Pesona Keindahan Alam Pantai Nampu Jawa Tengah, Surga Tersembunyi di Wonogiri

Pesona Keindahan Alam Pantai Nampu Jawa Tengah, Surga Tersembunyi di Wonogiri
info gambar utama

Pantai Nampu, pernahkah Anda mendengar destinasi wisata yang satu ini? Salah satu destinasi di Wonogiri ini dijuluki sebagai surga yang tersembunyi karena menyimpan keindahan yang begitu menakjubkan namun belum banyak diketahui oleh wisatawan dari luar daerah.

Suasana pantai Jawa Tengah yang bagus ini cukup sepi dengan bentang alam yang mempesona nan eksotis. Membuat destiansi yang berada Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini mulai menarik minat para wisatawan. Tertarik untuk mengunjunginya? Mari simak dulu ulasannya di sini!

Daya Tarik Pantai Nampu

rekomendasi wisata pantai di jawa tengah pantai nampu
info gambar

Bagai memiliki magnet yang kuat, walau tersembunyi Pantai Nampu mulai menarik minat wisatawan. Hal ini tentu tak terlepas dari daya tarik yang dimilikinya. Apa saja?

1. Mempunyai garis pantai yang panjang

pantai nampu
info gambar

Salah satu daya tarik dan keunikan Pantai Nampu adalah garis pantainya yang begitu panjang dan juga luas. Hal inilah yang membuat para wisatawan bisa bermain dengan leluasa. Bahkan, Anda bisa mengabadikan momen indah di pantai ini dengan melakukan swafoto dan menjadikan pemandangan di sekitarnya sebagai latar belakang.

Baca juga: Pantai Karang Jahe, Menikmati Keindahan Wisata Bahari

2. Dikelilingi perbukitan karst

PANTAI NAMPU
info gambar

Perlu Anda ketahui bahwa keberadaan perbukitan karst yang ada di pantai ini membaginya menjadi 3 wilayah. Di mana lokasi pantai yang utama biasanya menjadi salah satu spot paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Perbukitan ini juga yang semakin mempercantik pantai dan membuatnya bagai lukisan hidup dan membuat siapa pun selalu ingin kembali. Terlebih saat matahari terbenam.

Baca juga: Pantai Alam Indah Tegal, Tempat Menikmati Senja Terindah di Jawa Tengah

3. Pasir putihnya begitu bersih

pantai jawa tengah nampu
info gambar

Daya tarik lainnya yang dimiliki dari pantai ini apalagi jika bukan hamparan pasir putihnya yang begitu bersih dan juga lembut. Dengan begitu, akan sangat nyaman rasanya untuk melakukan berbagai macam aktivitas di pantai ini bersama keluarga.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Nampu

Selain bermain air dan menikmati pemandangan, terdapat sederet aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Berikut beberapa di antaranya:

  • Camping
  • Tracking
  • Berenang
  • Joging
  • Duduk santai di hamparan pasir
  • Berfoto dengan latar belakang keindahan pantai
  • Menyaksikan satwa laut di sela-sela lubang karang

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nampu

Sama halnya dengan destinasi wisata pada umumnya, Pantai Nampu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti mushola, gazebo, area camping, toko souvenir, homestay, kamar ganti dan toilet. Bahkan, Anda bisa berkemah di pantai ini dan menikmati keindahan matahari terbit maupun terbenam bersama teman-teman.

Jika Anda lapar, maka tidak perlu khawatir karena tersedia warung makan yang menyediakan aneka hidangan kuliner khas pantai tersebut. Mulai dari ikan bakar, cumi goreng asin, gurita, dan beragam hidangan seafood lainnya yang mampu menggugah selera makan.

Jam Operasional

Dengan daya tarik yang ditawarkan, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat liburan di pantai ini. Pasalnya, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp5.000 saja per orang dengan tambahan biaya parkir Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Harga ini berlaku setiap hari baik di hari biasa atau pun hari libur.

Untuk jam operasional sendiri, Pantai Nampu buka setiap hari selama 24 jam. Namun, menurut penduduk setempat, sore hari menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini karena air laut yang surut pada waktu tersebut dan pemandangan yang lebih indah.

Tips Berwisata di Pantai Nampu

  • Datanglah di Waktu yang Tepat

Untuk mendapatkan pengalaman liburan terbaik, pastikan untuk datang saat cuaca sedang cerah. Terlebih jika Anda ingin berkemah di pantai ini. Jangan sampai datang saat cuaca sedang buruk karena akan membuat momen liburan menjadi kurang mengesankan.

  • Pantangan Pakaian yang Dikenakan

Salah satu hal yang wajib Anda perhatikan saat ingin berlibur ke pantai ini yaitu pakaian yang dikenakan. Karena masih satu kawasan dengan Pantai Laut Selatan, lebih baik gunakan atasan selain warna hijau untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab, masyarakat setempat masih memegang teguh kepercayaan maupun hal-hal mistis di pantai ini.

  • Jangan Lupa Bawa Baju Ganti dan Sunblock

Hal yang tak boleh terlewatkan saat liburan di pantai adalah membawa baju ganti karena pastinya baju Anda rentan basah. Jangan lupa juga untuk membawa dan mengenakan sunblock agar kulit Anda terlindungi dari sengatan matahari.

  • Buat Api Unggun

Terakhir, Anda bisa menyalakan api unggun saat berkemah di pantai ini sehingga suasananya menjadi semakin hidup. Ditemani dengan bintang-bintang di langit dan juga gemuruh ombak yang tenang pastinya akan memberikan suasana sekitar menjadi semakin syahdu.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Nampu Wonogiri. Dengan semua pesona dan daya tarik yang dimiliki, destinasi wisata pantai di Jawa Tengah ini bisa menjadi pilihan liburan Anda selanjutnya.

Baca juga: Wisata Pantai Pecaron di Jawa Tengah: Fakta Unik dan Daya Tarik

Sumber :
https://www.pesisir.net/pantai-nampu-wonogiri
https://salsawisata.com/pantai-nampu/
https://www.travelz.xyz/pantai-nampu/
https://kelloggsnyc.com/pantai-nampu/
https://piknikwisata.com/jateng/wonogiri/pantai/nampu/
https://www.genjosholiday.com/pantai-nampu/
https://www.brobali.com/2016/09/pantai-nampu-pantai-terindah-di-wonogiri.html
https://www.idntimes.com/travel/destination/alicia-diahwahyuningtyas/pantai-nampu-wonogiri-c1c2-1#page-2
https://www.travelz.xyz/pantai-nampu/

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini