Generasi Unggul Yang Berdaya Saing Melalui Progam MBKM

Generasi Unggul Yang Berdaya Saing Melalui Progam MBKM
info gambar utama

Pada era globalisasi saat ini, faktor yang dapat mendukung proses terbentuknya sumber daya manusia yang baik untuk sebuah perusahaan, organisasi dan negara ialah adanya generasi yang unggul dan berkompeten. Sumber Daya Manusia dapat dilatih sedari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi. Karena, pada proses di jenjang tersebut manusia sudah mulai memikirkan ingin menjadi apa kedepannya. Di tingkat perguruan tinggi, terdapat berbagai upaya yang dilakukan untuk bisa menciptakan generasi unggul yang mampu berdaya saing salah satunya dengan program MBKM.

Program Mereka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ialah suatu kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan kepada generasi muda atau mahasiswa untuk bisa berkarir di masa depan dengan menggali minat dan bakat mereka. Dilaksanakannya MBKM sebagai langkah awal terciptanya pembelajaran yang merdeka, menarik dan membangun budaya belajar yang inovatif untuk membentuk generasi yang unggul. Program MBKM sendiri, memberikan peluang kepada mahasiswa/i PTN maupun PTS untuk bisa menggali potensi diri masing – masing, mengasah kemampuan keterampilan soft skills dan hard skills dengan terjun langsung ke dunia kerja professional yang sesungguhnya melalui praktik kerja lapang demi keberlanjutan karir yang baik.

Baca juga : Butuh SDM Pariwisata Unggul, Ada 3.805 Kuota Mahasiswa Baru untuk PMB Poltekpar 2023

Ada banyak pilihan program di Kampus Merdeka yang bisa Kawan GNFI pilih sebagai mahasiswa Ketika mengikuti kegiatan MBKM ini, seperti :

  1. Program pertukaran mahasiswa merdeka. Program ini bermaksud memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengenal keragaman nusantara dan memperluas jaringan relasi serta akademik mahasiswa.
  2. Magang Bersertifikat, yang bermaksud memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar langsung di tempat mitra kerja sehingga dapat mendapatkan ilmu yang relevan untuk diterapkan di dunia kerja nantinya.
  3. Indonesia Internasinal Student Mobility (IISMA) merupakan program mobilitas internasional yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat belajar di perguruan tinggi luar negeri. Dengan tujuan untuk meningkatkan dan memperkaya wawasan maupun kompetensi yang berhubungan dengan pemahaman lintas budaya.
  4. Studi Independent Bersertifikat. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan riset dan yang menjadi hal menarik yaitu pilihan studi tidak harus sesuai dengan bidang atau jurusan kuliah.
  5. Proyek Kemanusiaan, yang melibatkan mahasiswa untuk membantu mengatasi bencana, dengan adanya program tersebut mahasiswa diharapkan dapat menjunjung tinggi rasa kemanusiaan.
  6. Riset atau Penelitian. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang memiliki minat menjadi peneliti untuk meningkatkan mutu penelitian mahasiswa dan kualiatas riset di Indonesia.
  7. Program Kampus Mengajar, dimana program ini memberi kesempatan untuk melatih skill mengajar serta mengembangkan diri. Mahasiswa akan menjadi mitra guru dalam pembelajaran jenjang SD dan SMP.
  8. Program Wirausaha. Dalam program ini mahasiswa akan mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi kewirausahaan dengan tujuan memperkuat kemandirian ekonomi nasional dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.
Baca juga : Kewirausahaan Bukan Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Saja

Dari depalan program tersebut, pelaksanaan magang mahasiswa memiliki peran yang sagat penting dan bermanfaat mengenai dunia kerja. Dalam dunia bisnis global saat ini, memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkualitas tinggi, dan memiliki daya saing yang tinggi merupakan tuntutan bagi setiap perusahaan yang ingin berhasil. Para peneliti telah menetapkan indikator-indikator tertentu untuk menilai apakah seorang SDM termasuk dalam kategori tersebut, di antaranya adalah: memiliki sikap rajin, kreatif, dan inovatif, mampu mengatur waktu dengan baik, dapat bekerja sama dalam sebuah tim, serta memiliki fleksibilitas yang tinggi. Dengan memiliki SDM yang memenuhi indikator tersebut, sebuah perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, mengoptimalkan efisiensi kerja, dan meningkatkan daya saingnya di pasar global.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini