Viralnya Pandawara Group, Inspirasi Anak Muda Pecinta Lingkungan

Viralnya Pandawara Group, Inspirasi Anak Muda Pecinta Lingkungan
info gambar utama

Pandawara Group sempat menjadi trending topic di Twitter pada (10/7) lalu. Pasalnya, kelompok pemuda asal Bandung, Jawa Barat ini berhasil mengerahkan ribuan orang untuk membersihkan salah satu pantai terkotor di Indonesia. Pantai itu ialah Pantai Sukaraja yang berada di Lampung Selatan.

Dua hari sebelum aksi tersebut terlaksana, Pandawara Group mengumumkan adanya aksi bersih pantai tersebut melalui video yang mereka unggah di lama Instagram dan TikTok. Dalam narasinya, mereka meminta seribu masyarakat Lampung untuk membantu proses pembersihan. Tak diduga, jumlah yang hadir justru mencapai tiga kali lipat. Lantas, apa saja sih yang istimewa dari kelompok anak muda ini?

Pandawara Group Sempat Viral Sebelumnya

Pandawara Group dalam podcast bersama Denny Sumargo. | Foto: Yoursay
info gambar

Ini bukan kali pertama bagi Pandawara Group untuk viral di berbagai media. Sebelumnya, berita mengenai kelompok anak muda ini sempat diulas di beberapa situs. Mereka juga berkesempatan hadir di acara podcast milik artis Denny Sumargo.

Memang, Pandawara Group telah memulai sepak terjangnya dalam menjaga kebersihan lingkungan sejak bulan Agustus 2022. Semua bermula dari keresahan mereka atas banjir yang terjadi di daerah mereka tinggal. Kelima anggota Pandawara merupakan pemuda yang berdomisili di daerah Kopo, Bandung.

Berangkat dari keresahan tersebut, Pandawara Group mulai membersihkan sampah yang diduga menyumbat aliran air sungai. Meski tak lantas menimbulkan hasil signifikan, mereka tetap terus memupuk motivasi untuk membersihkan lingkungan di area lain.

Baca juga:Gotong Royong Pandawara Group dan Warga Bersihkan Pantai Labuan, Pemda Kecolongan?

Kelima Anggota Pandawa Group Bersahabat Sejak SMA

Kebersamaan Pandawara Group | Foto: Jambi Ekspres
info gambar

Tak hanya berdomisili sama, ternyata kelima anggota Pandawara Group merupakan lima sekawan yang telah bersama sejak masa SMA. Kelimanya adalah Rafli, Agung, Gilang, Iksan, dan Rifki.

Nama Pandawara sendiri mereka ambil dari kisah Mahabarata dan kosa kata bahasa Sunda. Panda berarti lima dan wara berarti baik. Harapannya, Pandawara dapat mencerminkan lima orang pemuda yang menebar kebaikan.

Pandawara Group Berhasil Menghimpun Ribuan Relawan

Kondisi Pantai Sukaraja sebelum ada aksi pembersihan. | Foto: Detik.com
info gambar

Pada aksi kebersihan di Pantai Sukaraja kemarin, Pandawara Group berhasil menghimpun lebih dari 3700 relawan dengan total sampah yang berhasil dibersihkan seberat lebih dari 300 ton. Para nelayan di sekitar pantai mengaku senang, karena permasalahan sampah tersebut telah mengganggu selama bertahun-tahun.

Sontak, akun media sosial milik Pandawara Group banjir komentar dukungan dari para warganet. Tak hanya itu saja, tokoh-tokoh ternama seperti artis dan pejabat juga turut mengapresiasi aksi kelompok tersebut.

Sebelumnya, kelompok anak muda ini juga sudah menerima beberapa penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan The Best Green Communication 2023 dari ajang Indonesian Green Awards. Tak hanya mendapatkan trofi dan sertifikat, masing-masing anggota Pandawara Group juga menerima sebuah sepeda onthel klasik serta tas kulit bertuliskan nama mereka.

Baca juga:Aksi Bersihkan Sungai dari Sampah oleh Anak Muda Masa Kini Ala Pandawara Group

Harapan Pandawara Group untuk Masyarakat Indonesia

Suasana pembersihan Pantai Sukaraja dari sampah oleh Pandawara Group dan para sukarelawan. | Foto: Depok Pikiran Rakyat
info gambar

Sejak kembali viral melalui aksi di Pantai Sukaraja, pengikut media sosial Pandawara Group pun tampak meningkat. Akun Instagram mereka, @pandawaragroup, kini telah memiliki lebih dari 1,5 juta pengikut dan telah terverifikasi.

Meski begitu, harapan utama mereka bukanlah ketenaran. Adanya unggahan konten yang rutin mereka buat adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan kebersihan lingkungan. Terlebih aksi yang mereka lakukan juga bukanlah tanpa risiko keamanan, sehingga memang membutuhkan bantuan dari para relawan.

Baca juga:Problematika Sampah Di Dusun Cebongan, Ubah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan

Tenarnya Pandawara Group berikut aliran dukungan yang kini membersamainya merupakan kabar baik yang perlu kita syukuri. Sebab, hal itu adalah pertanda bahwa masih banyak masyarakat yang peduli dengan kelestarian lingkungan. Utamanya dalam pengelolaan sampah yang banyak menimbulkan gangguan bagi aktivitas sehari-hari. Semoga kelompok anak muda hebat ini bisa menginspirasi Kawan untuk turut berkontribusi menjaga lingkungan, ya!

Sumber referensi:

  • https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1016317370/menginspirasi-pandawara-grup-dapat-sepeda-onthel-dan-penghargaan-indonesia-green-award-2023-penghargaan-apa
  • https://www.orbitindonesia.com/humaniora/5449430583/profil-dan-fakta-menarik-pandawara-group-5-orang-pahlawan-lingkungan-yang-menggebrak-kesadaran-masyarakat
  • https://narasi.tv/read/narasi-daily/siapa-pandawara-group

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini