Mudik Pakai Mobil Listrik? Charging Station Akan Disiapkan di 14 Rest Area Jalan Tol

Mudik Pakai Mobil Listrik? Charging Station Akan Disiapkan di 14 Rest Area Jalan Tol
info gambar utama

Menjelang mudik Lebaran tahun 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bekerja sama untuk meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas di Tempat Istirahat dan Pelayanan (Rest Area) di jalan tol.

Sebagai tindakan preventif terhadap lonjakan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area jalan tol.

Bersumber dari keterangan tertulis di situs Kemenpupr, Endra S Atmawidjaja, Juru Bicara Kementerian PUPR dan Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, mengungkapkan bahwa bersama mitra terkait, BUJT telah menyiapkan SPKLU di 14 rest area jalan tol untuk memfasilitasi para pemudik selama Lebaran tahun 2023.

"Kami sebagai regulator penyelenggaraan layanan jalan tol tentunya menyambut positif inisiatif BUJT bersama mitra terkait. Charging point atau SPKLU ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR untuk mendorong terbentuknya ekosistem mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang lebih baik," tutur Endra.

Endra juga menambahkan bahwa saat ini, terdapat 14 unit SPKLU yang telah tersedia dan tersebar di beberapa ruas tol. Misalnya di ruas tol Jakarta-Merak, terdapat di rest area KM 13A.

Sedangkan di ruas tol Trans Jawa yang meliputi Jakarta-Cikampek-Semarang-Solo-Surabaya hingga Probolinggo, terdapat di rest area KM 6B, KM 208B, KM 389B, KM 456B, KM 519B, KM 616B, KM 207A, KM 379A, KM 519A, KM 626A, dan rest area KM 695A.

Selain itu, dua titik SPLKU tambahan juga tersedia di ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), yaitu di Rest Area KM 10A arah Bogor dan Rest Area KM 21B arah Jakarta.

Mau Jadi ‘Raja Baterai EV’, Begini Sekelumit Drama Nikel Indonesia di Mata Dunia

Semakin banyaknya pengguna mobil listrik

Seiring dengan meningkatnya jumlah mobil listrik di Indonesia, kini SPKLU juga telah tersedia di beberapa kota besar di Pulau Jawa yang menjadi tujuan para pemudik. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan tenang bagi para pemudik yang berkendara menggunakan mobil listrik.

Gaikindo melaporkan bahwa pada tahun 2022, penjualan mobil listrik di Indonesia mencapai 15.437 unit, meningkat hingga 383,46% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 3.193 unit.

Oleh karena itu, penyediaan SPKLU di rest area jalan tol menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mengakomodasi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Sebagai informasi tambahan, pada mudik Lebaran 2023, Kementerian PUPR telah menyiapkan jalan tol sepanjang 2.624 km dengan 70 ruas jalan tol yang dikelola oleh 49 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali.

Jubir Endra juga mengatakan bahwa untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan untum para pemudik, Kementerian PUPR menyiapkan 127 TIP (rest area) untuk arus mudik tahun 2023

"Pada 11 ruas tersebut akan kami siapkan Rest Area sementara dengan fasilitas toilet, mobile BBM dan juga gardu makanan-minuman secara sederhana. Kami juga akan menyiapkan Rest Area sementara di jalan tol Cikampek-Palimanan KM 81 A dan B. Mudah-mudahan dapat menampung kebutuhan para pemudik untuk rehat sejenak dalam berkendara di jalan tol,” tutup Jubir Endra.

Sebentar Lagi, Indonesia Bakal Punya Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini