5 Rekomendasi Film Inspiratif yang Bikin Kawan Semangat Meraih Impian

5 Rekomendasi Film Inspiratif yang Bikin Kawan Semangat Meraih Impian
info gambar utama

Kawan pasti punya impian atau cita-cita yang ingin tercapai, kan? Tentu perlu tekad dan motivasi agar impian tersebut bisa terwujud dan itu semua paling besar datang dari sendiri, lho. Ada banyak cara mendatangkan motivasi, salah satunya dengan menonton film inspiratif.

Selain kegiatan yang menyenangkan, menonton film secara tidak sadar akan membuat kita belajar. Apalagi kalau yang ditonton adalah film inspiratif tentang meraih impian, dijamin membuat diri sendiri tergerak ingin melakukan hal yang sama.

Rekomendasi film inspiratif di bawah ini mampu membuktikan usaha dan tekad kuat tidak akan mengkhianati hasil, bahkan mampu mengubah jalan hidup menjadi lebih baik.

Penasaran film inspiratif apa saja yang harus Kawan tonton? Simak daftarnya berikut ini, ya!

Baca juga: Kisah Tenun Bali yang Mendapat Sentuhan Gaib dari Para Dewata

1. Life of Pi

Poster Film Life of Pi | Foto: hotstar.com
info gambar

Film Life of Pi bergenre petualangan yang diangkat dari novel terkenal karya Yann Martel. Film ini mengisahkan Pi Patel, seorang anak penjaga kebun binatang. Pi Patel dan keluarganya menjalani kehidupan miskin di Pondicherry, India.

Mereka pun memutuskan merantau ke Kanada menumpang kapal pengangkut barang. Nahas, nasib Pi Patel kurang beruntung. Rusaknya kapal di tengah lautan Samudra Pasifik membuatnya terdampar bersama para binatang, terutama macan bernama Richard Parker. Dia berjuang di atas kapal untuk bertahan hidup.

Kisah ini diangkat dari kejadian nyata seorang pemuda yang terdampar di tengah lautan selama 49 hari bersama seekor singa.

2. The Wind Rises

Poster Film The Wind Rises | Foto: orami.co.id
info gambar

Kawan yang menyukai film animasi Jepang wajib menonton The Wind Rises dari Studio Ghibli. Film The Wind Rises menceritakan Jiro Horikoshi, anak yang bermimpi menjadi pilot pesawat tempur. Namun, mimpi itu harus pupus karena penglihatan Jiro mengalami gangguan.

Suatu hari, Jiro bermimpi bertemu desainer pesawat terbang asal Italia. Sejak saat itu, dia bercita-cita menjadi seorang insiyur pesawat. Jalan Jiro membuat pesawat tidaklah mudah. Dia bertemu banyak rintangan, terutama kisah cintanya dengan Naoko yang menderita penyakit TBC.

Kisah film ini disebut mirip dengan cerita hidup BJ Habibie, Mantan Presiden Republik Indonesia.

Baca juga: Kisah Mobil Tersesat di Hutan Pati dan Sejumlah Cerita Mistis yang Menyelimutinya

3. The Help

Poster Film The Wind Rises | Foto: ngadem.com
info gambar

Diadaptasi dari novel karya Kathrynn Stockett, film The Help menceritakan kisah wanita kulit hitam keturunan Afrika-Amerika mendapatkan diskriminasi oleh sosialita kulit putih yang mempekerjakan mereka pada 1960-an.

Skeeter yang diperankan Emma Stone merupakan seorang penulis kulit putih yang berteman dengan para sosialita kulit putih. Namun, Skeeter membenci tindakan para teman-temannya itu.

Aibileen diperankan Viola Davis menceritakan tindakan diskriminatif yang diterimanya kepada Skeeter. Mereka sepakat membuat buku yang menceritakan kisah diskriminatif para wanita kulit hitam.

Namun, pengorbanan dan rintangan harus mereka lalui demi terbitnya buku tersebut.

4. 12 Years a Slave

Poster Film 12 Years a Slave | Foto: searchlightpictures.com
info gambar

Film 12 Years a Slave akan membuat Kawan lebih mensyukuri hidup dan semangat berjuang meraih apa yang dicita-citakan. Film ini diangkat dari kisah nyata, lho.

Menceritakan Solomon Northup diperankan oleh Chiwetel Ejiofor, seorang lelaki yang dijebak oleh dua pemuda karena tergiur oleh tawaran pekerjaan sebagai musisi di Amerika.

Solomon dijual sebagai budak dan harus menjalani siksaan dan kesulitan dari tuannya. Diskriminasi dan rasialisme terlihat jelas dalam film ini. Solomon harus berjuang untuk bertahan hidup dan keluar dari perbudakan.

Baca juga: Kisah Sianjur Mulamula: Cara Masyarakat Batak untuk Melacak Asal Usulnya

5. Slumdog Millionaire

Poster Film Slumdog Millionaire | Foto: zerodeconduite.net
info gambar

Film Slumdog Millionaire menceritakan seorang pemuda asal Mumbai bernama Jamal yang mengikuti kuis televisi Who Wants to Be a Milionaire demi meraih cintanya. Selangkah lagi membawa pulang hadiah 20 juta rupee, Jamal dicurigai berbuat curang oleh polisi dan pembawa acara.

Dia pun diperiksa dan disiksa di kantor polisi karena tidak ada yang percaya bocah lelaki dari daerah kumuh itu mampu memenangkan kuis.

Namun, inspektur polisi merasa Jamal tidak berbohong. Dia pun memutar kembali rekaman acara kuis dan diketahui kalau setiap pertanyaan berkaitan erat dengan kisah masa lalu Jamal. Pun berkaitan dengan Latika, perempuan yang disukai Jamal.

Nah, itu dia rekomendasi film inspiratif yang perlu Kawan tonton. Semoga setelah selesai menonton tayangan tersebut, Kawan jadi semakin semangat mengejar impian, ya! Ada rekomendasi film inspiratif lain yang Kawan GNFI tahu?

Referensi: Instagram Limitlesss Foundation Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini