AIESEC Future Leaders Summer 2023 AIESEC in UNEJ

AIESEC Future Leaders Summer 2023 AIESEC in UNEJ
info gambar utama

Hoy AIESEC!!!

AIESEC Future Leaders by AIESEC in UNEJ hadir untuk pertama kalinya pada tahun ini. AIESEC Future Leaders atau lebih dikenal sebagai AFL adalah suatu program yang bertujuan untuk mengmbangkan potensi dan jiwa kepemimpinan anak muda saat ini.

AIESEC Future Leaders Summer Peak by AIESEC in UNEJ dimulai pada tanggal 15 April 2023, pelatihan selama 3 bulan ini diselenggarakan secara online pada platform Zoom dan diikuti oleh siswa/i pelajar SMA kelas 3 hingga mahasiswa/i angkatan 2020-2022.

Edisi perdana AIESEC Future Leaders by AIESEC in UNEJ mengusung Tema “Future Leaders: Achieving Supernova Future Self”. Bootcamp pelatihan 3 bulan ini bertujuan memberikan pengetahuan berupa materi yang disampaikan oleh pembicara-pembicara berpengalaman. Harapannya, dampaknya mampu mengubah kehidupan para pesertanya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

10 Unit Kegiatan Mahasiswa Untuk Pengembangan Skill, Tertarik Masuk yang Mana?

Tentunya para partisipan akan diajak untuk mengasah kemampuannya melalui berbagai sesi interaktif selama tiga bulan pelaksanaan AIESEC Future Leaders dari bulan April hingga bulan Juli. Kurikulum pembelajaran yang matang dan memiliki tingkat relevansi yang sepadan dengan tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini seiring bertambahnya teknologi dan perubahan zaman juga telah dirancang untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam kegiatan AIESEC Future Leaders ini terdapat beberapa sesi utama yaitu adanya bi-weekly Session, Networking Space, Coaching Session, hingga Activating Leadership Support.

Pada agenda bi-weekly Session, para partisipan mendapatkan pengetahuan materi setiap dua minggu sekali dari para pembicara yang berkompeten dan ahli di bidangnya. Bi-Weekly Session yang diadakan pada bulan April yang bertemakan “Essential Pack for Your Starting Line”. Materi pada bulan april ini diawali dengan “Interpersonal Skills” yang disampaikan oleh Awardee IISMA dan juga Ketua ITS MUN Club, yaitu Kennard Mahib.

Kemudian, pada agenda bi-weekly session yang kedua pada bulan April mengusung materi “Time Management”. Bi-weekly Session ini dibawakan langsung oleh Mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum UNAIR, yakni Rahardian Satya Mandala Putra.

Setelah agenda bulan April selesai, AIESEC Future Leaders memasuki bulan kedua, yakni Bulan Mei. Pada bulan Mei, Bi- weekly Session mengusung “I Ain’t Scared, I Ride The Big Wave. Di Awal bulan Mei, Bi-weekly Session dimulai dengan materi yang sangat bermanfaat, khususnya bagi generasi muda, yakni “Effective Communications”.

Materi ini langsung dibawakan oleh expert, yakni Content Creator di Tiktok, Sadam Permana. Kemudian tidak hanya itu, Bi-weekly Session pada bulan Mei dilanjutkan dengan materi “English Communication”. Materi ini dibawakan oleh Mentor Public Speaking, yakni Naria Nur Iftitah. Hal ini menunjukan pada bulan Mei, AIESEC Future Leaders memfokuskan materi terhadap bidang komunikasi, dengan tujuan melatih komunikasi para future leaders agar semakin baik.

Selanjutnya adalah bulan terakhir periode AIESEC Future Leaders di Summer Peak. Pada bulan Juni ini mengusung tema “ Take a Sneak Peak Into Their World”. Di bulan Juni ini, Bi Weekly Session dibagi menjadi beberapa bagian, yakni First Check Point, Second Checkpoint, dan terakhir adalah Special Track Final Meeting.

Pada first checkpoint ini membawa materi tentang “Data Analysis”. Selanjutnya pada second checkpoint dilakukan working hour untuk memberikan waktu kepada para delegates untuk mengerjakan tugas yang diberikan terkait Data Analysis. Tugas tersebut nantinya dipresentasikan oleh masing-masing kelompok, pada Special Track Final Meeting.

5 Cara Membangun Networking Bagi Anak Muda
Bi-weekly Session Daya Analyst | Dokumentasi pribadi
info gambar

Setelah tiga bulan yang panjang telah dilalui, para partisipan AIESEC Future Leaders juga menerima Activating Leadership Support atau ALS. Para Partisipan diberikan kesempatan untuk memilih aktivitas lanjut apa yang ingin dilakukan melalui AIESEC seperti mengikuti Local Project, Global Talent, and Global Volunteer, ataupun mengikuti Join AIESEC.

Mahesi Moktikanana, alumni AIESEC in UNEJ, menceritakan pengalaman mengikuti AIESEC dan bagaimana AIESEC mengubah kariernya. Tidak lupa, selain dari ALS yang diterima oleh para partisipan, selama mengikuti kegiatan AIESEC Future Leaders ini para partisipan juga mengikuti kegiatan Networking Space dengan partisipan dari AIESEC in UB dan AIESEC in Semarang. International Networking Space juga diikuti oleh para partisipan dengan narasumber dari Jepang dan Korea Selatan.

Ahmad Safi'i, salah satu delegasi AIESEC Future Leaders mengungkapkan pengalamannya selama 3 bulan ini membuat ia bisa mengenal lebih dalam tentang AIESEC, Ahmad yang sebelumnya memang punya rencana untuk join AIESEC menjadi lebih kenal dengan organisasinya.

Ahmad juga lebih mengenal dengan teman-teman dari FISIP dan FH yang juga merupakan anggota AIESEC. Dampak yang luar biasa ia rasakan dengan lebih percaya diri dan termotivasi untuk menggali potensi dan kemampuan diri sendiri.

AIESEC Future Leaders (AFL) adalah program yang memberikan pelatihan kepada generasi muda agar dapat lebih mengembangkan peran kepemimpinannya di masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

AFL adalah program yang diselenggarakan 3 bulan dan termasuk dengan sesi pengembangan keterampilan dimana peserta dapat menerima sesi pelatihan tentang soft skill dan teknik yang tercantum dalam program AFL.

Lulusan Terbaik Akpol Turki, Briptu Nissa Pidato di Depan Presiden Erdogan

Tahun ini, AIESEC Future Leaders yang diselenggarakan oleh AIESEC in UNEJ merupakan edisi perdana dan pertama kalinya diadakan bagi Mahasiswa Universitas Jember dan Siswa SMA/Sederajat di lingkungan Jember. Dengan tema “Future Leaders: Achieving a Supernova Future Self”. Diharapkan melalui adanya AIESEC Future Leaders di Jember mampu mengembangkan potensi generasi muda agar dapat memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa dan berdampak bagi masyarakat luas.

Para partisipan yang mengikuti kegiatan AIESEC Future Leaders akan diberikan kesempatan untuk bertemu dengan pembicara yang ahli pada bidangnya selama 6 kali pertemuan. Tidak hanya itu, para partisipan juga akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompoknya akan dibekali dengan mentor-mentor yang berkompeten pada bidangnya.

Terakhir, para partisipan AIESEC Future Leaders juga akan menerima kesempatan untuk memperluas networking dengan partisipan dari berbagai Universitas di Indonesia bahkan Luar Negeri melalui kegiatan networking space.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AU
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini