5 Kunci Menghafal Tenses Bahasa Inggris

5 Kunci Menghafal Tenses Bahasa Inggris
info gambar utama

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling sering digunakan karena bahasa Inggris telah menjadi bahasa komunikasi secara internasional di berbagai bidang. Semua orang tahu bahwa ada banyak manfaat belajar bahasa Inggris yang bisa Kawan peroleh, terlebih jika Kawan sampai mahir, salah satunya adalah Kawan bisa nonton film box office tanpa subtitle bahasa Indonesia. Keren banget nggak, sih?

Menurut Cappuccino English, untuk bisa sampai ke tahap mahir, Kawan harus mengetahui urutan belajar bahasa Inggris yang benar, di antaranya adalah belajar mengenai tense, bisa pronunciation dengan benar, kaya kosakata bahasa Inggris, punya banyak pengetahuan mengenai grammar, berlatih speaking, dan tahu banyak slang words. Untuk mulai belajar bahasa Inggris, Kawan bisa mulai dengan mempelajari tense.

Banyak pemula yang merasa freak out ketika awal-awal dihadapkan dengan tense. Alasannya adalah karena bahasa Inggris memiliki 16 tenses sehingga banyak dari pemula yang kebingungan untuk menghafal tenses tersebut. Pada artikel ini, Kawan akan mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar untuk bisa hafal bahasa Inggris. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Baca juga: Tips Memilih Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare
Sumber: Freepik
info gambar

Kunci utama untuk menghafal tenses

  1. Present digunakan untuk aktivitas yang bersifat umum/fakta, dan ciri-cirinya adalah menggunakan kata kerja pertama atau to be untuk present (is/am).
  2. Past digunakan untuk aktivitas yang dilakukan masa lampau, dan ciri-cirinya adalah menggunakan kata kerja kedua atau to be untuk past (was/were).
  3. Future digunakan untuk aktivitas yang dilakukan masa yang akan datang, dan ciri-cirinya adalah menggunakan will + kata kerja infinitive atau will be.
  4. Perfect digunakan untuk aktivitas yang telah dilakukan pada masa lampau (dan sekarang masih ada dampaknya), dan ciri-cirinya adalah menggunakan have + kata kerja ketiga.
  5. Continous digunakan untuk aktivitas yang sedang dilakukan, dan ciri-cirinya adalah menggunakan to be (is/am/are/were/was/has been/have been/will be)+ kata kerja berbentuk -ing.

Selanjutnya, untuk menghafal jenis tense dengan mudah, Kawan harus mengenghafal pembagian tenses. Bahasa Inggris memiliki 16 tenses yang dapat diringkas menjadi 4 jenis tenses besar, dan kemudian masing-masing dibagi lagi. Perhatikan daftar berikut.

  1. Present Tense

- Simple Present Tense

- Present Continuous Tense

- Present Perfect Tense

- Present Perfect Continuous Tense

  1. Past Tense

- Simple Past Tense

- Past Continuous Tense

- Past Perfect Tense

- Past Perfect Continuous Tense

  1. Future Tense

- Simple Future Tense

- Future Continuous Tense

- Future Perfect Tense

- Future Perfect Continuous Tense

  1. Past Future

- Past Future Tense

- Past Future Continuous Tense

- Past Future Perfect Tense

- Past Future Perfect Continuous Tense

Baca juga: Hobi Baca Buku Bahasa Inggris, Tapi Cepat Lelah Memahami? Tenang Saja!

Triknya adalah saat Kawan akan membuat kalimat, contoh saja, future continuous tense, maka caranya adalah dengan melihat kata future dan continuous. Pada 5 kunci utama menghafal tenses di atas, future menggunakan will + kata kerja infinitive atau will be.

Namun karena continuous, maka will diganti dengan to be untuk future, yaitu will be, dan ditambah kata kerja berakhiran berbentuk -ing. Maka rumus future continuous tense adalah will be + kata kerja berbentuk -ing.

Itulah tips menghafal tenses bahasa Inggris. Pastikan kamu paham betul 5 kunci di atas, kemudian terapkan ke jenis-jenis tense-nya. Jika kamu sudah paham mengenai triknya, dijamin kamu akan dengan mudah menghafal struktur tense. Semoga artikel ini membantumu dalam menghafal tense, ya.

Sumber referensi:

  • https://www.cappuccinoenglish.com/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini