Pisang hingga Durian, Ini 5 Buah Paling Banyak Diproduksi di Indonesia

Pisang hingga Durian, Ini 5 Buah Paling Banyak Diproduksi di Indonesia
info gambar utama

Buah apa yang menjadi favorit kawan GNFI? Apakah buah pisang, mangga atau yang lainnya? Ya, di Indonesia berbagai buah tersebut dapat ditemukan dengan cukup mudah dan dengan harga yang relatif terjangkau.

Namun, tahukah kawan GNFI buah apa saja yang paling banyak diproduksi di Indonesia? Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, menunjukkan daftar buah beserta wilayah atau provinsi penyumbang buah paling banyak di Indonesia.

Nah, penasaran buah apa saja yang paling banyak diproduksi di Indonesia? Yuk, simak informasinya di bawah, ya!

1. Pisang (9,2 juta ton)

Ilustrasi pisang yang menjadi buah paling banyak diproduksi di Indonesia. | Foto: Freepik/Azerbaijan_stockers
info gambar

Buah yang identik dengan warna kuning ini menempati posisi pertama sebagai buah paling banyak diproduksi di Indonesia. Adapun, pada tahun 2022 pisang telah diproduksi sebanyak 9.245.427 ton dengan daerah penyumbang terbesarnya adalah Jawa Timur, sebanyak 2.626.582 ton.

Sementara itu, daerah atau provinsi yang menghasilkan pisang paling sedikit adalah DKI Jakarta dengan 2.962 ton. Selanjutnya diikuti oleh provinsi Kep. Riau dan Kep. Bangka Belitung yang juga memproduksi buah pisang secara sedikit.

Unik dan Khas, Kuliner Bali Terpilih dalam Program Pertukaran Budaya Indonesia-Qatar 2023

2. Mangga (3,3 juta ton)

Ilustrasi buah mangga. | Foto: Freepik/jcomp
info gambar

Siapa yang tidak menyukai buah mangga? Buah yang satu ini begitu digemari karena rasanya yang manis dan perpaduan dengan sedikit asam. Mangga sendiri berhasil menempati posisi dua sebagai buah paling banyak diproduksi di Indonesia dengan jumlah 3.308.895 ton.

Sementara itu, Jawa Timur kembali menjadi provinsi yang paling banyak menyumbang buah mangga dengan jumlah 1.593.494 ton. Sedangkan daerah yang paling sedikit memproduksi buah ini adalah Papua dengan jumlah 735 ton.

3. Nanas (3,2 juta ton)

Ilustrasi buah nanas. | Foto: Freepik/8photo
info gambar

Nanas, buah berwarna kuning ini ternyata menempati posisi ketiga sebagai buah paling banyak diproduksi di Indonesia, dan hanya selisih sedikit dengan posisi kedua. Adapun, pada tahun 2022 nanas berhasil diproduksi sebanyak 3.203.775 ton.

Lebih lanjut, untuk daerah yang paling banyak memproduksi buah ini adalah Lampung sebanyak 861.706 ton, dan diikuti oleh Sumatera Selatan sebanyak 567.120 ton. Sedangkan daerah paling sedikit, yaitu Papua dengan 79 ton dan DKI Jakarta yang sama sekali tidak memproduksi buah nanas.

4. Jeruk Siam/Keprok (2,5 juta ton)

Ilustrasi buah jeruk. | Foto: Freepik/topntp26
info gambar

Pada posisi keempat ditempati oleh jeruk siam atau keprok sebagai buah paling banyak diproduksi di Indonesia. Adapun, jeruk siam atau kerprok berhasil diproduksi sebanyak 2.551.999 ton dengan provinsi yang banyak menghasilkan buah ini adalah Jawa Timur.

Bagaimana tidak? Jawa Timur berhasil memproduksi jeruk siam atau keprok sebanyak 1.076.813 ton, mengalahkan secara telak Sumatera Utara diposisi kedua dengan jumlah produksi 398.064 ton. Sedangkan, untuk daerah paling sedikit yang memproduksi buah ini ditempati oleh Kep. Riau dengan jumlah 64 ton.

Satu-satunya Produsen di Dunia, Cuma Indonesia yang Membuat Pesawat Terbang Ini

5. Durian (1,5 juta ton)

Ilustrasi buah durian. | Foto: Freepik/Jcomp
info gambar

Ya, buah unik dengan kulit yang berduri dan bau yang menyengat ini menempati posisi kelima sebagai buah paling banyak diproduksi di Indonesia. Adapun, jumlah total produksi buah ini pada tahun 2022 adalah 1.582.172 ton.

Lebih lanjut, provinsi Jawa Timur kembali lagi menjadi daerah yang menyumbang produksi buah paling banyak. Kali ini, Jawa Timur menyumbang 419.913 buah durian dan diikuti oleh Sumatera Barat sebanyak 219.638 ton. Sedangkan untuk daerah yang paling sedikit memproduksi buah ini adalah DKI Jakarta, dengan jumlah 340 ton.

Nah, itulah lima buah paling banyak diproduksi di Indonesia yang akan membuat Kawan GNFI #MakinTahuIndonesia. Dari lima buah tersebut, buah apa yang paling sering Kawan GNFI konsumsi, ya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini