Pulau Labengki Suguhkan Pemandangan yang Memesona Bak Raja Ampat!

Pulau Labengki Suguhkan Pemandangan yang Memesona Bak Raja Ampat!
info gambar utama

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan keindahan gugusan pulau dan bukit-bukit kecil di Raja Ampat yang menjadi ikonik dan tempat wisata idaman, baik bagi wisatawan domestik maupun internasional. Sejuta keindahan alam, terutama pesona bawah laut di Raja Ampat memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, tahukah kamu kalau Sulawesi Tenggara juga memiliki objek wisata alam serupa yang tidak kalah memesona?

Pulau Labengki yang terletak di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara dianggap memiliki kemiripan dengan keindahan Raja Ampat, loh. Deretan perbukitan, gugusan pulau-pulau kecil yang membentang, panorama laut, serta keindahan pantai berpasir putihnya pasti akan membuat siapa pun yang menginjakkan kaki di tempat ini jatuh hati!

Menikmati Rinding Allo, Desa Wisata di Sulawesi Selatan yang Berselimut Kabut
(*Image credit: https://getlost.id/)
info gambar

Lalu, bagaimana cara mencapai Pulau Labengki? Dari Kota Kendari, ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, Kawan GNFI masih perlu menempuh perjalanan berjarak 55 kilometer untuk menikmati keindahan pulau ini. Kamu bisa menggunakan jasa transportasi mobil untuk menuju ke penyeberangan Toli-Toli, Kabupaten Konawe.

Dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan speed boat berdurasi dua hingga empat jam. Tak hanya sampai itu, kamu juga masih perlu melakukan tracking dari Nirwana Resort ke puncak gunung untuk menikmati keindahan miniatur Raja Ampat tersebut. Namun, tenang saja, perjalanan yang cukup jauh dan panjang ini tentu akan terbayar dengan keindahan yang disuguhkan!

Memang sudah bukan rahasia lagi jika pesona bahari di Indonesia bagian Timur selalu memberikan kejutan dengan sejuta keindahannya. Pulau Labengki termasuk salah satu yang menawarkan keindahan bawah laut yang berbeda dan unik.

Pulau Labengki memiliki gugusan pulau di tengah laut yang menjadikan panoramanya mirip dengan Raja Ampat atau tepatnya di Pulau Wayag. Selain itu, pulau ini juga memiliki spot istimewa yang disebut dengan Teluk Cinta.

Pantai Gandoriah, Wisata Eksotis dan Rumah Festival Hoyak Tabuik

Teluk Cinta menjadi spot swafoto favorit bagi wisatawan yang datang. Teluk berbentuk mirip hati tersebut dapat dinikmati dengan dua cara, pertama dengan tracking ke puncak bukit dan kedua dengan menerbangkan drone. Yang perlu kamu tahu ketahui adalah bentuk hati yang romantis ini hanya bisa dilihat dari ketinggian, yang mengharuskan wisatawan naik ke puncak bukit dengan kondisi medan jalan yang cukup terjal. Pemandangan teluk cinta berbentuk hati yang romantis bakal menambah momen perjalanan di pulau ini menjadi lebih berkesan.

(*Source: https://getlost.id/)
info gambar

Perairan Labengki akan menyuguhkan warna-warni terumbu karang dengan aneka spesies ikan cantik yang berenang di sekitarnya. Di sini, kamu juga bisa bertemu dengan Kima atau salah satu jenis kerang raksasa dan terbesar di dunia yang ukurannya bisa mencapai hingga 50 cm!

Oleh sebab itu, kawasan perairan Labengki juga menjadi tempat penelitian dan konservasi.

Bagi Kawan GNFI yang gemar camping, kamu juga bisa merasakan sensasi tidur di atas hamparan pasir putih secara langsung dengan mendirikan tenda di pinggir pantai. Bersiaplah untuk menyapa pemandangan matahari terbit yang sangat cantik saat pagi tiba!

Sambil mengisi waktu, kamu bisa melakukan snorkeling dan melihat pesona keindahan bawah laut pulau ini secara langsung. Pulau Labengki juga menawarkan sederet aktivitas seru lainnya seperti diving dan mendayung perahu.

(*Source: https://getlost.id/)
info gambar

Selain memiliki kekayaan laut yang melimpah, terdapat pula spot memancing yang akan membuat kamu semakin betah. Ada banyak jenis ikan yang bisa ditangkap, seperti ikan kerapu, barakuda, tuna, hingga kakap merah. Karena pesonanya ini, tak berlebihan memang bila kita menyebut Pulau Labengki sebagai miniatur dari Raja Ampat.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk berlibur ke Pulau Labengki, pastikan untuk menyiapkan dan memperhitungkan beberapa hal, seperti fisik yang sehat, budget untuk berlibur, juga telah memesan tempat menginap terlebih dahulu. Gunanya agar tidak kesulitan saat berada di sana.

Bagaimana, sudah siap untuk memanjakan mata di surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, ini?

Transformasi Situ Bagendit: Dari Kisah Ibu-ibu Pelit hingga Jadi Tempat Wisata Kelas Dunia

*Referensi:

  • https://www.celebes.co/pulau-labengki
  • https://getlost.id/2019/02/24/9-alasan-kunjungi-labengki-di-2019/
  • https://getlost.id/2018/11/27/lakukan-6-kegiatan-ini-saat-berlibur-di-labengki/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini