Intip Keseruan AIESEC Future Leaders (AFL) AIESEC in Unila Summer Peak 2023

Intip Keseruan AIESEC Future Leaders (AFL) AIESEC in Unila Summer Peak 2023
info gambar utama

AIESEC in Unila telah melaksanakan AIESEC Future Leaders (AFL) dengan jumlah peserta 59 orang. AIESEC Future Leaders (AFL) adalah program yang memberikan pembinaan pemuda dalam bentuk komunitas untuk mengembangkan peran kepemimpinan dalam masyarakat. AFL adalah program 3 bulan yang terdiri dari sesi pengembangan keterampilan dimana peserta dapat menerima pembinaan untuk soft skill & hard skill yang tercantum dalam kurikulum AFL.

Program AFL memberikan pengalaman belajar yang memperkaya melalui kombinasi sesi online dan offline. Agenda sesi AFL terdiri dari 5th Bi-Weekly, AFL Bonding Space, Special Track Activity, dan Networking Space, serta ditutup dengan LC-Debrief, dan National Graduation.

AFL AIESEC in Unila memberikan pengayaan kurikulum pada project plan 101, dimana peserta mendapatkan materi tentang decision making, public speaking, project management, dan bagaimana menumbuhkan organic social media sesuai target market. Peserta juga diberikan kesempatan untuk merancang dan membuat project plan 101 bersama kelompoknya yang akan dipresentasikan kepada narasumber pada Bi-weekly 5.

Dalam AFL AIESEC edisi Unila Summer Peak 2023 ini, dimulai pada tanggal 7 April 2023 dengan sesi Induction yang dilaksanakan secara online. Sesi Induction bertujuan untuk memperkenalkan apa itu AIESEC, tujuan AIESEC dan penjelasan singkat tentang AFL. Memperkenalkan tim AFL, dan mengalokasikan homegroup pelatih dan peserta.

CfDS UGM Edukasi Ratusan Mahasiswa tentang Fintech, Gandeng OJK dan ALAMI

AIESEC Future Leaders Bagikan Pengalaman Seru Sambil Belajar

Keesokan harinya setelah Induction, AIESEC Future Leaders (AFL) mengadakan 1st Bi-Weekly Session secara online dengan tema "The Art of Decision Making" yang dibawakan oleh Miss Indonesia Lampung 2022, Shaqilla Vianta Azzana. Pada sesi ini para peserta mendapatkan materi mengenai langkah-langkah bagaimana cara mengambil keputusan yang baik.

Unila Summer Peak 2023 | Sumber: dokumentasi pribadi
info gambar

Pada tanggal 15 April 2023, para peserta mendapatkan materi soft skill lainnya yaitu tentang Public Speaking dengan tema "The Essential of Having Public Speaking Skills". Pada sesi ini materi disampaikan oleh Indrianita Nurulita, HRBP Emina Lampung. Materi yang disampaikan mengenai hal-hal penting yang harus diperhatikan saat berbicara di depan umum.

Program AFL juga memfasilitasi kesempatan networking yang berharga. Bonding Space merupakan salah satu sesi networking yang diadakan agar para peserta dan coach dapat lebih terlibat dalam membina hubungan yang lebih bermakna di antara mereka. Selain itu, pada sesi ini AFL juga menyediakan ruang networking internasional melalui kolaborasi virtual dengan AIESEC di DLSU-M Filipina melalui Zoom.

Dan juga, AIESEC di Indonesia menyediakan ruang networking nasional untuk semua LC yang mengadakan program AFL. Pada sesi ini, para peserta memiliki ruang yang lebih luas untuk berinteraksi dengan peserta dari LC lain dan mendapatkan wawasan dari pembicara yang hebat.

5 Alasan Wajib Install Threads, Aplikasi Terviral dari Mark Zuckerberg!

Memasuki bulan ke-2, AFL mengadakan sesi yang dapat meningkatkan hard skill para peserta. Para peserta difokuskan pada manajemen proyek dan pemasaran media sosial. Untuk manajemen proyek, sesi ini disampaikan pada tanggal 6 Mei oleh Reykha Mega Pratiwi, seorang Program Strategist di Diaspora Mengajar. Dengan tema "Change your Idea into a Project", Reykha menyampaikan materi mengenai persiapan untuk mengadakan proyek yang meliputi kegiatan pre-Day dan post-Day.

Di bulan kedua, AFL juga menyediakan sesi networking space yang dinamakan "LC2LC" pada tanggal 14 Mei 2023 yang diadakan secara online, yang memungkinkan peserta untuk berinteraksi dengan peserta AIESEC lainnya dari Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Sebelas Maret, dan Universitas Andalas.

Setelah mendapatkan materi mengenai manajemen proyek, selama dua minggu ke depan, para peserta mendapatkan wawasan mengenai bagaimana para peserta mempromosikan rencana proyek mereka melalui media sosial melalui sesi "How to Start Social Media Marketing" oleh Safa Alatas, seorang Marketing Manager di Algoritma.

Sesi Pelatihan tentang Penggunaan Aplikasi Digital

Bulan ketiga dan terakhir dari AFL berfokus untuk memberikan ruang bagi para peserta untuk mengimplementasikan kemampuan mereka setelah semua hal yang mereka dapatkan. Ruang ini disebut The Special Track Activity, dengan tema "Berani Beraksi Berani Melangkah Lebih Jauh".

Touchpoint pertama dari Special Track Activity diadakan pada tanggal 3 Juni 2023. Di ruang ini, para peserta dan pelatih diedukasi tentang bagaimana memanfaatkan Google Workspace untuk perencanaan, pengorganisasian proyek mereka, dan persiapan singkat yang harus dilakukan untuk presentasi akhir mereka tentang Project Plan 101 di Bi-Weekly ke-5.

Sentuhan ke-2 dari Special Track Activity adalah ruang bagi semua homegroup untuk melanjutkan persiapan mereka mulai dari brainstorming dan juga memperbaiki presentasi mereka.

Pada Bi-Weekly ke-5, seluruh homegroup mempresentasikan ide proyek mereka kepada pembicara, yaitu Marlis Trio Akbar. Sebelum presentasi, pembicara memberikan sedikit materi tentang manajemen proyek dan pemasaran media sosial, ruang ini bertujuan untuk mengingatkan kembali materi sebelumnya. Sesi ini diadakan secara offline pada tanggal 17 Juni 2023, sebenarnya sesi ini menjadi sesi yang paling lama dari semua sesi karena waktu keseluruhan untuk 5th Bi-Weekly lebih dari 3 jam.

Mengamati Semburan Kawah Oro Oro Kesongo, Benarkah Seperti Lumpur Lapindo?

AFL Berikan Dukungan kepada Peserta dalam Kepemimpinan

Setelah semua sesi Bi-Weekly dan Special track, AFL memberikan sesi dukungan khusus kepada para peserta melalui "Activating Leadership Support". Sesi ini bertujuan untuk membantu peserta memetakan perjalanan kepemimpinan mereka selanjutnya setelah mengikuti program AFL. Dukungan yang bisa mereka dapatkan adalah AFL Coach, Local Project, AIESEC Membership, dan AFL Ambassador. Dengan dukungan ini, peserta AFL mendapatkan beberapa keuntungan berdasarkan masing-masing dukungan.

LC-Debrief merupakan touchpoint terakhir dalam LC antara tim AFL, pelatih, dan peserta. Ruang ini diadakan secara online pada tanggal 26 Juni 2023. Dan titik kontak terakhir dari para peserta AFL adalah National Graduation AFL, yang diadakan secara online pada tanggal 9 Juli 2023. Akhirnya, para peserta AFL lulus dari perjalanan AFL ini, ruang ini diselenggarakan oleh tim nasional. Di ruang ini semua peserta dari semua LC hadir untuk mendapatkan peningkatan dan secara resmi menjadi alumni AFL.

AIESEC in Unila memberikan apresiasi kepada seluruh peserta atas keterlibatan aktif mereka dan mengakui dampak AFL yang abadi dalam perjalanan pribadi dan profesional mereka. AFL tidak hanya membekali mereka dengan pengetahuan yang berharga dan keterampilan yang penting, tetapi juga menciptakan kenangan abadi yang akan membentuk masa depan mereka sebagai pemimpin yang luar biasa.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini