Dari Thailand, Tim Atletik Indonesia Menatap SEA Games 2023

Dari Thailand, Tim Atletik Indonesia Menatap SEA Games 2023
info gambar utama

Tim atletik Indonesia baru saja menuntaskan turnamen di Thailand. Dari hasil yang didapat, mereka menatap SEA Games 2023.

Turnamen yang diikuti Tim Atletik Indonesia adalah Thailand Open Track and Field Championship 2022. Turnamen tersebut digelar di National Athletics Centre, Pathum Thani, Thailand, pada 28 November hingga 1 Desember.

Hasilnya terbilang ciamik. Ada 11 medali emas, 7 perak, dan 3 perunggu yang sukses dibawa pulang para atlet Indonesia dari sana.

Indonesia mengirim masing-masing 15 atlet putra dan putri. Dengan kata lain, jumlah total medali yang didapat lebih dari setengah jumlah atlet. Adapun 30 atlet yang berlaga tampil dalam 22 nomor perlombaan yang terdiri atas 12 nomor perlombaan putri dan 10 nomor perlombaan putra.

Selain 21 medali yang didapat, ada pula rekor nasional yang berhasil ditorehkan atlet Indonesia. Rekor pertama dicatatkan oleh Mutiara Oktarani di nomor 800m Putri dengan waktu 2 menit 13,74 detik. Kemudian rekor kedua dicatatkan Diva Renata Jayadi di nomor lompat galah putri dengan lompatan 4,15 meter.

Estafet Kepemimpinan Perempuan Indonesia di Induk Sepak Bola ASEAN

Menatap SEA Games 2023

Pencapaian Tim Atletik Indonesia di Thailand Open Track and Field Championship 2022 dianggap sebagai modal awal menuju SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung. Ia pun mengutarakan rasa syukurnya atas prestasi yang berhasil diraih.

"Raihan prestasi yang diperoleh oleh Tim Atletik Indonesia di Thailand Open 2022 ini cukup memuaskan dan patut disyukuri," kata Tigor dalam keterangan tertulis yang dikutip oleh Antara.

Hanya saja, Tigor menegaskan bahwa hasil di Thailand Open Track and Field Championship 2022 bukanlah proyeksi atau perkiraan hasil SEA Games 2023. Sebab, kedua ajang diikuti oleh peserta yang jelas berbeda.

"Mengingat banyak negara pesaing di Asia Tenggara yang tidak turun pada event kali ini," ujar Tigor.

SEA Games 2023 akan dihelat di Phnom Penh, Kamboja, pada 5 hingga 17 Mei 2023.

Sebelum gelaran Indonesia Thailand Open Track and Field Championship 2022, Tim Atletik Indonesia sudah memulai persiapan menuju SEA Games 2023 dengan menggelar pelatnas.

Seperti dilansir Detik.com, PB PASI pada Oktober lalu memanggil 28 atlet untuk mengikuti pelatnas di Jakarta, Bandung, dan Pengalengan. Ada sistem promosi-degradasi yang diterapkan setiap tiga bulan sekali sehingga jumlah atlet peserta pelatnas bisa berubah.

Deretan Film Ini Angkat Kisah Perjuangan Atlet Indonesia yang Menginspirasi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini