Kreasi Onigiri sebagai Dukungan Gemarikan

Kreasi Onigiri sebagai Dukungan Gemarikan
info gambar utama

Indonesia merupakannegarakepulauan yang 62% wilayahnyaadalahperairan, dari total 1,905 km persegi luas Indonesia. Kelebihan yang dianugerahiTuhan kepada Indonesia inimembuatbanyaknyakeuntungan yang dapatdimanfaatkan.Dalamsegiekonomi, data dari KementerianPerdagangan (Kemendag) mengungkapkan bahwa Indonesia mengeksporrumputlautkeberbagai wilayah China, Korea, hinggaAmerika.Pemanfaatan lainnyaadalahdenganmengkonsumsiikanitusendiri. Sebab,terdapatbanyakkandungan yang baikbagitubuh.

Lantasmanfaatapa yang akankitadapatkandengan mengonsumsiikan? Salah satumanfaatpenting yang akankitadapatkanadalahdarisegikesehatan. KementerianKesehatan (2017) mengatakanbahwaikan merupakansumber protein hewanisertasumberlemak takjenuhseperti omega, yodium, selenium, zatbesi, dan kandunganbaiklainnya. Ini semua sangatbermanfaatuntuk tubuh.

Ikanjuga kaya dengannutrisiesensial. Nutri esensialsendiriadalahnutrisi yang tidak diciptakan dalamtubuhmanusiasehinggamemerlukanasupandari luar yang mengandungnutrisitersebut.Contohnyaadalah asamlemak omega-3, omega-6, dan omega-9. Semuanya sangatpenting dalamperkembanganotak yang nanti akan berpengaruhpada kecerdasanseseorang. Selain itu, juga bisa mencegahpenyakitjantungdan penyakitlainnya.

Mengenal Ikan Layar, Hewan Laut yang Bergerak Secepat Cheetah

Asamlemaktersebutjugapentingdalam pertumbuhanotakjanindalamrahim.Kandungannya jugapentinguntukperkembangananak di usiaemas,yaitu 1000 haripertamasetelahkelahiran. Sebab, dalamusia ini, anak-anakmemerlukanbanyaknutrisipenting. Seehinggatumbuhkembanganakdapatberlangsung denganbaik.

Setelahmengetahuipentingnyamengkonsumsiikan, apakahtingkatkonsumsiikan di Indonesia sudahbaik?

Sayangnyamasihbelum. Bilakitamembandingkan konsumsiikan di Jepang, tingkatkonsumsiikan di Indonesia masihtertinggaljauh.AnggotaKomisi IV DPR RI Slamet (2021), menyatakanbahwaKonsumsiikan di Jepang per tahunnyamencapai 140 kilogram per kapita.

Adapun di Indonesia sendiri, hanyamenargetkan 60 kilogram per kapita. Bahkan, di tahun 2020, Indonesiamenargetkan makanikanper kapitanya 'hanya'sebanyak 56 kilogram per tahun. Jelashalinimerupakanmasalah yang sedangdiupayakan pemerintah. Mengingatikanmerupakanbahanpanganyang mudahditemukan di Indonesia dengankandungan gizi yang tinggi.

Dalamrangkamenaikkankonsumsiikan di Indonesia, KementerianKesehatanmembuat program GEMARIKAN. GEMARIKAN adalahsingkatandari GerakanMemasyarakatkanMakanIkan. Harapannya, masyarakatsecaramandirimaupunkolektifmemiliki inisiatifuntukmengonsumsiikan.

Program inidilakukan denganmelakukanpromosi di berbagailembaga yang dapatmemiliki yang luasdanberhubunganlangsung denganmasyarakat.

Sebagaidukunganterhadap program GEMARIKAN, mahasiswa KKN-PPM UGM melakukanpengenalan onigirikepadawargaDusunKrebet.Onigirimerupaka nmakanankhasJepang yang umumdijumpai di toko atau swalayan.Bentuknyasegitigadancaramakannya yang praktis disertai isian yang bergizimerupakandayatarik utamamakananini.

Umumnya, onigiriterbuatdarinasi putihdenganisianikan, dan dibalut dengan nori. Kemudian, sebagai tambahan bisadiberisausmayonaise. Ikan yang dijadikanisiandapat digantisesuaikreativitasdankeinginan.

Pengenalan yang dilakukandimaksudkan agar anak-anak menjadilebihtertarikdenganolahanberbahandasarikan. Proses pengenalandimulaidenganmengenalkankepada anak-anakDusunKrebetterkaitapaituonigiri, bagaimana pembuatannya, hinggaakhirnyamakanonigiri bersama.

Menjanjikan, Ikan Beku RI Diminati Perusahaan Arab Saudi

Cara makanonigiri yang sederhanaditambah rasa yang lezatmenarikperhatianlebihanak-anak. Mengingatkandungangizi yang terkandungdalamikan sangattinggi, harapannya mereka dapat mengkonsumsiolahanikantanpa rasa bosan.

Kandungan yangdimilikiikanmerupakansalahsatu yang terbaik,terutamapada 1000 haripertamaanakdanibu hamil. Namun, sayangnyakonsumsiikan di Indonesia masihjauhdibandingJepang.

Demi mengatasihalini, pemerintahmembuat program GEMARIKAN sebagai upayapeningkatankonsumsiikan. Sebagaibentuk dukungan program tersebut, marilahkitamembuatolahan ikan yang menarik,terutamauntukanak-anakdanibu hamil.

Jelajah Kecamatan Muncar, Pemasok Ribuan Ikan Sejak Zaman Hindia Belanda

Referensi:

  • https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/VNxvEXJk-tingkat-konsumsi-ikan-perlu-seperti-jepang
  • https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/051513-penuhi-gizi-kita-dengan-konsumsi-ikan#:~:text=Sebagai%20salah%20satu%20sumber%20protein,seperti%20daging%20sapi%20dan%20ayam
  • https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/121910-gemarikan-gerakan-memasyarakatkan-makan-ikan
  • https://www.kemendag.go.id/berita/siaran-pers/lepas-ekspor-rumput-laut-dari-gudang-srg-di-sidoarjo-mendag-agus-tegaskan-srg-mampu-dorong-pembangunan-ekonomi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini