Pandawara Beraksi di Lampung, Bersihkan Pantai Terkotor ke-2 di Indonesia

Pandawara Beraksi di Lampung, Bersihkan Pantai Terkotor ke-2 di Indonesia
info gambar utama

Nama Pandawara Group semakin dikenal belakangan ini berkat tindakan besarnya untuk lingkungan. Bermula dari unggahannya di TikTok, grup yang berisi sekumpulan anak muda yang berani untuk terjun langsung ke tempat-tempat yang kotor karena sampah ini pun mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, baik itu dari masyarakat maupun dari pemerintah daerah.

Bulan Mei kemarin, Pandawara sempat melakukan aksi besar-besaran untuk membersihkan salah satu pantai terkotor di Indonesia, yaitu Pantai Labuan yang ada di Pandeglang, Banten. Mereka pun mengajak berbagai kalangan hingga akhirnya dapat melibatkan warga sekitar, pemuda, petugas kebersihan, hingga instansi pemerintah seperti ASN dan polisi.

Setelah turun ke berbagai lokasi di Pulau Jawa, kali ini Pandawara melakukan aksi besarnya di Lampung. Tepatnya di Pantai Sukaraja, Bandar Lampung, yang disebut-sebut sebagai pantai terkotor kedua di Indonesia.

Mereka pun mencari 1000 orang dari Lampung yang tertarik untuk membantu aksinya tersebut untuk membersihkan sampah yang sudah menumpuk sejak lama, entah itu sampah organik maupun anorganik.

Gotong Royong Pandawara Group dan Warga Bersihkan Pantai Labuan, Pemda Kecolongan?

Dalam sebuah unggahan video TikTok mereka yang hampir ditonton 30 juta kali telaksanannya pun akan dilakukan pada hari Senin ini.

"Untuk kegiatannya akan dilakukan pada tanggal 10 Juli 2023. Dimulai dari pukul 07.00 WIB," ujar Pandawara.

Video tersebut menunjukkan betapa kotornya pantai tersebut dengan sampah yang sudah benar-benar tidak terurus lagi. Sejauh mata memandang, tumpukan sampah yang didominasi oleh sampah plastik tersebut bisa dikatakan cukup tinggi. Sampah-sampah tersebut juga mencemari air sehingga kelihatan benar-benar keruh.

Pandawara mengungkapkan kekecewaannya akan pantai yang benar-benar tidak diperhatikan kebersihannya. Mereka sangat menyayangkan kesadaran orang-orang yang tidak memiliki kepedulian akan lingkungan di sekitarnya.

"Lagi-lagi kita mendapatkan tempat yang sama (kotornya). Tempat ini menjadi korban dari acuhnya kita terhadap lingkungan. Kita perlu kolaborasi antar seluruh masyarakat maupun pemerintah untuk menanggulangi maslah ini," ujar anggota Pandawara lain.

Pada hari pelaksanannya, mereka pun berhasil menggaet warga untuk gotong royong membersihkan sampah-sampah yang ada di Jalan Ikan Selar tersebut. Antusiasme warga terlihat dari semangat mereka untuk bahu-membahu mengangkat tumpukan sampah meskipun cuaca sempat hujan tadi pagi. Aksi ini juga turut disiarkan secara langsung pada TikTok Pandawara.

Ekskavator juga turut dikerahkan untuk membantu mempercepat pengangkutan sampah. Tak cuma warga, Pandawara juga berhasil mendapatkan perhatian dari pihak Brimob Lampung, bahkan Eva Dwiana selaku Wali Kota Bandar Lampung juga terlihat ikut turun ke lapangan

"Jaga lingkungan di sekitar kalian, atau kita yang harus datang ke daerah kalian masing-masing," kata salah satu anggota Pandawara.

Keren! Ini 4 Fakta Menarik Komunitas Peduli Lingkungan Pandawara Group

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini