Aksi Nyata Pandawara Group dalam Menjaga Lingkungan

Aksi Nyata Pandawara Group dalam Menjaga Lingkungan
info gambar utama

Baru-baru ini Pandawara Group menjadi sorotan publik di media sosial, lantaran kelima pemuda itu berhasil membersihkan sampah di Pantai Sukaraja Provinsi Lampung yang dinobatkan menjadi pantai terkotor kedua di Indonesia.

Sebelumnya Pandawara Group berhasil membersihkan Pantai Labuan di Banten yang mempunyai predikat pantai terkotor pertama di Indonesia, dan berhasil dibersihkan dengan sekejap. Setelah dari Banten, Pandawara Group beralih ke Pantai Sukaraja di Lampung.

baca juga: Viralnya Pandawara Group, Inspirasi Anak Muda Pecinta Lingkungan

Di akun media sosialnya, Pandawara Group mengajak warga lampung untuk terjun langsung dalam membersihkan pantai Sukaraja. Aksinya mampu kerahkan ribuan warga lampung untuk bersihkan bibir Pantai Sukaraja. Aksi pembersihan Sukaraja dimulai pada pukul 07.00 WIB senin (10/7/2033).

Dari informasi yang dibagikan Pandawara Group di Instagramnya, menurut laporan kepolisian setidaknya terdapat lebih dari 3.700 orang yang turut serta dalam pembersihan pantai Sukaraja. Seluruh elemen masyarakat hingga aparat terlihat ikut terjun dalam kegiatan tersebut.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandar Lampung menyebutkan sebanyak 300 ton sampah berhasil diangkat dari kegiatan bersih-bersih di pantai Sukaraja bersama masyarakat.

"Total ada 300 ton sampah yang berhasil dibersihkan selama dua hari kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Sukaraja" ujar Kepala DLH Bandarlampung Budiman P Mega, dikutip dari Antaranews.

Keberhasilan aksi ini menjadi bukti nyata komitmen dan konsistensi Pandawara Group dalam menjaga kebersihan dan kelestarian alam di Indonesia. Progres perubahan pantai Sukaraja masih jauh dari kata bersih dan memerlukan waktu dan proses yang panjang.

"Terlepas dari mana sampah itu berasal. Pada intinya semuanya adalah tanggung jawab kita bersama," ujar Pandawara Group pada video di akun instagramnya.

Pandawara Group tidak hanya berhenti pada satu aksi saja. Mereka terus melanjutkan upaya mereka dengan menjalankan aksi-aksi nyata untuk membersihkan sungai dan pantai di berbagai lokasi di Indonesia. Ini membuktikan bahwa setiap sungai atau pantai bisa dikembalikan ke keadaan semula.

baca juga: Keren! Ini 4 Fakta Menarik Komunitas Peduli Lingkungan Pandawara Group

Pandawara Group Lahir dari Keresahan Akan Banjir

Pada mulanya Aksi Pandawara Group di media sosial, berangkat dari keresahan mereka akibat rumahnya sering terkena banjir akhirnya mereka turun ke lapangan untuk membersihkan sunga-sungai yang ada di sekitar rumah mereka, dengan menggunakan peralatan seadanya.

Pandawara Group mengunggah kontennya di TikTok, tujuannya bukan untuk validasi melainkan untuk mengingatkan anak-anak muda dan masyarakat secara luas untuk bisa menjga kebersihan sungai. Pandawara Group terdiri dari lima orang, yaitu Gilang, Ikhsan, Rafli, Agung, dan Rifki

Konten pertama mereka di Tiktok pun menuai banyak respon positif. Hingga akhirnya mereka rutin untuk membersihkan sungai-sungai yang dari awalnya di sekitara kecamatan hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

pada tahun 2022 Pandawara Group dinobatkan sebagai salah satu TikTok Local Heroes dalam "Year on TikTok 2022" penobatan mereka tersebut karena mampu menginspirasi dan memberikan pengaruh positif bagi masyarakat, khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Aksi nyata yang dilakukan Pandawara Group untuk menjaga lingkungan membuat semua orang tertampar bagaimana pentingnya untuk menjaga lingkungan kita tetap bersih, tidak hanya enak dipandang. dengan lingkungan yang bersih tentunya kawasan menjadi lebih sehat dan dijauhkan dari bahaya alam seperti banjir.

"Ini bukan hanya tentang Lampung, tapi ini tentang Indonesia tercinta," ujar Pandawara Group dalam video di akun Instagram-nya. Menyadarkan semua orang betapa pentingnya menjaga lingkungan, bukan hanya tanggung jawab sepihak melainkan tanggung jawab bersama.

Kawan GNFI, jangan mencari siapa yang salah dan siapa yang benar, untuk bisa menjaga lingkungan dan kelestarian alam kita yang kaya ini, semua orang harus berpartisipasi dan memiliki kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan.


referensi :

https://www.antaranews.com/berita/3627816/300-ton-sampah-berhasil-diangkut-dari-pantai-sukaraja-bandarlampung

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini