Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Pelatihan Jurnalisme Online Pada Perangkat Desa Bogares Kidul

Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Pelatihan Jurnalisme Online Pada Perangkat Desa Bogares Kidul
info gambar utama

Kabupaten Tegal - Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro, Kota Semarang sukses melaksanakan kegiatan Jurnalisme Online: Pelatihan Penulisan Artikel Berita dengan perangkat desa Bogares Kidul sebagai peserta pada hari Senin 7 Agustus 2023 di Balai Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal.

Kegiatan ini merupakan program monodisiplin dari mahasiswa bernama Millah Hanifah sebagai salah satu tindak lanjut dari rencana pembuatan website desa Bogares Kidul yang direncanakan akan dibuat dan dikembangkan pada tahun 2023 ini.

Desa Bogares Kidul sendiri merupakan desa yang memiliki banyak predikat, antara lain desa inklusi yang memiliki pemberdayaan penyandang disabilitas dengan baik. Salah satu pemberdayaan disabilitas di Desa Bogares Kidul ini yaitu pembuatan batik ciprat.

Serba-serbi Paspor Terkuat di Dunia, Ternyata Banyak Untungnya!

Selain itu, Desa Bogares Kidul juga dikenal sebagai penghasil kacang asin. Banyak pabrik rumahan dan toko-toko yang berjejeran berjualan kacang asin khas Bogares Kidul di sepanjang jalan di desa ini.

Kemudian, desa Bogares Kidul ini juga sedang mengembangkan pengelolaan sampah yang baik dengan melaksanakan program bank sampah untuk mengumpulkan dan mengelola sampah masyarakat yang ada di desa Bogares Kidul ini.

Namun, dari sekian banyaknya kegiatan dan potensi yang dimiliki oleh Desa Bogares Kidul ini, sangat disayangkan bahwa kegiatan dan potensi ini tidak dipublikasikan informasinya dengan baik. Belum ada website ataupun media sosial yang dimiliki oleh desa Bogares Kidul untuk melakukan publikasi informasi.

Dari permasalahan tersebut, salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro ini tertarik untuk memperkenalkan jurnalisme online dan pembuatan artikel berita. Program yang digagas pun telah didiskusikan dengan kepala desa Bogares Kidul yaitu bapak M.Arifin dan mendapatkan sambutan positif.

"Untuk pelatihan pembuatan berita artikel ini mungkin bisa mengundang perangkat desa karena rencananya pada tahun ini, Desa Bogares Kidul akan membuat website desa," ujar M. Arifin, kepala desa Bogares Kidul.

Tidak hanya mempersiapkan para perangkat desa untuk melakukan penulisan berita untuk website desa, kegiatan pelatihan ini juga memberikan kesempatan kepada perangkat desa Bogares Kidul untuk mengetahui cara pengemasan berita atau informasi mengenai potensi dan kegiatan di Desa Bogares Kidul dengan baik, serta memberikan pengetahuan mengenai bagaimana cara melakukan publishing berita untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan pengenalan jurnalisme online dan pelatihan penulisan artikel berita ini, berupa pengertian dasar mengenai berita, nilai - nilai yang terkandung dalam berita (news value), jenis-jenis berita (hard news dan soft news), dan tahapan penulisan berita artikel dari kegiatan perencanaan, peliputan berita, editing naskah artikel, publikasi, hingga penerbitan yang dapat diterapkan oleh perangkat desa dengan mudah.

Para peserta pelatihan jurnalisme online yang berfokus dalam pembuatan berita artikel ini merasa antusias dengan adanya kegiatan ini. Para peserta terlihat menyimak dengan seksama dan mencatat materi-materi yang diberikan. Para perangkat desa Bogares Kidul ini mengaku, mereka memiliki keinginan untuk belajar dan mengetahui jurnalisme online lebih dalam.

"Saya sangat antusias dan senang karena mahasiswa KKN UNDIP luar biasa kerjasamanya dan mohon kedepannya ada lagi kegiatan seperti ini," kata M.Faozi, perangkat desa Bogares Kidul.

The Theory of Everything, Ruwetnya Kisah Cinta Hawking dan Jane

Dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan berita artikel ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi perangkat desa Bogares Kidul dalam memproduksi berita-berita artikel untuk memenuhi kebutuhan penyebaran informasi dan dapat menjadi salah satu upaya memperkenalkan Desa Bogares Kidul kepada khalayak umum. (Millah Hanifah/TIM II KKN UNDIP)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini