7 Jenis Kepemimpinan yang Disukai Banyak Orang, Kawan yang mana?

7 Jenis Kepemimpinan yang Disukai Banyak Orang, Kawan yang mana?
info gambar utama

Setiap pemimpin memiliki karakteristik yang berbeda. Sifat tersebut biasanya didasari oleh beberapa faktor, seperti faktor aturan organisasi, faktor SDM, dan idealisme dari pemimpin itu sendiri. Bagaimanapun, pemimpin merupakan tombak bagi suatu organisasi.

Meskipun begitu, pemimpin bukan berarti Kawan harus memimpin banyak anggota. Ada kalanya kamu harus memimpin diri sendiri. Hal itulah yang meningkatkan jiwa leadership Kawan. Nah, kepemimpinan atau leadership juga punya jenis yang berbeda-beda. Dari sekian banyaknya jenis kepemimpinan, ada beberapa jenis yang disukai banyak orang. Lalu, seperti apa jenis kepemimpinan yang disukai banyak orang?

1. Kepemimpinan Demokratis

Pidato pejabat
info gambar

Di nomor pertama, ada jenis kepemimpinan demokratis. Jenis ini memang populer di kalangan banyak orang. Bahkan, sering diharapkan oleh berbagai pemimpin politik di Indonesia. Namun, realitanya sulit sekali mengimplementasikan jenis kepemimpinan ini.

Secara karakteristik, orang yang memiliki jenis kepemimpinan demokratis biasanya terbuka terhadap kritik dan saran anggotanya. Pemimpin demokratis lebih mementingkan kepentingan kelompok daripada individu. Jika Kawan menemukan pemimpin seperti ini, maka Kawan mesti bersyukur. Sebab, pemimpin seperti ini dapat membuatmu berkembang secara pengetahuan sekaligus keterampilan.

Kamu bisa bebas berinovasi atau berkreasi di dalam organisasi. Meskipun begitu, tipe ini juga menjunjung tinggi kesepakatan anggota sehingga Kawan perlu memerhatikan hal itu, ya. Contoh tokoh terkenal yang memiliki jenis kepemimpinan demokratis, yakni B.J Habibie, John F. Kennedy, dan Mahatma Gandhi.

8 Pemimpin Dunia dengan Pengikut Instagram Terbanyak, Jokowi ke-2

2. Kepemimpinan Karismatik

Kawan sudah mengetahui bahwa pemimpin demokratis akan melibatkan banyak anggota dalam mengambil keputusan. Sementara itu, jenis kepemimpinan karismatik mengandalkan pemimpin yang memiliki jiwa karisma.

Pemimpin karismatik selalu menghargai nilai-nilai positif pada organisasi. Mereka memiliki kepribadian yang kuat dan tangguh dalam menghadapi masalah. Meskipun tidak banyak anggota dilibatkan dalam pengambilan keputusan organisasi, pemimpin karismatik selalu berpikir untuk mementingkan kelompok daripada individu. Contoh tokoh terkenal yang memiliki jiwa kepemimpinan ini adalah Ir. Soekarno.

3. Kepemimpinan Delegatif

Pemimpin yang menerapkan tipe ini cenderung pasif. Mereka lebih mengandalkan anggota-anggotanya untuk mengambil keputusan. Tipe kepemimpinan ini cenderung lebih digunakan pada organisasi yang memiliki anggota sangat berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Namun, jenis kepemimpinan ini memiliki kelemahan, yakni kurangnya motivasi, kecenderungan anggota untuk saling menyalahkan, dan kurangnya produktivitas kerja. Apakah Kawan yakin menggunakan jenis kepemimpinan ini?

4. Kepemimpinan Militeristik

Jenis kepemimpinan ini lebih mengutamakan profesional dan formalitas. Setiap anggota harus disiplin dan tekun dalam menjalankan tugasnya. Terkadang, jenis kepemimpinan ini hampir mirip dengan tipe otokratis.

Jenis kepemimpinan militeristik lebih mengutamakan target organisasi. Mereka tidak suka menerima kritik dan menyukai acara-acara profesional. Namun, tipe ini bisa mengarahkan Kawan untuk fokus bekerja sesuai target yang hendak dicapai.

Hebat! Diaspora Indonesia ini Masuk Daftar 50 Pemimpin Perempuan di Amerika

5. Kepemimpinan Visioner

Jenis kepemimpinan yang disukai oleh banyak orang, salah satunya adalah kepemimpinan visioner. Sesuai namanya, pemimpin visioner mampu memberikan ide dan rencana yang dapat dimanfaatkan untuk masa depan perusahaan. Mereka lebih sering dikenal dengan "idea guy" karena ide yang dimiliki cukup banyak.

Bahkan, beberapa ide dari mereka sulit Kawan bayangkan. Jenis kepemimpinan visioner memiliki gaya kepemimpinan yang berani ambil risiko, mau mendengar masukan (demokratis), serta bertanggung jawab.

Di perusahaan, pemimpin visioner rela menghabiskan uang perusahaan untuk meningkatkan keterampilan karyawan-karyawannya. Hal ini dilakukan agar mereka nantinya bisa menyesuaikan dengan ide-ide yang dimiliki oleh pemimpin visioner.

Contoh tokoh terkenal yang memiliki jenis kepemimpinan visioner adalah Ridwan Kamil. Beliau memiliki growth mindset untuk membangun Jawa Barat lebih baik dengan ide-idenya yang brilian.

6. Servant Leadership

Jenis kepemimpinan selanjutnya adalah servant leadership atau kepemimpinan yang suka melayani anggotanya. Pemimpin satu ini meyakini bahwa anggota harus terpenuhi secara pribadi dan profesional agar mereka dapat mencapai target organisasi.

Pemimpin yang menggunakan jenis ini lebih mengutamakan kepuasan bagi karyawan. Buat Kawan yang mempunyai pemimpin dengan jenis ini, Kawan akan melihat beragam fasilitas hiburan sekaligus profesional di organisasi.

Tidak heran, banyak anggota yang merasa betah di organisasinya. Jenis kepemimpinan ni merupakan tipe yang suka membangun moral karyawan. Pada umumnya, Kawan bisa menemukan pemimpin dengan jenis servant leadership di organisasi nirlaba.

Ratu Ageng Tegalrejo Pemimpin Perempuan di Tengah Hegemoni Kolonial

7. Kepemimpinan Tranformasional

Jenis kepemimpinan ini fokus pada perubahan dalam organisasi, kelompok, dan unsur lain yang terlibat di dalamnya. Pemimpin dengan jenis ini cenderung cerdas, berenergi, dan penuh semangat. Mereka seperti gabungan antara demokratis, visioner, dan servant leadership.

Jenis kepemimpinan ini mampu mendorong para anggotanya untuk melakukan beragam hal di luar target awal sehingga pencapaian yang dihasilkan juga tinggi.

Referensi: ekrut.com | tokopedia.com | alumni.ugm.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini