Misteri Curug Cibingbin dan Keindahan Alamnya

Misteri Curug Cibingbin dan Keindahan Alamnya
info gambar utama

Apakah Kawan merupakan pencinta wisata alam? Kalau iya, Kawan GNFI sepertinya perlu mengetahui misteri Curug Cibingbin. Selain memiliki keindahan yang cukup asri, biasanya destinasi seperti ini memang memiliki legenda. Namun, hal itu masih belum diketahui fakta kebenarannya alias mitos.

Ada beberapa orang yang mungkin tidak mempercayai mitos atau misteri dari suatu tempat. Meskipun begitu, alangkah baiknya saat mendatangi tempat tersebut, Kawan tetap berperilaku baik agar tak terjadi hal buruk. Penasaran seperi apa mitos yang ada di Curug Cibingbin? Langsung saja simak selengkapnya berikut ini.

Memperoleh Kemakmuran Ketika Mandi di Curug Cibingbin

Mitos pertama ini memang sudah bukan rahasia lagi di kalangan masyarakat sekitar. Kebanyakan telah mempercayai hal tersebut. Menurutnya, kalau Kawan mandi pada lokasi wisata itu, maka Kawan akan memperoleh suatu kejayaan dan keberhasilan.

Bukan hanya itu saja, tempat ini juga dipercaya bisa membawa kelanggengan karena akan memberikan kemakmuran untuk suatu hubungan, entah itu dalam bermasyarakat ataupun berumah tangga. Jika Kawan mempercayai mitos ini, Kawan bisa saja langsung datang ke lokasi wisatanya, ya.

Pesona Curug Citambur, Air Terjun Indah yang Buat Rumah Ditawar Rp2,5 Miliar

Mitos tentang Keberadaan Buto Ijo

Selanjutnya, di kalangan masyarakat sekitar juga berkembang sebuah mitos, yaitu tentang keberadaan Buto Ijo di area curug. Mereka menjelaskan bahwa makhluk mitologi ini tinggal pada sebuah gua tepat di atas air terjun Cibingbin.

Namun, pengunjung tidak perlu khawatir atau ketakutan. Karena menurut warga yang sudah tinggal di sana, gua tersebut telah lama tertutup. Karena itu, para pengunjung bisa dengan santai menikmati keindahan curug bersama dengan keluarga.

Ragam Fasilitas dari Curug Cibingbin

Setelah mengetahui apa saja mitos yang ada pada destinasi wisata Curug Cibingbin ini, bagi Kawan yang tertarik untuk mendatanginya, akan lebih baik kalau Kawan memerhatikan terlebih dahulu fasilitas pada area tersebut. Curug Cibingbin telah dilengkapi beberpa fasilitas, antara lain:

1. Tempat Ibadah Musala

Fasilitas pertama yang ada adalah musala. Sebagai tempat ibadah, musala ini merupakan salah satu pelayanan paling penting dalam berbagai macam tempat. Sebagai negara indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, tentu mereka akan sangat membantu apabila disediakan tempat beribadah.

Para penanggung jawab wisata Curug Cibingbin telah menyediakan musala tersebut dengan kondisi bagus dan bersih. Meskipun tidak terlalu besar, tetapi yang penting tetap nyaman digunakan sebagai tempat beribadah.

Gili Air Nusa Tenggara Barat, Destinasi Wisata yang Tenang dan Memukau

2. Warung Makanan dan Gazebo

Selanjutnya, fasilitas lain yang disediakan adalah warung makanan. Tempat ini ini sangat membantu para wisatawan. Kalau Kawan tidak membawa banyak bekal dari rumah, Kawan bisa tetap kenyang dengan adanya warung makan di sini. Karena itu, Kawan tidak lagi takut kelaparan atau harus keluar area curug untuk membeli makan.

Uniknya lagi, sepanjang area curug Cibingbin telah terdapat beberapa gazebo. Alhasil, ini akan menjadi lokasi paling tepat untuk bisa beristirahat setelah sehabis bermain air. Apalagi jika dibarengi dengan menyantap makanan ataupun minuman.

3. Memiliki Kamar Ganti Beserta Toilet

Fasilitas toilet, akan sangat penting sekali untuk menjadi lokasi membersihkan diri ketika sehabis bermain air pada area Curug Cibingbin tersebut. Dengan demikian, para pengunjung pun bisa mandi dengan membayar biaya yang minim.

Kamar ganti juga rupanya tersedia pada area tersebut, pastinya cocok sekali digunakan untuk orang-orang yang membawa anak kecil. Alhasil punya tempat nyaman untuk bisa mengganti popok ataupun pakaian balita.

Keunikan Destinasi Wisata Curug Cibingbin

Curug Cibingbin
info gambar

Setelah memahami misteri Curug Cibingbin kemudian juga mengetahui apa saja fasilitas di dalam destinasi wisata tersebut. Maka penjelasan selanjutnya yaitu keunikan dari objek destinasi alam yang tentunya sangat menarik perhatian para pengunjung, yakni:

1. Memiliki Area Tracking yang Sangat Mudah

Perjalanan ataupun tracking untuk bisa menuju ke Curug Cibingbin ini biasanya akan dimulai setelah menyimpan kendaraan. Lalu nantinya akan berlanjut dengan menyusuri saluran irigasi area persawahan. Setelah itu berbelok kiri untuk melewati jembatan yang cukup sederhana.

Baru setelah itu para pengunjung akan menyusuri jalan setapak dan bisa beristirahat pada saung area pinggir sawah. Sama sekali tidak memiliki tanjakan ataupun turunan curam dan berbatu sama sekali. Dengan demikian cocok juga untuk para orang tua dan anak-anak.

2. Curug Memiliki Tampilan Sangat Menawan

Ketika sudah masuk ke gerbang dengan tulisan Curug Cibingbin, nantinya akan langsung merasakan suasana yang sangat damai dan sejuk sekali udaranya. Pemandangan pun sangat asri dengan hijaunya rumput dan pepohonan.

Meskipun telah diresmikan sejak 2 tahun lalu, Curug Cibingbin ini masih saja menarik perhatian para wisatawan karena memiliki air mengalir yang sangat jernih. Walaupun air terjunnya tak terlalu tinggi, ternyata selalu jadi rekomendasi liburan keluarga.

Gunung Andong di Magelang, Indah dan Berbalut Misteri

Demikian sekilas informasi tentang misteri Curug Cibingbin beserta penjelasan keindahan alamnya yang selalu menarik perhatian para wisatawan. Tentu saja dengan adanya informasi ini bisa menambah rasa penasaran Kawan dan mendatangi lokasi tersebut.

Referensi:Campa Tour

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini