3 Hidden-Gem Tempat Wisata di Sumatera Barat Bernuansa Ghibli, Wajib Coba!

3 Hidden-Gem Tempat Wisata di Sumatera Barat Bernuansa Ghibli, Wajib Coba!
info gambar utama

“Vibes-nya Ghibli banget!”

Pernyataan tersebut pastinya sering Kawan temukan di media sosial, terutama saat membicarakan destinasi wisata. Hal ini tidak mengherankan, karena film keluaran Studio Ghibli—seperti From Up On A Poppy Hill, Spirited Away, dan My Neighbour Totoro— cukup terkenal karena nuansa damai dan asri yang memanjakan mata penikmatnya.

Ternyata, nuansa seperti ini dapat Kawan nikmati di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Di sini, terdapat beberapa tempat wisata tersembunyi yang jarang dibicarakan, tetapi memiliki daya tarik tersendiri.

Nah, berikut 3 hidden gem destinasi wisata di Sumatera Barat yang patut Kawan GNFI kunjungi.

7 Tempat Wisata Populer di Lombok, Keindahan Alam hingga Desa Adat

1. Desa Pariangan

Potret Desa Pariangan | @laurin_grecsitha
info gambar

Desa Pariangan, atau disebut juga sebagai Nagari Tuo Pariangan merupakan desa tertua di Provinsi Sumatera Barat yang berlokasi di Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

Dilansir dari Direktori Pariwisata, desa ini terpilih sebagai desa terindah, bersama 15 desa lainnya dari seluruh dunia. Penobatan itu diberikan karena keelokan pemandangannya, mulai dari pepohonan yang rimbun, sawah yang tersusun secara terasering, serta Rumah Gadang dengan atap bagonjong yang terhias rapi.

Terletak di lereng Gunung Merapi, Desa Pariangan dilingkupi udara yang sejuk dan bersih. Kawan GNFI sangat direkomendasikan untuk berjalan-jalan atau bersepeda di desa ini bak tokoh utama di film From Up On A Poppy Hill.

2. Pemandian Lubuk Ngalauan

Lubuk Ngalauan
info gambar

Lubuk Ngalauan adalah tempat pemandian alami yang bertempat di Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Berada di pedalaman hutan dan perbukitan, menjadikan tempat ini jauh dari hiruk pikuk pusat kota.

Ketika berkunjung ke sana, Kawan GNFI perlu menitipkan kendaraan terlebih dahulu, lalu melanjutkan perjalanan dengan menyusuri perkebunan warga dan aliran Sungai Bangek bersama seorang pemandu.

Sesampainya di sana, Kawan akan langsung disuguhi dengan air terjun yang sejuk dan berwarna hijau jernih yang menenangkan. Kawan dapat berenang sembari mencari spot foto yang menarik sebagai kenang-kenangan.

Wisata Bahari Lamongan: Tempat Populer untuk Berakhir Pekan di Lamongan

3. Hutan Mangrove Pariaman

Hutan Mangrove
info gambar

Hutan Mangrove berlokasi di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman. Lokasi wisata tersebut diprakarsai oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan diresmikan secara langsung oleh Mentri Kelautan dan Perikanan RI.

Sejatinya, Hutan Mangrove ini dikembangkan demi mengedukasi masyarakat dan wisatawan terkait mangrove sekaligus menjaga ekosistem tanaman tersebut. Dengan biaya masuk sebesar tiga ribu rupiah, para pengunjung telah dapat menjelajah dan mengunjungi gazebo yang tersedia di sana sepuasnya.

Setelah melakukan rutinitas yang melelahkan tubuh dan pikiran, Kawan GNFI dapat merilekskan diri dengan berkunjung ke Sumatera Barat.

7 Tempat Wisata Sumatera Barat yang Menarik Dikunjungi!

Tidak hanya terkenal akan makanannya, provinsi ini pun memiliki sejumlah pilihan tempat wisata tersembunyi yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari Desa Pariangan, Lubuk Ngalauan, hingga Hutan Mangrove.

Ghibli vibes yang ditawarkan ketiga lokasi ini tentunya dapat memuaskan para wisatawan, membuat mereka terkagum atas keindahan alam Indonesia yang sebenarnya.

Referensi: Direktori Pariwisata | Sinar Harapan | Detik Travel

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini