Demi Pertahankan Emas SEA Games 2023, Timnas Basket Indonesia Menempa Diri di Australia

Demi Pertahankan Emas SEA Games 2023, Timnas Basket Indonesia Menempa Diri di Australia
info gambar utama

Timnas Basket Indonesia menyambut SEA Games 2023 dengan target tinggi. Persiapan pun digelar hingga ke Australia.

Timnas Basket Indonesia bakal berpartisipasi di SEA Games 2023. Pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu dijadwalkan digelar di Kamboja pada pada 5 hingga 17 Mei mendatang.

Tak mau main-main, Timnas Basket Indonesia mempersiapkan diri dengan serius, utamanya melalui pemusatan latihan alias training camp (TC). Seriusnya persiapan Timnas Basket Indonesia tampak dari agenda TC mereka yang dilaksanakan di luar negeri.

Timnas Basket Indonesia menjalani TC di Australia. Para pemain dari nomor putra yang berjumlah 15 orang punya agenda di sana sejak 4 April sampai 24 April 2023 nanti.

Mengapa Australia dipilih sebagai lokasi TC? Pelatih Timnas Basket Indonesia Milos Pejic menjelaskan bahwa tim besutannya di bawa ke Australia karena sebelumnya Indonesia sudah pernah berlatih di sana. Pada tahun 2022 lalu, Timnas Basket Indonesia pun berkesempatan beruji coba melawan 10 tim Liga Basket Australia atau NBL1.

Dalam TC kali ini, uji coba melawan tim NBL1 diagendakan lagi. Pelatih bakal memantau dan mengevaluasi performa para pemainnya.

“Di sana kami memiliki sistem kami. Saya sangat senang. Di sana kami akan mainkan sembilan pertandingan. Sebanyak 15 pemain yang dibawa akan dievaluasi setelah delapan atau sembilan pertandingan itu,” ujar Milos seperti dilansir ANTARA.

Siap-siap! Ada Klub Sepak Bola Eropa yang Akan ke Indonesia untuk Menantang Persija

Demi Target Tinggi

Dikirimnya Timnas Basket Indonesia ke Australia tak lepas dari target yang dipatok di SEA Games 2023. Adapun target tersebut adalah mempertahankan medali emas.

Ya, Timnas Basket Indonesia dengan gemilang mampu meraih emas di SEA Games 2021 sekaligus mematahkan dominasi Filipina di kancah bola basket Asia Tenggara. Kini, Indonesia berhasrat untuk menjaga agar medali emas tersebut tidak lepas.

“Kami ingin mempertahankan medali emas yang telah kami raih di SEA Games Hanoi lalu. Untuk itu kami butuh lakukan persiapan terbaik. Itulah kenapa kami kembali ke Australia yang bolabasketnya sudah level dunia,” kata Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih.

Di SEA Games 2021 lalu, Indonesia meraih emas setelah mengalahkan Filipina di partai final. Sementara itu, medali perunggu direbut oleh Thailand.

Keberhasilan itu terbilang cemerlang, sebab selama ini Filipina senantiasa mendominasi kancah bola basket Asia Tenggara.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini