Apa Saja Tantangan yang Harus Dihadapi Fresh Graduate Dalam Dunia Kerja?

Apa Saja Tantangan yang Harus Dihadapi Fresh Graduate Dalam Dunia Kerja?
info gambar utama

Persaingan dalam dunia kerja tentu jadi tantangan tersendiri bagi mereka yang baru saja lulus kuliah. Di samping ada perasaan bangga karena sudah mampu menyelesaikan pendidikan hingga level tertinggi, perjuangan dalam mencari kerja juga turut hadir di depan mata para fresh graduate yang siap menerima pengalaman baru di dunia profesional.

Untuk Goodmates yang sekarang jadi newbie dalam dunia kerja dan ingin meniti karir, ada beberapa pemahaman seputar tantangan apa saja yang akan kalian dapatkan sebagai pendatang baru di dunia kerja. Must be a strong workers, nih!

Minim Pengalaman, Jauhkan Ekspektasi Berlebih

Ilustrasi minim pengalaman, jauhkan ekspektasi berlebihan

Ilustrasi minim pengalaman, jauhkan ekspektasi berlebihan | Pexels.com/Ketut Subiyanto

Minimnya pengalaman kerja yang dimiliki fresh graduate menjadi salah satu tantangan pertama yang akan dihadapi. Biasanya, perusahaan lebih tertarik memilih para calon pelamar yang dirasa memiliki cukup pengalaman.

Untuk mengatasinya, ada baiknya kamu bisa mulai mengikuti kegiatan magang atau aktif dalam berbagai kegiatan organisasi selama kuliah. Dengan begitu, pengalaman tersebut bisa jadi salah satu hal yang jadi pertimbangan perusahaan memilihmu sebagai pekerja.

Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, jangan pernah sekalipun menginginkan sebuah pekerjaan dengan posisi yang tinggi dan gaji yang besar. Memiliki mimpi boleh, tapi kamu juga harus menyadari sejauh mana kapasitas yang kamu miliki saat ini.

Gelar bergengsi dan almamater dari universitas ternama sekalipun belum tentu menjamin kamu untuk bisa langsung mendapat posisi yang diinginkan. Karena, perlu proses yang panjang untuk melalui itu semua. So, jauhkan diri kamu dari ekpektasi berlebihan ya, Kawan.

3 Kampus Top Australia Akan Dibangun di Indonesia, Buka Pendaftaran 2024

Persaingan Tinggi, Perkecil Kesempatan Kerja

Ilustrasi persaingan tinggi, perkecil kesempatan kerja

Ilustrasi persaingan tinggi, perkecil kesempatan kerja | Pexels.com/Yan Krukov

Para fresh graduate juga harus bersiap menghadapi tingginya persaingan dalam mencari pekerjaan yang membuat kesempatan kerja menjadi semakin kecil. Apalagi, banyak yang mendapat pekerjaan dengan memanfaatkan “orang dalam”. Sebaiknya jauhkan dirimu dari persaingan kotor seperti menggampangkan setiap proses perekrutan kerja. Karena setiap hal yang dilakukan dengan kecurangan tidak akan pernah menghasilkan kebaikan.

Lepaskan Idealisme, Adaptasi Dengan Beragam Karakter

Ilustrasi lepaskan idealisme, adaptasi dengan beragam karakter
info gambar

Sangat wajar jika sebagai fresh graduate kamu akan memiliki idealisme yang tinggi. Namun, untuk terjun ke dunia profesional, sebaiknya kamu harus lebih beradaptasi dengan sedikit menurunkan standarisasi terhadap idealisme yang kamu punya.

Cobalah segala kesempatan baru yang datang di depan mata, karena tidak selalu yang Kawan GNFI impikan adalah sesuatu hal yang memang kamu butuhkan. Dunia kerja juga akan menuntutmu berinteraksi dengan beragam karakter. Ini tentu jadi tantangan menarik sejauh mana kamu mampu memahami setiap karakter tersebut, dan bagaimana menemukan solusi saat terjadi gesekan atau konflik antar rekan kerja.

Siapkan Diri Dengan Kejutan Tak Terduga

Ilustrasi siapkan diri dengan kejutan tak terduga

Ilustrasi siapkan diri dengan kejutan tak terduga | Pexels.com/Ketut Subiyanto

Buat kamu yang baru memulai karier, bersiaplah untuk menerima banyak kejutan di dunia kerja, salah satunya beban pekerjaan dengan deadline yang tak kenal waktu. Meski pada awalnya kamu akan kaget, tetapi jika setiap pekerjaan dilalui dengan enjoy, semua akan terasa menyenangkan.

Jadi, teruslah berfikir positif dan pastikan moodbooster-mu selalu siaga di setiap kesempatan ya, Kawan GNFI.

Alap-Alap Kawah, si Burung Pengembara yang Mampu Melesat 390 Km/jam

Konsistensi, Jamin Kelayakan Posisi

Ilustrasi konsistensi, jamin kelayakan posisi

Ilustrasi konsistensi, jamin kelayakan posisi | Pexels.com/Mikhail Nilov

Di dunia kerja, kamu akan dituntut untuk selalu konsisten dalam setiap pekerjaan. Tunjukkan pada atasan jika Kawan GNFI adalah karyawan yang layak diperhitungkan kinerjanya. Meski apa yang dijalani tidak semudah teorinya, tapi prinsip “bisa karena terbiasa” lama-kelamaan akan kamu alami.

Selalu tampil prima dengan hasil pekerjaan optimal, jadi sebuah tolak ukur perusahaan untuk menilai layak tidaknya seorang pekerja dipertahankan dan mendapatkan promosi.

Meski banyak kerumitan harus dihadapi para fresh graduate yang baru mulai melangkah dalam mencari kerja, jadikan semua hal sebagai pengalaman berharga yang tak ternilai dalam perjalanan karier kamu ya, Kawan GNFI.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

W
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini