Persija ke Piala AFC, Taring Macan Kemayoran Siap Ditunjukkan di Pentas Asia

Persija ke Piala AFC, Taring Macan Kemayoran Siap Ditunjukkan di Pentas Asia
info gambar utama

Persija Jakarta akhirnya kembali ke pentas Asia. Taring Macan Kemayoran pun siap ditunjukkan lewat ajang Piala AFC.

Persija memastikan diri berhak tampil di Piala AFC setelah menuntaskan Liga 1 2023. Persija menutup kompetisi musim ini dengan mengalahkan PSS Sleman.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (15/4/2023), Persija mengalahkan PSS dengan skor telak 5-0. Kelima gol Macan Kemayoran dicetak oleh Michael Krmencik (3 gol), Witan Sulaeman, dan Aji Kusuma.

Kemenangan atas PSS membuat Persija menempati posisi kedua di klasemen akhir Liga 1 2023. Sebagaimana diketahui, Indonesia mendapatkan tiga jatah di kompetisi Asia, yakni masing-masing satu tiket ke play-off Liga Chanpions Asia, penyisihan grup Piala AFC, dan play-off Piala AFC.

Tiket play-off ke Liga Champions akan diperebutkan lewat duel antara PSM Makassar dan Bali United selaku juara Liga 1 musim ini dan musim lalu. Sementara tim yang menang berhak ke play-off Liga Champions, tim yang kalah akan ke penyisihan grup Piala AFC. Sementara itu, tiket ke play-off Piala AFC diberikan kepada Persija.

Persija menyatakan kesiapannya untuk tampil di play-off Piala AFC. Target tinggi pun dipasang.

Siap-siap! Ada Klub Sepak Bola Eropa yang Akan ke Indonesia untuk Menantang Persija

Berhasrat Menguasai Asia Tenggara

Piala AFC adalah ajang yang menerapkan sistem regional atau zona. Artinya, Persija harus bersaing di tingkat Asia Tenggara lebih dulu jika lolos play-off.

Pelatih Persija Thomas Doll menyatakan timnya siap bersaing di play-off Piala AFC.

"Kami siap untuk kualifikasi Piala AFC," ujar Doll, seperti dilansir Suara.com.

Sementara itu, Kapten Persija Andritany Ardhiyasa menyatakan hasratnya untuk membawa timnya berprestasi di level Asia. Ia bahkan dengan gamblang menyebut Persija mengincar gelar juara Asia Tenggara.

"Kami ingin melakukan yang lebih baik dari yang sudah dilakukan, minimal kami juara Asia Tenggara," katanya, seperti diwartakan Bola.com.

Bagi Persija, Piala AFC bukanlah hal baru. Mereka sebelumnya sudah pernah berpartisipasi di ajang tersebut pada tahun 2018 dan 2019.

Tahun 2018 adalah pencapaian terbaik Persija di Piala AFC. Saat itu, Persija berhasil mencapai babak semifinal zona Asia Tenggara. Namun, Persija gagal ke final setelah dikalahkan klub Singapura, Home United dengan skor agregat 3-6. Kemudian pada tahun berikutnya, langkah Persija hanya sampai di babak penyisihan grup.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini