Transaksi Mata Uang Lokal RI-China dkk Tembus 3,7 Miliar Dolar AS

Transaksi Mata Uang Lokal RI-China dkk Tembus 3,7 Miliar Dolar AS
info gambar utama

Realisasi transaksi mata uang lokal (Local Currency Transaction/LCT) antara Indonesia dengan empat negara, yakni China, Malaysia, Thailand, dan Jepang, terus mengalami peningkatan. Bank Indonesia (BI) mencatat, per Juli 2023 angkanya sudah mencapai 3,7 miliar dolar AS atau Rp 56,4 triliun.

"Jadi, kalau data Juli, itu angkanya sudah mencapai USD 3,7 miliar," kata Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior BI, Kamis (24/8/2023), dikutip dari kumparan.

Dia mengungkapkan, realisasi LCT kali ini melonjak cukup tinggi karena jika dibandingkan tahun lalu, nilai transaksinya hanya mencapai 4,1 miliar dolar AS sepanjang tahun.

"Artinya kita masih ada lima bulan lagi ke depan, sehingga masih sangat optimis bahwa LCT ini akan bisa terus meningkat," tambahnya.

Dia memberi contoh, transaksi LCT yang dilakukan Malaysia sangat agresif karena penggunanya bervariasi dari segmen kecil hingga besar. Jumlah pelakunya pun terus meningkat menjadi 2.178 yang terdiri dari eksportir dan importir.

RI-India Akan Gunakan Mata Uang Lokal dalam Transaksi Perdagangan Bilateral

Destry kemudian menyebut, hingga saat ini baru empat negara tadi yang bekerja sama dengan Indonesia dalam penerapan LCT. Namun, kata dia, beberapa negara sudah antre untuk bergabung, salah satunya Korea Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo menerangkan, LCT bisa digunakan untuk settlement perdagangan dan investasi, pembayaran lintas batas, serta transaksi di pasar keuangan.

"Makanya sekarang sudah dengan Malaysia, uji coba dengan Singapura, semoga 3 dan 6 bulan mendatang kita dua negara ini sudah bisa menggunakan local currency," paparnya.

Di samping itu, Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono mengatakan, seiring dengan pelaksanaan KTT ASEAN 2023 di Indonesia, pihaknya akan mendorong Vietnam untuk ikut serta dalam Regional Payment Connectivity (RPC), termasuk melaksanakan LCT.

"Kita juga mendorong Vietnam untuk ikut. Sekarang ini mungkin nanti akhir Agustus ini Vietnam akan join di MoU RPC, jadi belum QRIS-nya," timpalnya.

Bank Indonesia dan Bank of Korea Sepakati Penggunaan Mata Uang Lokal Bersama

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini