Desa Sokaraja di Banjarnegara dengan Segala Ceritanya

Desa Sokaraja di Banjarnegara dengan Segala Ceritanya
info gambar utama

Selama ini kita tinggal di daerah dari mana kita berasal. Menurut Prof. Otto Soemarwo dalam buku Ekologi Lingkungan Hidup, pengertian lingkungan secara umum adalah jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang memengaruhi kehidupan kita.

Secara teoritis ruang itu tidak terbatas jumlahnya, oleh karenanya misalnya matahari dan bintang termasuk di dalamnya. Jadi, kita tinggal dan melakukan banyak aktivitas dan kegiatan setiap harinya di suatu lingkungan, tempat di mana kita pulang dan datang. Sebagai penikmat lingkungan, tentunya kita harus melestarikan serta menjaga lingkungan di sekitar kita.

Apakah Kawan GNFI tahu tempat yang bernama Banjarnegara? Daerah ini berasal dari Jawa Tengah. Banjarnegara memiliki makanan dan minuman khas serta tempat wisata yang cukup terkenal dan menarik wisatawan asing untuk datang ke daerah ini. Di Banjarnegara terdapat desa yang bernama Sokaraja, desa yang asri dan nyaman untuk ditinggali, karena berada di dataran rendah mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani salak.

Buah salak yang dihasilkan manis dan enak. Ketika musim hujan duduk sambil minum kopi dan teh ditemani keluarga adalah hal yang dinantikan di desa. Di Sokaraja, mayoritas penduduknya beragama Islam dan memiliki beberapa adat atau budaya yang diturunkan turun temurun dari sesepuh dan masih dilaksanakan hingga sekarang. Penduduk desa sangat ramah dan baik, Ketika ada tetangga yang kesulitan mereka akan saling membantu.

Bumi Intan Pari sebagai Cerminan dari Indonesiaku

Saya ingin menceritakan kejadian yang pernah terjadi di desa ini, di mana hal ini merupakan kejadian unik. Jadi, di sore hari ada warga yang tidak pulang ke rumahnya seperti jam pada biasanya, lalu keluarganya mencari-cari keberadaannya. Berita ini terdengar ke tetangga-tetangga dan tersebar info bahwa warga tersebut telah hilang. Ketua RT dan warga serempak mencari orang tersebut sampai mengundang tim SAR untuk bergabung bersama.

Setelah satu hari berlalu, masih belum ditemukan tanda-tanda ditemukannya, warga bersama tim SAR bekerja sama untuk terus melanjutkan pencarian mereka hingga beberapa hari.

Kemudian, orang yang dicari pulang kerumahnya, yang mana seluruh warga sedang mencarinya, lalu semua orang terkejut dan menanyakan ke mana saja dia menghilang. Ternyata kejadian yang sebenarnya adalah bahwa warga tersebut merupakan seorang buruh, dan sedang menginap di rumah bos nya yang berbeda desa, warga tersebut pergi tanpa berpamitan kepada keluargnya dan menimbulkan kesalahpahaman besar yang mengakibatkan seluruh warga khawatir.

Seluruh warga senang akan kembalinya warga tersebut namun perbuatan yang dilakukannya salah sehingga menimbulkan kesalahpahaman dan warga tersebut lalu dinasihati. Lingkungan di desa sangat berbeda dengan kota, penduduk di desa memiliki jiwa korsa dan gotong royong yang masih tinggi, tidak seperti di kota yang kini mulai individualis dan mementingkan diri sendiri, warga desa mau meluangkan waktu dan tenaga untuk membantu satu sama lain.

Karakter seseorang juga disebabkan oleh lingkungannya, bagaimana anak itu akan berkembang dan berubah dipengaruhi oleh apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang baik mampu seseorang merasa tenang dan mampu melakukan apa yang dia inginkan, karena seolah-olah lingkungan berpihak kepadanya. Maka dari itu lingkugan benar-benar penting untuk kesehatan mental seseorang.

Letusan Tambora vs Krakatau : Mana yang Lebih Dahsyat?

Baik kita akan masuk kepada lingkungan lebih dalam, jadi terdapat 2 jenis lingkungan berdasarkan proses terbentuknya, yaitu :

  1. Lingkungan alami : Merupakan lingkungan yang terbentuk akibat dari proses alam secara dinamis, artinya tidak ada kesengajaan manusia dalam pembentukannya.
  2. Lingkungan buatan : Merupakan lingkungan yang tujuan pembuatnnya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia yang jumlahnya tidak terbatas.

Sedangkan manfaat lingkungan adalah:

  1. Tempat makhluk hidup tinggal
  2. Tempat melangsungkan kehidupan
  3. Tempat mencari makan
  4. Tempat berinteraksi satu sama lain

Dan masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan berkat lingkungan untuk memenuhi kebutuhann sehari-hari. Berkat adanya lingkungan kita dapat melangsungkan kehidupan, melakukan banyak hal di dunia dan melakukan hal baru setiap harinya, karena lingkungan satu dan lingkungan lainnya sangat berbeda baik dari segi ekonomi, sosial dan budaya.

Indonesia adalah negara yang beraneka ragam dan kaya akan budaya, lingkungan yang ada mampu mendukung hal tersebut dan manusia bekerja sama dengan alam serta lingkungan untuk melakukan sesuatu. Ada lingkungan yang benar benar menyenangkan dan sebaliknya ada juga lingkungan-lingkungan yang membuat kita merasa tidak nyaman berada di situ.

Berkat adanya lingkungan ini memudahkan kehidupan untuk kita, maka dari itu keberadannya sangat penting dan perlu kita jaga seperti :

  • Menggunakan air dan kertas secukupnya
  • Memisahkan sampah
  • Menghemat bahan bakar
  • Menjaga kelestarian hutan
  • Melakukan reboisasi

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar kita untuk itu, ayo, bekerja sama menjaga lingkungan yang ada di sekitar.

Menjaga Gunung Guntur: Gunung Berapi Aktif yang Terlelap Ratusan Tahun

Halo, Kawan GNFI, gimana nih, apakah artikelnya sudah dibaca? Dan apakah bermanfaat untuk kalian? Setelah mengetahui pentingnya lingkungan dan kejadian-kejadian yang kalian alami di lingkungan ini, bukankah kita semua sadar akan pentingnya lingkungan tempat kita tinggal? Maka dari itu pentingnya untuk peduli terhadap lingkungan baik kapan pun dan di mana pun kita berada.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini