Manfaat Daun Kumis Kucing, Tanaman Obat bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kumis Kucing, Tanaman Obat bagi Kesehatan
info gambar utama

Tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus) adalah salah satu tanaman obat yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Kandungan yang baik serta keuntungan yang diperoleh oleh manusia ketika mengonsumsi daun kumis kucing menjadikan daun ini masih banyak dicari sampai sekarang.

Tidak hanya untuk kesehatan, sebuah penelitian dari Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia pada tahun 2022 mengungkapkan bahwa daun kumis kucing juga bisa dimanfaatkan sebagai pestisida nabati alami bagi lalat rumah.

Berikut ini adalah 7 manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan yang perlu Kawan ketahui:

1. Mengobati Asam Urat

Manfaat daun kumis kucing pertama adalah mengobati asam urat. Hal ini karena daun kumis kucing memiliki kandungan flavonoid dan fenolik yang tinggi. Kedua senyawa aktif tersebut memiliki sifat anti radang yang dapat menghambat pembentukan asam urat dan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine.

Selain itu, daun kumis kucing juga memiliki khasiat untuk meningkatkan fungsi ginjal yang menurun dan memperbaiki kerusakan ginjal yang disebabkan oleh asam urat yang tinggi.

Baca juga: Jintan Hitam, Tanaman Obat untuk Segala Jenis Penyakit Kecuali Kematian

2. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat daun kumis kucing
info gambar

Manfaat kedua adalah menurunkan tekanan darah. Daun kumis kucing memiliki kandungan sinensetin yang berguna sebagai antioksidan dan memiliki aktivitas diuretik yang kuat. Hal itu dapat membantu tubuh dalam mengurangi kadar natrium berlebih. Mengurangnya kadar natrium akan membantu mengurangi tekanan darah.

3. Mengatasi Masalah Menstruasi

Masalah yang sering terjadi kepada wanita ketika menstruasi adalah rasa nyeri yang tak tertahankan. Daun kumis kucing memiliki manfaat untuk menurunkan kadar prostaglandin dan bisa mengurangi rasa nyeri berlebih dan bahkan pendarahan ketika mengalami menstruasi.

4. Meredakan Batuk

Manfaat daun kumis kucing selanjutnya adalah bisa meredakan batuk. Hal ini bisa terjadi karena daun kumis kucing mengandung zat anti bakteri yang bisa membunuh bakteri di dalam tenggorokan.

Cara mengolahnya adalah dengan menyisipkan 15 sampai 20 gram daun kumis kucing, ditambah dengan 1 gelas air, lalu direbus. Air rebusan dari daun kumis kucing tersebut bisa diminum 3 kali dalam sehari.

Baca juga: Serai: Tanaman Obat dan Bumbu dari Negeri Tropis Asia Tenggara

5. Mengatasi Rematik

Selanjutnya, manfaat daun kumis kucing yang juga sangat dicari-cari adalah sebagai obat rematik alami. Penyakit rematik ini disebabkan karena kondisi autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel atau jaringan yang sehat.

Di dalam daun kumis kucing terdapat kandungan senyawa fenolik dan flavonoid yang tinggi. Kandungan itu dapat menurunkan respons imun berlebih pada penderita rheumatoid arthritis atau rematik.

6. Mengontrol Gula Darah

Manfaat daun kumis kucing selanjutnya adalah mengontrol gula darah. Daun kumis kucing merupakan obat alami gula darah. Studi pada jurnal Molecules menyebutkan bahwa daun kumis kucing dapat menunjang pembentukan hormon insulin dan membantu meningkatkan kerja hormon tersebut.

Untuk Kawan yang mengalami masalah gula darah, maka tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi daun kumis kucing untuk mengatasi gula darah yang ada di dalam tubuh.

7. Mengurangi Gatal karena Alergi

Terakhir, manfaat daun kumis kucing adalah mengurangi gatal karena alergi. Daun kumis kucing ketika dikonsumsi bisa menjadi obat alergi yang alami. Cara mengolahnya yaitu dengan merebus setengah genggam kumis kucing bersama dengan meniran dan sambiloto. Selanjutnya tambahkan dengan 4 gelas air dan 2 jari temulawak dan rebus sampai mendidih.

Demikian adalah 7 manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan yang perlu Kawan ketahui. Jika Kawan mengalami masalah kesehatan, tidak ada salahnya menggunakan obat-obatan alami yang terkadang memiliki efek samping yang lebih minim dari obat medis.

Baca juga: Gambir, Tanaman Obat Lokal yang Penuh Khasiat

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-4-manfaat-daun-kumis-kucing-bagi-kesehatan

https://www.alodokter.com/manfaat-kumis-kucing-yang-sayang-untuk-dilewatkan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini