5 Daya Tarik Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Wisata Alam yang Bertabur Arca

5 Daya Tarik Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Wisata Alam yang Bertabur Arca
info gambar utama

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Tak kalah unik dengan pantai lainnya di Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Ngobaran begitu menarik perhatian karena memiliki panorama cantik yang masih alami. Di area pantai ini juga terdapat Pura Hindu dan arca-arca di atas tebing yang menjadi salah satu spot terpopuler dari wisata ini.

Berikut 5 daya tarik Pantai Ngobaran dalam ulasan kali ini!

1. Asal-Usul Sejarah Penamaan Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Gunung Kidul
info gambar

Terdapat beberapa versi mengenai asal-usul dari Pantai Ngobaran. Salah satunya menyebutkan bahwa asal-usul pantai ini berawal dari konflik antara pemimpin Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak.

Dikisahkan pada suatu hari, Raden Patah yang merupakan pemimpin Kerajaan Demak mendesak Pemimpin Kerajaan Majapahit yaitu Raja Brawijaya V untuk memeluk agama Islam.

Tak ingin berperang dan memiliki konflik dengan anaknya sendiri, akhirnya Raja Brawijaya mengajak anaknya yang lain yaitu Raden Bondan untuk meninggalkan kerajaan.

Mereka melarikan diri dan melakukan perjalanan ke pedalaman hingga pesisir. Lalu sampailah mereka di sebuah pantai yang memiliki ombak besar khas laut selatan dan menemukan jalan buntu.

Pada akhirnya Raja Brawijaya memutuskan untuk melakukan upacara Moksa yaitu upacara pembakaran diri yang mana upacara ini menimbulkan kobaran api yang sangat besar. Hingga akhirnya diambilah nama Ngobaran yang diambil dari kata “kobaran”.

Baca juga: Pantai Jogan Gunung Kidul - Kerjasama Air Terjun dan Hamparan Laut Biru

2. Nuansa Khas Hindu dengan Pura dan Arca

Pantai Ngobaran Gunung Kidul
info gambar

Mayoritas penduduk sekitar pantai Ngobaran diketahui menganut kepercayaan Hindu, sehingga tak mengherankan jika di sekitar area pantai banyak terdapat bangunan bercorak Hindu seperti pura dan arca pemujaan.

Adapun Pura terbesar di pantai ini yaitu Pura Segara Wukir yang masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu masyarakat setempat sekaligus tempat pelaksanaan upacara keagamaan.

Sehingga demikian, Kawan akan merasakan nuansa Bali yang kuat di sini ditambah lagi dengan upacara keagamaan yang bisa Kawan saksikan jika datang pada momen tertentu.

Baca juga: Pantai Siung Gunung Kidul - Pantai yang Menawarkan Ratusan Area Panjat Tebing

3. Toleransi Antarumat Beragama yang Kuat

Di sekitar area pantai ini terdapat bangunan yang berkaitan dengan beberapa Agama yaitu Pura untuk agama Hindu, patung dewa agama Budha, hingga masjid yang merupakan tempat ibadah umat Islam. Hal ini pun membuktikan bahwa toleransi agama di sini begitu kuat dan harmonis.

4. Panorama yang Menakjubkan

Pantai Ngobaran Gunung Kidul
info gambar

Pantai Ngobaran juga terkenal dengan panorama yang menakjubkan dan eksotis. Ornamen khas Bali, ditambah dengan keindahan pantai yang dihiasi oleh pasir putih dan air laut yang bersih, semuanya berpadu menciptakan panorama yang sulit untuk Kawan lupakan.

Terlebih jika Kawan melewatkan momen matahari tenggelam atau sunset di Pantai Ngobaran. Pastinya momen tersebut terasa sangat spesial karena, momen sunset di Pantai ini terkenal begitu indah.

Baca juga: 9 Fakta dan Daya Tarik Pantai Timang Gunung Kidul: Wisata Jogja bagi Penyuka Tantangan

5. Berburu Biota Laut

Jika Kawan berencana libur ke Pantai Ngobaran, jangan lupa untuk berburu biota laut untuk dijadikan oleh-oleh. Kawan bisa membeli beberapa biota laut seperti rumput laut, landak laut, lobster, bintang laut, kerang, dan lainnya pada nelayan setempat.

Selain harganya murah Kawan juga sekaligus membantu perekonomian warga setempat yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngobaran

Selain memiliki ragam keunikan, tersedia juga fasilitas yang lengkap di Pantai Ngobaran seperti:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Aneka tempat makan
  • Toko souvenir dan oleh-oleh
  • Penginapan

Rute Lokasi dan Jam Operasional

Pantai Ngobaran berlokasi di Jl. Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Gebang, Kanigoro, Kabupaten Gunung Kidul, D.I.Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja Kawan harus menempuh jarak sekitar 65 Km yang membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih selama 2 jam.

Pantai Ngobaran buka setiap hari selama 24 jam. Namun jika Kawan ingin mendapatkan pengalaman liburan terbaik bisa datang pada pagi hingga sore hari.

Baca juga: 10 Wisata Pantai Eksotis Gunung Kidul yang Jarang Dijamah Banyak Orang

Sumber:

https://www.nativeindonesia.com/pantai-ngobaran/

https://kelloggsnyc.com/pantai-ngobaran/#Sejarah_Pantai_Ngobaran

https://travel.kompas.com/read/2019/03/18/142134827/4-keunikan-yang-bisa-ditemui-di-pantai-ngobaran-gunungkidul#page2

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini