Aksi Bersih 60 Relawan Semut dalam Rangka HPSN 2023 di Jakarta

Aksi Bersih 60 Relawan Semut dalam Rangka HPSN 2023 di Jakarta
info gambar utama

Operasi Semut melakukan kegiatan Aksi Bersih di Hari Bersih Indonesia - Hari Peduli Sampah Nasional (HBI-HPSN) 2023 di Car Free Day, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Dengan total peserta 60 relawan yang mengikutin kegiatan aksi bersih. Operasi Semut dalam aksi bersih berkolaborasi dengan Cleannovation, Paxel Jakarta Utara, SMP Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, dan Relawan lainnya.

Dalam kegiatan aksi bersih di HBI-HPSN 2023, kegiatan yang pertama dilakukan adalah Aksi Bersih Relawan dan kampanye menggunakan signboard bertulisan ragam macam tulisan ajakan untuk mengedukasi warga sekitar agar melakukan Kurangi, Pilah, dan Olah Sampah (KuPiLa) terhadap sampah mereka sendiri serta menjaga kawasan bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, Pasukan Semut juga melakukan aksi bersih berupa pungut sampah dengan berkeliling sepanjang jalan dari Pos Polisi Bundaran HI ke arah Halte TransJakarta Tosari. Rute ini dilanjut putar balik di Halte Tosari menuju arah Sarinah, kemudian putar balik di Halte Bundaran HI menuju Pos Polisi Bundaran HI.

Kegiatan HBI-HPSN dimulai dengan parade sekaligus aksi bersih pungut sampah dan pilah sampah bersama ratusan sukarelawan, diiringi musik tanjidor, kentungan bambu, dan ondelondel. Parade berhenti di area Bunderan HI dengan flashmob sebagai penutup yang mengajak seluruh relawan dan masyarakat yang hadir di sepanjang Car Free Day ikut serta.

Apa Itu Hari Bersih Indonesia? Melansir unggahan Instagram resmi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta (@dinaslhdki), Kamis (16/2/2023), Hari Bersih Indonesia (HBI) adalah aksi bersihbersih yang dilaksanakan dalam satu hari serentak di Indonesia. Hari Bersih Indonesia diselenggarakan pada tanggal 19 Februari. Tujuan Hari Bersih Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan masalah limbah plastik dan sampah, serta mendidik warga supaya lebih peduli terhadap lingkungan. Hari Bersih Indonesia biasa diramaikan dengan aksi gotong royong membersihkan lingkungan masing-masing.

Soroti Lemahnya Hukum Soal Sampah, Waste4Change Ajak Jurnalis Berkolaborasi

Apa itu Hari Peduli Sampah Nasional? Hari Peduli Sampah Nasional adalah sebuah peringatan atas terjadinya tragedi ledakan TPA Leuwigajah di Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005.

Tragedi ini menewaskan ratusan orang yang mungkin sedang tertidur saat terjadinya tragedi pada dini hari. Setiap tahunnya, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati pada tanggal 21 Februari untuk menjadi refleksi timbulan sampah yang dihasilkan setiap harinya dan sudah sampai mana upaya setiap lapisan masyarakat untuk mengelola timbulan sampah tersebut.

Tahun ini, tepat 18 tahun Hari Peringatan Peduli Sampah Nasional 2023. Tema Hari Peduli Sampah Nasional 2023 adalah “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Tema HPSN 2023 bertujuan untuk menjawab salah satu permasalahan global perubahan iklim yang telah lama dan menjadi perhatian masyarakat dunia.

Perubahan iklim berdampak pada berbagai sisi kehidupan seperti kesehatan, ketahanan pangan, dan ekosistem, serta dapat mengancam keseimbangan ekosistem lingkungan dan sumber daya yang terkandung di dalamnya.

Kegiatan hari ini tuh seru banget, karena bertepatan dengan hari bersih di Indonesia dan HPSN. Banyak banget komunitas yang ikut serta di kegiatan tadi pagi. Ikut seneng karena banyak banget yang join dan partisipasi jadi relawan di Operasi Semut. Harapan kedepannya, semoga makin banyak orang yang ngerti dan paham gimana kegiatan kecil kayak gini itu bawa pengaruh yang besar di masa depan. Bahaya sampah saat ini itu bisa jadi bencana kedepannya. Jadi, semoga adanya kegiatan kayak gini bisa jadi wadah bagi orang-orang yang peduli sama lingkungan, dan jadi contoh serta tindakan positif yang berguna bagi sesama,” ucap Tya, relawan Operasi Semut.

Pada kegiatan ini, kami bergabung dengan Operasi Semut yang sudah sering melakukan aksi pungut sampah untuk memungut sampah yang berserakan sekaligus berkampanye untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kita ini. Dengan aksi ini, kami berharap masyarakat dapat terinspirasi dan ikut untuk menjaga kebersihan bumi kita tercinta. Untuk kedepannya kami akan terus berkampanye dan beraksi untuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan dan mengenalkan mereka mengenai pemilahan sampah dan 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Semoga makin banyak masyarakat yang tersadar akan pentingnya menjaga kebersihan, memilah sampah, dan menerapkan 3R pada kehidupan sehari-hari,” ucap Faiz, relawan Operasi Semut.

Setelah melakukan aksi bersih, sampah yang dipungut terdiri dari sampah gelas plastik, sedotan, tisu, sachet kemasan, potongan plastik, dan sampah yang bisa didaur ulang. Kategori sampah yang dapat di daur ulang, yaitu kardus, kertas, botol, lalu ada sampah puntung rokok. Hasil pungut sampah yang didapat lalu di bawa menuju titik kumpul semula, di pilah sesuai jenisnya dan ditimbang. Setelah semua selesai kegiatan diakhiri.

Biomassa: Cara Cerdas Mengubah Sampah Menjadi Energi
Aksi bersih di Hari Peduli Sampah Nasional 2023 di Car Free Day Jakarta
info gambar

Ini adalah hasil pungut-pungut sampah Minggu (15/01/2023) yang di lakukan oleh Relawan Semut.

  • Residu: 12,72 kg-
  • Botol: 1.160 kg
  • Puntung Rokok: 0.915 kg
  • Sedotan: 0.050 kg

Total sampah: 14.8 kg

Semoga aksi kecil ini memberikan kesan kuat di masyarakat yang turut melihat, sehingga masyarakat kian lama semakin peduli terhadap lingkungan. Mari kita mulai aksi kecil di lingkungan sekitar dengan meningkatkan kesadaran akan masalah sampah, serta lebih peduli terhadap lingkungan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini