Teluk Hijau Banyuwangi, Pantai Tersembunyi di Ujung Timur Pulau Jawa

Teluk Hijau Banyuwangi, Pantai Tersembunyi di Ujung Timur Pulau Jawa
info gambar utama

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Banyuwangi menyimpan segudang keindahan alam yang unggul. Siapa saja yang datang berkunjung akan tersihir dengan eloknya gunung hingga pantai yang tersebar di Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang sangat eksotis dan termasuk dalam tempat wisata baru adalah pantai Teluk Hijau Banyuwangi. Seperti namanya, pantai ini berbentuk teluk dengan air laut yang berwarna hijau. Seperti apa pesona pantai Teluk Hijau? Simak ulasannya sebagai berikut.

Pantai Teluk Hijau

teluk ijo banyuwangi
info gambar

Pantai Teluk Hijau adalah sebuah pantai di ujung barat daya Kabupaten Banyuwangi yang berada di area Taman Nasional Meru Betiri, tepatnya berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Pantai ini berbentuk seperti teluk, yaitu sebuah daratan yang menjorok curam ke arah lautan. Hal itu membuat sudut pandang dari Pantai Teluk Hijau Banyuwangi ini tidak terlalu luas.

Namun, justru inilah yang menjadi daya tariknya. Sisi kiri dan kanan bukit yang jadi pembatas memiliki pemandangan hijau yang asri dan segar.

Awal mula ditemukannya pantai ini adalah ketika para nelayan Desa Rajegwesi berlayar mencari ikan di laut. Para nelayan tersebut dikagetkan air laut yang berwarna hijau. Rasa penasaran membawa mereka ke sana dan akhirnya menemukan sebuah pantai dengan pasir yang indah.

Baca juga: Pantai Pulau Merah, Eksotisme Senja di Ujung Timur Pulau Jawa

Daya Tarik Teluk Hijau

pantai teluk hijau banyuwangi
info gambar

Pantai yang juga dinamai sebagai Green Bay ini memiliki daya tarik yang unik dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Daya tariknya terletak pada air laut yang lebih berwarna hijau. Fenomena tersebut jarang ditemui di pantai-pantai lain di sekitar Banyuwangi.

Selain itu, Pantai Teluk Hijau Banyuwangi juga memiliki pasir yang berwarna putih, sehingga sangat kontras dengan air lautan yang berwarna hijau. Terlebih perbukitan karang yang ada di sisi kanan dan kiri Pantai Teluk Hijau ini ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang.

Selain itu, Pantai Teluk Hijau memiliki lautan yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Hal ini membuat para wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang di pantai ini. Dikhawatirkan, ombak yang besar akan membahayakan pengunjung pantai.

Baca juga: Wisata Komplit Ngeliat Sunrise of Java di Banyuwangi!

Fasilitas Teluk Hijau

teluk hijau banyuwangi
info gambar

Pantai Teluk Hijau menyediakan fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Namun, harus diakui fasilitasnya masih sangat minim. Hanya ada sebuah mushola dan toilet alam yang alakadarnya.

Jika Kawan membutuhkan fasilitas yang memadai seperti membeli sebuah minuman atau menggunakan toilet yang layak, maka Kawan bisa datang ke Pantai Rajegwesi yang terletak tidak jauh dari Pantai Teluk Hijau.

Baca juga: Keunikan Desa Wisata Osing Kemiren Banyuwangi

Rute dan Akses ke Teluk Hijau

Jika Kawan ingin berkunjung ke pantai ini, biaya yang harus dikeluarkan cukup murah karena hanya mengikuti harga tiket masuk Taman Nasional Meru Betiri yaitu sebesar Rp5000 per orang (hari biasa) dan Rp7.500 per orang (akhir pekan dan hari libur nasional)

Untuk menuju ke Pantai Teluk Hijau, pengunjung perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Pasalnya medan di pantai ini masih cukup alami sehingga beberapa di antaranya sangat menantang.

Dari Pantai Rajegwesi, Kawan bisa pesan ojek motor warga setempat dengan durasi sekitar 10 menit dengan biaya Rp10.000 per orang. Namun, selain itu, Kawan juga bisa menuju pantai ini dengan jalur laut, yaitu dari Pantai Rajegwesi dengan cara memesan jasa perahu nelayan.

Tujuannya adalah Pantai Teluk Hijau dengan biaya Rp25.000 per orang sekali jalan, atau Rp35.000 per orang untuk pulang pergi. Kapasitas dari perahu nelayan sekitar 6-8 orang dan durasi perjalannya sekitar 15 sampai 20 menit.

Baca juga: 11 Rekomendasi Wisata Banyuwangi Jawa Timur yang Eksotis dan Instagramable!

sumber:
https://www.nativeindonesia.com/wisata-teluk-hijau-banyuwangi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Teluk_Hijau

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini