5 Rekomendasi Wisata Pulau Low Budget, Kawan Wajib Berkunjung!

5 Rekomendasi Wisata Pulau Low Budget, Kawan Wajib Berkunjung!
info gambar utama

Sebagian besar orang mungkin menghabiskan waktu liburannya ke taman, mall, bioskop, atau tempat wisata lainnya. Namun, apakah Kawan mulai merasa bosan dengan destinasi tersebut? Ingin mencari suasana baru, tetapi tetap harus memerhatikan pengeluaran? Rasanya, wisata pulau low budget ini bisa Kawan jadikan pilihan kunjungan saat berlibur!

Pastinya, pengeluaran liburan tak jarang kerap membuat dompet ketar-ketir. Terlebih, wisata pulau termasuk destinasi liburan yang bisa menghabiskan lebih banyak uang karena sebanding dengan banyaknya spot menarik nan instagramable.

Jadi, sebagian besar orang menghindari liburan ke pulau. Padahal, keunikan dari beberapa pulau tersebut bisa menjadi pengetahuan bagi Kawan. Nah, berikut ada beberapa pulau yang patut dikunjungi dan dikenal low budget. Apa saja, ya?

1. Kepulauan Seribu, Jakarta

Kepulauan Seribu | Sumber: Mldspot.com
info gambar

Salah satu wisata pulau populer di Jakarta, yakni Kepulauan Seribu. Wisata satu ini memang dikenal low budget oleh sebagian wisatawan. Kawan bisa memilih pulau dari Kepulauan Seribu yang memiliki spot menarik. Beberapa pulau tersebut, seperti Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Untung Jawa, dan pulau lainnya.

Baca juga: Menikmati Kisah Rama dan Sinta di Pura Luhur Uluwatu

Selain akses transportasi cukup mudah, Kawan juga bisa mendapat penginapan yang low budget sekaligus makanan enak, loh. Tentu saja, Kawan bisa berlari-lari di sekitar pantai pulau yang Kawan kunjungi. Pastikan Kawan memilih pulau yang tidak padat penduduk, ya. Hal ini bertujuan Kawan dapat menikmati liburan dengan tenang dan menyenangkan. Apakah Kawan yakin untuk berkunjung ke Kepulauan Seribu?

2. Pulau Alor, NTT

Pulau Alor NTT
info gambar

Siapa yang mengira bahwa surga tersembunyi dari NTT ini cukup low budget? Ketika Kawan mengunjunginya, Kawan bisa mendapat penginapan yang ramah kantong. Meskipun begitu, Kawan harus membayar mahal untuk akses transportasi. Ditambah, Kawan menggunakan kendaraan pribadi dari provinsi yang berbeda.

Akan tetapi, keletihan Kawan dapat terbayar lunas. Sebab, biota laut serta pantainya masih bersih. Tentu saja, Kawan bisa merasakan air laut yang masih bening. Jangan lupa untuk ajak kerabat, keluarga, atau pasangan Kawan ke sini, ya!

3. Gili Iyang, Jawa Timur

Pulau kecil Gili Iyang dikenal dengan pulau yang memiliki oksigen terbanyak ke-2 di dunia | Sumber: riauonline.co.id
info gambar

Kawan ingin merasakan oksigen terbesar ke-2 di dunia? Cobalah untuk kunjungi pulau Gili Iyang. Pulau kecil ini menjadi surga tersembunyi di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura. Kawan bisa melakukan beragam aktivitas pantai, seperti snorkeling dan bermain di sekitar pantai.

Tentunya, pulau ini jarang polusi udara sehingga baik untuk kesehatan pernapasan Kawan. Bahkan, warga di sekitar pulau ini memiliki harapan hidup yang panjang, loh.

Baca juga: Pulau Rubiah Aceh, Surga Bawah Laut dan Pusat Karantina Haji Pertama Era Kolonial

4. Pulau Pagang, Sumatera Barat

egetasi hijau dan air jernih menghiasi pulau Pagang, Sumatera Barat | Sumber: KSMtour.com
info gambar

Pulau Pagang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pulau ini juga dikenal low budget bagi sebagian besar wisatawan. Dilansir dari tripadvisor.co.id, tiket masuk pulau ini dikenakan sebesar Rp20 ribu. Untuk penginapannya, Kawan dapat menemukan homestay dimulai dari harga Rp300 ribu.

Hal itu belum termasuk biaya perahu sebesar Rp75.000. Ketika datang ke pulau Pagang, Kawan juga bisa mendapat paket wisata dengan harga Rp1,8 juta. Pulau Pagang dikenal dengan wisata air yang jernih dan memiliki biota laut yang indah.

5. Pulau Marutua, Kalimantan Timur

Pulau Marutua Kalimantan Timur
info gambar

Kawan dapat beralih ke pulau Kalimantan. Dari sekian banyak pulau di sana, ada satu pulau yang indah dan low budget, yakni Pulau Marutua. Pulau ini menyajikan beragam keindahan, seperti Teluk Harapan, danau, dan Gua Haji Mangku.

Nuansa air yang jernih dan tumbuhan yang dihembus oleh angin. Pastinya Kawan dapat merasakan ketenangan selama liburan di pulau Marutua. Untuk ke sana, Kawan harus menggunakan Maskapai Susi Air dengan dana sekitar Rp400-Rp500 ribu.

Dalam menikmati fasilitas speedboat-nya, Kawan harus merogoh dana sebesar Rp100-Rp200 ribu. Untuk penginapan, Kawan bisa memilih diantara 3 penginapan, yakni Prataba Resort, Borneo Cottage Marutua, dan Noah Marutua Resort.

Baca juga: Danau Tangkas Sekernan: Danau Dengan Hutan Liontin dan Pulau Tepus

Itulah beberapa wisata pulau indah dengan low budget. Mana pulau yang akan Kawan kunjungi duluan? Pastinya riset terlebih dahulu dan siapkan perangkat yang dibutuhkan selama liburan ke pulau, ya.

Referensi:beautynesia.id | tripadvisor.co.id|volkpop.co| pesisir.net | liputan6.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini