Sederet Fakta Indonesia yang Mendunia

Sederet Fakta Indonesia yang Mendunia
info gambar utama

Indonesia dalam anggapan dunia merupakan negara yang dikenal memiliki beragam budaya maupun keindahan alam. Saking banyaknya keanekaragaman yang dimiliki, menjadikan Indonesia dikenal oleh mata dunia. Mulai dari suku, bahasa, budaya, dan keindahan alam banyak yang telah menjadi sorotan mata dunia. Keindahan Pulau Bali salah satunya, yang sudah menjadi identitas Indonesia bagi warga asing.

Dikenal memiliki keberagaman yang menakjubkan, Indonesa juga dikenal dengan penduduk yang penuh dengan keramahan. Budaya ramah tamah sudah menjadi identitas negara Indonesia di mata Internasional. Hal ini juga merupakan salah satu hal menakjubkan bagi warga negara asing yang terkadang memiliki sikap individualismenya yang kuat.

Namun, tahukah Kawan jika ternyata Indonesia juga memiliki fakta menarik lain di mata dunia? Yups, berikut merupakan beberapa fakta Indonesia yang mendunia yang mungkin belum kamu ketahui!

Tak Sekedar Banyak, Wisatawan Asing yang Datang ke Bali Juga Harus Berkualitas
  1. Negara pertama yang lahir sejak berakhirnya perang dunia kedua 1945 (negara tertua ke 70 di dunia).
  2. Pulau Bungin di Nusa Tenggara Barat adalah pulau terpadat di dunia.

Pulau Bungin merupakan suatu pulau yang terletak di laut lepas Bali. Memiliki jumlah peduduk sebanyak 280 jiwa dengan luas pulau sebesar 8 hektare. Dijuluki sebagai pulau terpadat di dunia, dikarenakan di pulau ini tidak ditemukan adanya lahan kosong dan lahan hijau.

Jika Kawan berkunjung ke pulau ini, bukanpemandangan alam yang menakjubkan yang akan kamu dapati, melainkan akan melihat sejumlah rumah pendudukan yang berdekatan atau berhimpitan. Sehingga, tidak ditemukan adanya pesisir pantai layaknya destinasi wisata pada umumnya.

Tidak hanya itu, Pulau Bungin sebagai destinasi wisata, juga memiliki keunikan tersendiri. Yang mana, wisatawan dapat mengetahui langsung bagaimana proses pembangunan rumah di pulau ini yang cukup berbeda dengan menggunakan terumbu karang sebagai pondasi. Cukup unik bukan?

Kopi Mahal dan Terbaik di Dunia (Kopi luwak)

Kopi luwak merupakan salah satu kopi termahal di dunia karena ketersediannya yang cukup langka. Memiliki rasa yang halus menjadikan kopi luwak banyak disenangi para pecinta kopi. Walaupun berasal dari kotoran luwak, ternyata karena memiliki proses yang cukup rumit dan unik menyebabkan kopi ini memiliki harga termahal di dunia yaitu berkisar Rp 2,28 juta.

Inilah 5 Universitas Terbaik di Bandung, Berminat Kuliah di Sana?

Seluruh Dunia Mengakui Indonesia Memiliki Beragam Kekayaan Alam dan Hutan yang Ada dengan 17 Pulau

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah 17.508 pulau dengan lebih dari 6 ribu merupakan pulau yang berpenghuni. Pulau terbesar di Indonesia adalah Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Selain itu, Indonesia juga dikenal dengan keanekaragaman hayatinya yang luas dengan luas hutan yang dimiliki mencapai 138 juta hektar. salah satunya adalah hutan bakau dengan luas berkisar 2,5 – 4,5 hektare atau lebih dari 25% hutan bakau di dunia dimiliki oleh negara Indonesia.

Kadal Terbesar di Dunia, yaitu Komodo

Sudah pernah mendengar Taman Nasional Komodo? Yap, tempat yang dihuni oleh ribuan kadal raksasa berjumlah sekitar 2500 komodo. Taman Nasional Komodo ini pernah dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Itulah mengapa fakta ini cukup dikenal oleh mata dunia.

Memiliki 400 Gunung Berapi

Ring of fire, itulah sebutan bagi negara Indonesia karena terletak di pertemuan dua lempengan tektonik. Hal inilah yang menyebabkan semua wilayah aktif secara tektonik dengan sekitar 130 gunung berapi yang ada adalah gunung berapi aktif.

Kue Lontar, Takjil Istimewa dari Tanah Papua

Terkenal dengan Kekayaan Bahari

Siapa sangka, Indonesia dengan wilayah perairan yang luas ternyata juga memiliki spesies ikan hiu terbanyak di dunia. Sebagai negara kepulauan yang sebagian besar dikelilingi lautan, ada lebih dari 150 jenis ikan hiu berada di perairan Indonesia dan spesies ikan hiu terbanyak di dunia. Selain ikan hiu, negara Indonesia juga memiliki ikan terkecil di dunia dengan tubuh 7.9mm, transparan, dan tidak bertulang kepala yag hidup di Sumatra.

Nah, itulah fakta-fakta Indonesia yang mungkin belum Kawan ketahui. Semoga bisa menambah wawasan Kawan GNFI, ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

YD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini