Setelah Sukses Jadi Tuan Rumah, Indonesia Ingin Punya Tim F1 Powerboat Sendiri

Setelah Sukses Jadi Tuan Rumah, Indonesia Ingin Punya Tim F1 Powerboat Sendiri
info gambar utama

F1 Powerboat Indonesia digelar pada 24 hingga 26 Februari lalu. Lokasi balapannya adalah Danau Toba, Sumatera Utara.

Sejak awal, Indonesia benar-benar serius mempersiapkan ajang balapan kendaraan air ini. Hasilnya, balapan berjalan lancar dan bisa dibilang sukses. Indonesia juga dipercaya untuk terus menjadi tuan rumah F1 Powerboat hingga 2027 mendatang.

Kendati demikian, tampak ada yang kurang dari F1 Powerboat di Indonesia, yakni tidak adanya tim atau pebalap dari negara tuan rumah yang berpartisipasi. Namun, bisa jadi hal itu tak terjadi lagi di masa depan. Sebab, Indonesia berhasrat untuk punya tim F1 Powerboat sendiri.

Untuk diketahui, F1 Powerboat musim 2023 diikuti oleh 10 tim. Kesepuluh tim tersebut berasal dari Uni Emirat Arab (3 tim) serta China, Portugal, Swedia, Norwegia, Amerika Serikat, Prancis, dan Italia (1 tim).

Tim Para-atletik Indonesia Sabet 5 Medali Emas di Dubai

Menteri Turun Tangan

Sebagaimana saat mempersiapkan diri sebagai tuan rumah, Indonesia juga tampak serius dalam membentuk tim sendiri. Pejabat tinggi negara bahkan turut terlibat.

Pejabat yang dimaksud adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir. Keduanya telah berbincang membahas pembentukan tim F1 Powerboat Indonesia.

"Tadi saya bicara juga dengan Pak Erick terkait dengan rencana pembentukan tim Indonesia di F1 Powerboat," ujar Luhut seperti dilansir ANTARA.

Lantas, kapan kira-kira misi pembentukan tim F1 Powerboat Indonesia ini akan terwujud?

"Tentunya kami berharap dalam dua atau tiga tahun ke depan akan ada tim dari Indonesia yang berlaga F1 Powerboat," lanjut Luhut.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’

Didukung Pendiri F1 Powerboat

Keinginan Indonesia memiliki tim sendiei direspons baik oleh pendiri F1 Powerboat, Nicolo Di San Germano. Ia yakin Indonesia akan mampu membangun tim seperti yang diharapkan.

Bukan tanpa alasan Germano meyakini demikian. Ia melihat bahwa Indonesia mampu mempersiapkan diri menjadi tuan rumah dengan baik. Maka dari itu, membangun tim sendiri pun dianggapnya akan juga mampu dilakukan Indonesia.

"Saya adalah saksi bahwa enam bulan yang lalu ketika kami datang ke sini, kami mengatakan Danau Toba baru bisa menjadi tuan rumah dua atau tiga tahun ke depan. Namun hanya dalam enam bulan, Indonesia mampu menunjukkan kesiapan menjadi tuan rumah," ujar Germano.

"Jadi kalau bicara dua sampai tiga tahun ada tim asal Indonesia, saya yakin pasti bisa melakukannya," tambahnya.

Indonesia Berpotensi Menjadi Tuan Rumah Berbagai Acara Olahraga Internasional



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini