Perusahaan Otomotif China Siap Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Perusahaan Otomotif China Siap Rakit Mobil Listrik di Indonesia
info gambar utama

Produsen otomotif asal Tiongkok, PT Neta Auto Indonesia, mengumumkan kerja sama dengan PT Handal Motor Indonesia (HIM) untuk perakitan mobil listrik di Tanah Air. Kolaborasi ini akan terlaksana dalam bentuk CKD (completely knocked down)

Penandatangan nota kesepahaman telah dilakukan pada 26 Juli 2023. Namun, perakitan baru akan dimulai di kuartal kedua 2024.

Sebagai pendatang baru, Neta Auto menunjukkan komitmennya dengan memastikan hadir dalam pameran mobil terbesar se-Tanah Air, The 30th Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 10—20 Agustus 2023. Di sana, Neta siap meluncurkan produk mobil listriknya yaitu Neta U, Neta V, dan Neta S.

Wang Chengjie, Assistant President Neta Auto and Vice President Neta Overseas mengungkapkan, kerja sama dengan HIM merupakan bentuk komitmen dan keseriusan pihaknya dalam menghadirkan produk berkualitas terbaik dan sesuai kebutuhan konsumen Indonesia.

Berdiri sejak 1993, PT HIM dipilih menjadi mitra perakitan lokal strategis atas pengalamannya yang penuh kredibilitas dan telah dipercaya oleh brand lain serta masyarakat Indonesia. Wang Chengjie berharap, kerja sama ini dapat mewujudkan visi misi Neta Auto dalam mendukung program pemerintah RI untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik.

LG Lanjutkan Megaproyek Baterai Kendaraan Listrik Rp142 T di Indonesia

Dia menilai Indonesia berpotensi besar untuk menerima mobil listrik sebagai kendaraan penunjang mobilitas sehari-hari karena terbukti efektif dan ramah lingkungan.

"Bukan hanya dengan konsumen, kami juga berusaha membangun kemitraan kuat dengan berbagai perusahaan dengan satu tujuan, mengembangkan industri otomotif tanah air," kata Wang Chengjie dalam keterangan tertulis, Senin (7/8/2023).

Sejak diperkenalkan ke publik pada 2018 di China, Neta Auto kini mulai merambah pasar Asia dan Eropa. Sebagai merek yang mengeklaim produknya inovatif dan dilengkapi teknologi pintar, Neta Auto ingin menghadirkan kendaraan listrik dengan fitur canggih, modern, berteknologi, serta memiliki sistem terintegrasi.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT HIM Denny Siregar menuturkan, pihaknya sudah melihat komitmen dari Neta dan memiliki kesamaan visi misi dalam mendukung program elektrifikasi dari pemerintah.

"Karena kesamaan visi dan misi dalam mendukung program pemerintah Indonesia, kami juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan memfasilitasi perakitan produk Neta Auto untuk Indonesia," ujar Denny.

Di Distrik Agats, Motor Listrik Sudah Menjadi Kendaraan Utama Warga Selama Belasan Tahun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini