pulau Harapan yang terletak di Kepulauan Seribu bisa menjadi alternatif destinasi untuk snorkeling atau bahkan menyelam (scuba diving).

Melakukan snorkeling di Pulau Harapan sama saja seperti berada dalam sebuah aquarium raksasa. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan bawah laut eksotis yang terdiri dari terumbu karang nan indah, ikan–ikan kecil, dan biota laut lain yang masih terjaga kemurniannya. Bila beruntung, kamu juga bisa bertemu dengan penyu, lho.

Keindahan alam yang dimiliki Pulau Harapan inilah yang menjadikan pulau ini sebagai objek wisata andalan bawah laut di Kepulauan Seribu. Pulau yang menjadi salah satu daerah permukiman di Wilayah Taman Nasional Kepulauan Seribu ini merupakan zona taman nasional, sehingga keindahan laut di kawasan ini selalu terjaga kemurniannya.

Perjalanan ke Pulau Harapan bisa dilakukan dari dermaga Ancol dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Selain menikmati keindahan di bawah laut, Pulau Harapan yang merupakan pulau padat penduduk ini juga menawarkan beragam kuliner lezat seperti menu olahan seafood yang segar.

Bagaimana? Seru kan, berlibur ke Kepulauan Seribu? Pastikan kamu sudah vaksin booster dan usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Informasi seputar destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja juga bisa kawan GNFI dapatkan dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, dan mengunjungi laman www.indonesia.travel.

Rayakan World Tourism Day dengan Menikmati Street Food di Lombok

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini