Berwisata di Kawah Sikidang Dieng

Berwisata di Kawah Sikidang Dieng
info gambar utama

Kawah Sikidang merupakan objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia. Dieng adalah dataran tinggi yang terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk kawah-kawah vulkanik, seperti Kawah Sikidang.

Kawah ini menjadi kawah aktif paling besar yang ada di Dataran Tinggi Dieng dengan satu telaga air panas dan lapangan celah gas yang titik-titiknya selalu berpindah tempat. Akibat fenomena tersebut, masyarakat sekitar menyebut kawah ini sebagai kijang atau dalam bahasa Jawa disebut juga “kidang” yang senang melompat-lompat.

Nah, untuk Kawan yang menyukai petualangan alam dan eksplorasi fenomena geologi, Kawah Sikidang bisa jadi pilihan. Lebih jelasnya, simak keindahan alam, fasilitas, harga, dan rute ke Kawah Sikidang berikut ini!

Mitos Malam Satu Suro dan Tradisi Awal Tahun Penanggalan Jawa

Keindahan Alam di Kawah Sikidang

Kawah Sikidang menyuguhkan pengalaman wisata alam yang istimewa bagi para pengunjung. Berikut ini beberapa keindahan alam dan spot wisata yang disediakan saat mengunjungi Kawah Sikidang.

1. Pemandangan Kawah

Kawah Sikidang
info gambar

Kawah Sikidang menawarkan pemandangan indah dengan kedalaman kawah yang terbuka luas. Garis-garis kontur dan lereng-lereng kawah menyajikan pemandangan yang eksotis bagi para pengunjung. Meskipun bau gas belerang keluar dari kawah, uap panas yang mengepul dari celah-celah tanah memberikan pengalaman menarik bagi wisatawan.

2. Banyak Spot Wisata Menarik

Saat berkunjung ke Kawah Sikidang, Kawan dapat mencoba berbagai macam wahana penuh adrenalin yang bisa dicoba secara langsung, seperti flying fox dengan lintasan melewati kawah, ATV, motocross di lokasi kawah yang penuh bebatuan, hingga berkuda yang dapat memacu adrenalin.

Tak perlu takut, pemilik kuda akan menemanimu untuk menikmati keindahan kawah saat berkuda. Selain itu, banyak spot foto alam yang indah pun dapat Kawan coba secara langsung tanpa tambahan biaya.

Pesona Alam dan Keajaiban Budaya di Kalurahan Banjarsari, Kulon Progo

3. Spot Merebus Telur

Merebus Telur
info gambar

Jika biasanya Kawan merebus telur menggunakan satu panci air yang dipanaskan di atas kompor, di Kawah Sikidang, Kawan dapat merebus telur dalam air panas yang memiliki suhu tinggi mendekati titik mendidih secara cepat, lho.

Caranya cukup mudah, masukkan telur mentah ke dalam plastik dan diikat dengan kayu. Kemudian, masukkan telur ke sumber air panas hingga matang. Hanya dalam waktu 5 menit saja, telur matang siap disantap secara langsung.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng Tahun 2023

Kawah Sikidang buka setiap hari jam 08.00-16.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Bagi yang membawa kendaraan, kamu akan dikenakan biaya parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Harga tiket yang terjangkau, bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin berlibur bersama teman, pasangan, dan keluarga.

Lokasi dan Rute menuju Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang terletak di kawasan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia. Untuk mencapai Kawah Sikidang, berikut adalah beberapa rute yang bisa diikuti dari beberapa kota terdekat:

Dari Wonosobo:

  • Rute Pertama (melalui Batur):
    • Dari Wonosobo, arahkan kendaraan menuju Batur, Dieng.
    • Setibanya di Batur, ikuti jalan menuju Kawah Sikidang Dieng.
  • Rute Kedua (melalui Dieng Plateau):
    • Dari Wonosobo, arahkan kendaraan menuju Dieng Plateau.
    • Di Dieng Plateau, ikuti petunjuk menuju Kawah Sikidang, karena biasanya ada petunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan ke berbagai destinasi di kawasan Dieng.

Dari Semarang:

  • Dari Semarang, Kawan dapat mengambil rute menuju Wonosobo.
  • Setelah tiba di Wonosobo, lanjutkan dengan mengikuti salah satu rute dari Wonosobo seperti yang dijelaskan di atas.

Dari Yogyakarta:

  • Dari Yogyakarta, arahkan kendaraan menuju Wonosobo melalui Magelang.
  • Setelah tiba di Wonosobo, ikuti salah satu rute dari Wonosobo seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Untuk mencapai Kawah Sikidang, Kawan dapat menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum, atau bergabung dengan tur wisata yang ditawarkan di kawasan Dieng.

Spot Terbaru di Kawah Sikidang

Jembatan Kayu
info gambar

Tak hanya aneka spot wisata yang memacu adrenalin, Kawah Sikidang memiliki spot terbaru yang lebih menarik bagi wisatawan, yakni boardwalk atau jembatan kayu yang indah. Kawan dapat berjalan di atas jembatan kayu yang memanjang dan berkelok di sekitar kawah. Kini, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam Kawah Sikidang lebih dekat sekaligus lebih estetik.

Nah, itu dia keindahan alam Kawah Sikidang Dieng yang menyuguhkan keindahan alam unik dengan berbagai spot menarik yang disediakan. Kawah ini sangat cocok sebagai destinasi wisata pilihan untuk menghabiskan akhir pekan. Tertarik untuk mengunjunginya?

Kisah Perjuangan Habibie dan Ainun Bertahan Hidup di Jerman

Sumber:

https://cityhyangdiengtour.com/harga-tiket-masuk-wisata-dieng/

https://www.tempatwisata.pro/wisata/Kawah-Sikidang

https://www.idntimes.com/travel/tips/mimar-fakhruddin-1/wisata-kawah-sikidang-c1c2#google_vignette

https://sikidang.com/kawah-sikidang/#Spot_Wisata_di_Kawah_Sikidang

https://jateng.tribunnews.com/2020/12/12/spot-baru-wisata-dieng-sensasi-jalan-kayu-di-kawah-sikidang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Zihan Berliana Ram Ghani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Zihan Berliana Ram Ghani.

ZG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini