Mengenal Lebih Dalam Tentang Sitinjau Lauik: Tanjakan Adsense dari Sumatera Barat

Mengenal Lebih Dalam Tentang Sitinjau Lauik: Tanjakan Adsense dari Sumatera Barat
info gambar utama

#MakinTahuIndonesia

Sitinjau Lauik merupakan salah satu tanjakan di Sumatera Barat yang cukup dikenal banyak orang. Tanjakan yang berada di jalur lintas Padang-Solok ini memiliki kemiringan yang bisa dibilang cukup ekstrim, sehingga memerlukan keahlian khusus ketika melewatinya. Selain itu, posisi Sitinjau Lauik yang berada di jalur lintas Sumatera membuat kendaraan yang melewati tanjakan ini juga cukup beragam, dari sepeda motor hingga truk-truk besar.

Keunikan inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Sitinjau Lauik yang membuat tanjakan ini menarik banyak perhatian. Apalagi, perkembangan media sosial juga membuat pamor dari tanjakan unik ini tidak hanya dikenal di lokalan Sumatera Barat saja, namun juga di berbagai daerah lainnya. Sebagai orang asli Solok yang berdomisili di Kota Padang, saya sendiri cukup sering melewati tanjakan ini sejak kecil.

Pada Juni 2023 ini saja, saya sudah empat kali bolak-balik melewati jalur yang kerap dijuluki warganet dengan nama "Tanjakan Adsense" ini. Bagi kamu yang penasaran dengan informasi lebih dalam tentang Sitinjau Lauik, mulai dari lokasi hingga hal yang membuat tanjakan ini viral, yuk langsung simak pembahasan berikut ini!

Lokasi Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik dari arah Solok, Sumatera Barat | Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Secara administratif, Sitinjau Lauik masih berada di wilayah Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Bisa dibilang, Sitinjau Lauik merupakan tanjakan pertama yang akan ditemui setiap pengendara jika melintasi Jl. Raya Padang Solok dari arah Kota Padang. Para pengemudi akan dihadapkan dengan jalanan menanjak yang cukup panjang dari jembatan Lubuak Paraku sebelum mencapai tanjakan ini.

Seringkali, para pengemudi sudah mulai menaikkan kecepatan kendaraannya agar bisa mendaki dengan sempurna ketika melewati tanjakan Sitinjau Lauik. Dari segi bentuk, tanjakan Sitinjau Lauik bisa dibilang cukup curam bahkan hampir menyentuh sudut kemiringan 45 derajat.

Oleh sebab itu, seringkali di tanjakan ini terdapat beberapa pemuda yang biasanya akan membantu mengarahkan kendaraan yang melewati jalur ini. Tak jarang, para pemuda ini juga ikut membantu menggantikan para sopir yang kesusahan untuk melewati tanjakan ekstrim ini.

Kisah Ikan Arwana Perekat Hubungan Presiden RI dan Kaisar Jepang

Viral di Dunia Maya

Perkembangan media sosial yang membuat penyebaran informasi semakin cepat turut mempengaruhi dikenalnya Sitinjau Lauik oleh masyarakat luas. Beberapa akun muncul untuk menampilkan update terbaru dari tanjakan ini setiap harinya.

Pada media YouTube saja, terdapat beberapa akun yang menjadikan Sitinjau Lauik sebagai konten utamanya, seperti Sitinjau Lauik Truck Video, Sitinjau Lauik Terkini dan Sitinjau Lauik ID. Jumlah pengikut dan penonton akun YouTube tersebut juga bukan main-main. Akun-akun tersebut memiliki jumlah subscriber dari ratusan ribu hingga jutaan pengikut.

Para penonton konten-konten tentang Sitinjau Lauik ini juga sangat banyak. Dilihat dari akun YouTube Sitinjau Lauik Truck Video, rata-rata setiap konten yang diupload bisa ditonton sebanyak puluhan ribu hingga jutaan kali. Hadirnya akun-akun yang memperkenalkan Sitinjau Lauik kepada khalayak ramai inilah yang membuat warganet memberikan julukan "Tanjakan Adsense" kepada tanjakan yang satu ini.

Jalur dengan Penuh Tantangan

Selain Sitinjau Lauik yang dikenal dengan tanjakan curam, praktis hampir keseluruhan medan dari jalur penghubung Padang dan Solok ini didominasi oleh jalanan menanjak. Kondisi jalanan yang menanjak serta berbelok-belok membuat para pengemudi mesti hati-hati ketika melewati jalur ini.

Selain itu, para pengemudi juga harus waspada terhadap kejadian yang tidak terduga, seperti longsor dan solar tumpah yang sering kali terjadi di jalur ini.

Dilema Kunjungan Candi Borobudur, Antara Konservasi dan Kebutuhan Edukasi
Salah satu titik longsor yang ada di jalan lintas Padang - Solok | Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Kondisi inilah yang menjadi alasan munculnya gagasan untuk membangun fly over di Sitinjau Lauik ketika Menteri BUMN, Erick Thohir meninjau langsung lokasi tersebut pada akhir tahun lalu. Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin mencoba langsung untuk melewati "Tanjakan Adsense" ini mesti tetap hati-hati agar tetap bisa berkendara dengan aman dan selamat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini