Masyarakat di Pulau Enggano Gelar Acara Peringatan Satu Muharram 1445 H

Masyarakat di Pulau Enggano Gelar Acara Peringatan Satu Muharram 1445 H
info gambar utama

Muharram merupakan bulan pertama dalam susunan kalender Islam yang tahun ini jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023. Masyarakat Pulau Enggano menyelenggarakan kegiatan untuk memperingati 1 Muharram dengan berbagai macam kegiatan yang bertema “Mari Tingkatkan Iman, Taqwa, Amal, dan Pengabdian Kita kepada Allah SWT serta Membina Ukhuwah Islamiyah, Wathaniyah, dan Basariyah di Antara Kita”.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh masyarakat Pulau Enggano, mulai dari Desa Banjarsari, Desa Meok, Desa Apoho, Desa Malakoni, Desa Kaana, dan Desa Kahyapu. Desa Kahyapu menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan 1 Muharram 1445 H tahun ini.

Peringatan tahun baru hijriyah tersebut digelar selama 4 hari yang dimulai pada tanggal 23 hingga 26 Juli 2023. Acara ini diadakan agar masyarakat dapat memaknai adanya tahun baru islam, dengan peringatan yang islami pula juga. Selain itu, gelaran tersebut juga sebagai ajang silaturahmi antardesa di Pulau Enggano.

“Setelah sempat terhenti akibat covid, akhirnya kami dapat berkumpul kembali bersama dalam serangkaian acara untuk memperingati 1 Muharram 1445 H di Pulau Enggano ini. Dimana pada bulan muharram kali ini, mari kita jadikan sebagai bulan yang dipenuhi amalan shalih dan sarana refleksi diri,” ujar Mugiono, selaku ketua panitia dalam pembukaan acara.

Konservasi Terumbu Karang oleh Mahasiswa KKN-PPM UGM 2023 di Pulau Enggano, Bengkulu Utara

Pada 3 hari pertama, kegiatan diawali dengan serangkaian perlombaan, antara lain lomba MTQ, praktik salat berjamaah, cerdas cermat, tahfidz qur’an, hafalan do’a sehari-hari, adzan, ceramah, dan rebana. Selanjutnya, acara puncak di hari keempat diisi dengan ceramah oleh Ustadz H. Junaidi Hamsyah, M.Pd., santunan anak yatim, dan pembagian hadiah lomba. Kegiatan ini berdampak positif bagi masyarakat, hal ini terlihat dari antusias warga dalam memeriahkan acara yang ada.

Dokumentasi Pribadi
info gambar

Kegiatan ini tidak hanya mencakup masyarakat di Pulau Enggano saja. Para mahasiswa UGM dan UNIB yang sedang melaksanakan KKN ikut serta dalam acara peringatan 1 Muharram yang diadakan. Ada yang berpartisipasi sebagai panitia untuk membantu mempersiapkan kegiatan. Ada pula yang turut aktif sebagai perwakilan lomba dari masing-masing desa. Hal ini tentunya menjadi sarana untuk meningkatkan kebersamaan antar para mahasiswa dan masyarakat di Pulau Enggano.

Cerita KKN UGM Hari ke-16: Tamasya Bersama dan Pembelajaran Taman Baca Al Quran

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat bersemangat dalam mengikuti perlombaan yang diselenggarakan oleh panitia. Latihan yang dilakukan hingga hari perlombaan sangat dipersiapkan oleh masyarakat. Tiap desa mengirimkan perwakilan terbaiknya untuk turut serta dalam perlombaan yang ada, bahkan terbukti dengan penampilan yang matang dari masing-masing kafilah.

Tak heran kegiatan ini menjadi ajang yang mampu meningkatkan potensi yang ada di masing-masing individu dan solidaritas antar sesama. Masyarakat berbondong-bondong datang untuk menyemangati perwakilan tiap desanya dan memberikan sorakan untuk memeriahkan di tiap pertandingan yang sedang diadakan.

Salah satu mahasiswa KKN menyampaikan, “Kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan antusias yang luar biasa dari masyarakat. Bahkan masyarakat Desa Banjarsari yang berada di ujung pulau turut hadir di acara ini. Acara tahunan ini sangat memperlihatkan kebersamaan masyarakat di Pulau Enggano,” ucap Firman.

“Dengan adanya perlombaan rebana di acara 1 Muharram ini, ibu-ibu BKMT menjadi sering bertemu dan menghabiskan waktu bersama untuk latihan. Hal ini menjadi wadah bagi kami untuk mempererat tali silaturrahmi dan keakraban bersama adik-adik mahasiswa KKN juga,” terang Ayuk Ica, yang merupakan salah satu warga di Desa Apoho.

Kegiatan peringatan 1 Muharram tersebut diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempererat kebersamaan masyarakat Pulau Enggano. Selain itu, dengan terselenggaranya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih antusiasme dan lebih produktif mengingat masa pandemi yang telah menurunkan produktivitas masyarakat sehingga minimnya tingkat ketertarikan warga masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan yang ada.

Pendakian Gunung Prau KKN UGM JT-045 Unit Kecamatan Batur, Banjarnegara

Setelah terselenggaranya kegiatan peringatan 1 Muharram tersebut, kegiatan-kegiatan yang akan diadakan dalam waktu mendatang di Pulau Enggano dapat diikuti oleh banyak warga. Dengan demikian, akan tercipta keharmonisan dan kebersamaan satu Enggano.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KE
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini