Mengenal 4 Musisi Legendaris Indonesia di Era 90-an

Mengenal 4 Musisi Legendaris Indonesia di Era 90-an
info gambar utama

Di era 90-an Indonesia memiliki banyak musisi bertalenta. Di era tersebut banyak sekali musisi legendaris bermunculan, tidak hanya meraih popularitas, tetapi juga meninggalkan jejak yang tak terlupakan dalam sejarah musik Indonesia.

Di era yang serba digital ini tidak memadamkan popularitas dari lagu-lagu yang diciptakan oleh para musisi legendaris Indonesia di era 90-an. karya-karya mereka masih sering diputar di platform musik digital. Bahkan musisi legendaris Indonesia di era 90-an menjadi kiblat bagi para musisi sekarang untuk berkarya.

Kawan GNFI sudah tahu siapa saja musisi legendaris Indonesia di era 90-an itu? yuk! kita mengenal lima musisi legendaris Indonesia di era 90-an yang sering mengisi telinga kita dengan melodi yang indah dan lirik yang menghanyutkan.

baca juga: Musisi Tanah Air Sukses Kenalkan Musik Indonesia di Indonesian Music Night Tokyo

Chrisye

Penyanyi bernama lengkap Chrismansyah Rahardi laki-laki kelahiran 6 September 1949 dan wafat tanggal 30 Maret 2007. Chrisye memiliki suara yang sangat khas dan banyak penggemar dari berbagai kalangan. mengutip dari Biografiku.com. Sebelum memulai karir solonya Chrisye bergabung bersama Gipsi Band pada tahun 1968-1969 sebagai bassis sekaligus vokalis.

Di tahun 1977, menjadi awal mula karir solonya. Dalam waktu yang singkat namanya langsung meroket sebagai musisi legendaris Indonesia. Sepanjang kurun era 1980-an hingga memasuki tahun 2000 bahkan sampai sekarang, nama Chrisye tak pernah tenggelam.

Semasa karirnya, Chrisye berhasil meraih beberapa penghargaan, mulai dari BASF Awards (1993), SCTV Lifetime Achievement (2007), dan gelar musisi terbaik nomor 3 sepanjang masa dari Rolling Stone Indonesia (2011).

baca juga: Chrisye, Musisi Indonesia yang Tak Lekang Oleh Waktu

Iwan Fals

Penyanyi dengan nama asli Virgiawan Listanto lahir di Jakarta, 3 September 1961. Karya-karya dari Iwan Fals sangat lekat dengan karya-karyanya yang memelopori lagu-lagu politis Indonesia. Perjalan musik Iwan Fals dimulai ketika sekolah di Bandung. Iwan Fals mulai ngamen saat duduk di bangku SMP. Dengan memegang prinsip hidup mengalir dan memandang hidup dengan sederhana maka tercipta lagu dengan lirik-lirik yang lucu, penuh humor, serta bisa membuat orang bahagia.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia lagu-lagu dari Iwan pun banyak mengambil dari potret kehidupan di akhir tahun 1970-an. Banyak hal yang menjadi tema lagunya misalnya kritik atas DPR yang dituangkan dalam lagu Wakil Rakyat, nasib guru dalam Oemar Bakrie, dan masih banyak lagi.

Fakta unik nih Kawan, beberapa konser Iwan Fals pernah dilarang oleh pemerintah, dan sempat membuatnya diawasi oleh Rezim Orde Baru. Namun hal itu tidak menjadikan Iwan Fals gentar, ia terus membuat karya-karyanya dan berhasil menyabet beberapa penghargaan selama ia berkarir.

Nike Ardilla

Perempuan kelahiran Bandung, 27 Desember 1975 dengan nama asli Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi ini merupakan penyanyi Indonesia paling populer di zamannya. Bahkan ia dijuluki sebagai Ratu Rock Indonesia semasa hidupnya.

Tak hanya pandai dalam bernyanyi Nike Ardilla juga merupakan seorang aktris film yang sukses, terbukti dengan film-filmnya seperti "Kasmaran" dan "Ricky Nakalnya Anak Muda" yang menjadi film sukses pada zamannya.

Banyak prestasi yang didapatkan semasa hidupnya salah satunya penghargaan BASF Awards 1990 kategori Best Selling Album yang dimenangkan Nike Ardilla untuk album Bintang Kehidupan. Namun ditengah popularitasnya sebagai penyanyi, ia meninggal dunia dalam usia muda yakni 19 tahun dalam sebuah kecelakaan.

Rhoma Irama

Rhoma Irama, atau lebih dikenal sebagai Raja Dangdut, merupakan salah satu musisi legendaris Indonesia yang telah mengukir namanya dalam sejarah musik tanah air. Lahir pada tanggal 11 Desember 1946 di Tasikmalaya, Rhoma Irama telah menginspirasi jutaan pendengar lewat lagu-lagunya yang menghanyutkan, dan menyuarakan pesan-pesan sosial melalui musiknya.

Rhoma Irama memulai kariernya di dunia musik pada awal tahun 1960-an. Ia bergabung dengan grup musik Orkes Melayu Purnama. Namun kesuksesan Rhoma Irama diraih di era 70-an bersama grup musik Soneta. Dengan lagu-lagunya yang hits menjadikan Rhoma Irama sebagai ikon musik dangdut yang tak tergantikan.

Rhoma Irama menjadi sosok yang menghadirkan musik dangdut ke tingkat kesuksesan yang pernah terjadi sebelumnya. Lewat suara emas dan lagu lagunya, ia telah merajut hubungan yang erat antara musik dan masyarakat Indonesia.

baca juga: Mengenang Kembali Didi Kempot, Musisi Legendaris yang Dikenang oleh Google Doodle

Mereka adalah musisi legendaris Indonesia di era 90-an yang telah memberikan karya-karya terbaiknya dalam sejarah musik Indonesia. Melalui alunan dan lirik yang menyayat hati dari lagu mereka Kawan diajak untuk bernostalgia dan merasakan keindahan musik Indonesia yang beragam.


referensi:

https://www.biografiku.com/biografi-chrisye/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini