Seamless M4T, AI yang Bantu Komunikasi antara Penutur Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing

Seamless M4T, AI yang Bantu Komunikasi antara Penutur Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing
info gambar utama

Kini telah hadir Seamless M4T, AI yang bertindak sebagai penerjemah. Dengan AI satu ini, komunikasi antara penutur Bahasa Indonesia dan bahasa asing akan semakin mudah.

Di tengah tren berkembangnya artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan, semakin banyak pekerjaan dan aktivitas manusia yang menjadi semakin mudah dilakukan. Penerjemahan adalah salah satunya.

Kini bakan telah hadir AI yang khusus diciptakan untuk membantu kerja penerjemahan, namanya adalah Seamless M4T yang dikembangkan oleh Meta AI, laboratorium yang berada di bawah naungan perusahaan raksasa teknologi dunia, Meta.

Lantas, Apa saja fitur dan keunggulan yang dimiliki Seamless M4T?

Kenalin Perplexity AI, Web Pintar Andalan Skripsimu!

Mengenal Apa Itu Seamless M4T

Dalam laman resminya, Meta AI memperkenalkan Seamless M4T sebagai AI yang mereka sebut mampu menerjemahkan dan melakukan transkripsi atas suara serta teks dengan lancar. Dari situ saja, bisa langsung diketahui jika Seamless M4T dibekali kemampuan untuk menerjemahkan ucapan manusia serta tulisan.

Meta AI juga menjelaskan jika Seamless M4T punya 5 fitur penting, yakni sebagai berikut:

  • Pengenalan ucapan (speech recognition) otomatis dalam hampir 100 bahasa.
  • Penerjemahan dari bentuk suara ke tulisan dalam hampir 100 bahasa.
  • Penerjemahan dari bentuk suara menjadi suara lagi. Input-nya mendukung hampir 100 bahasa dan output-nya mendukung 35 bahasa plus Bahasa Inggris.
  • Penerjemahan dari tulisan-ke-tulisan lagi dalam hampir 100 bahasa
  • Penerjemahan tulisan menjadi suara. Input-nya mendukung hampir 100 bahasa dan output-nya mendukung 35 bahasa plus Bahasa Inggris

Dengan kemampuan dan fitur canggih yang dimilikinya, Seamless M4T jelas akan membantu komunikasi antara dua orang dengan bahasa yang berbeda. Selama ini, perbedaan bahasa memang bisa jadi hambatan dalam berkomunikasi. Tak jarang, orang pun mencari cara untuk menyiasatinya, misalnya dengan menggunakan bahasa tubuh atau berkomunikasi lewat tulisan yang diterjemahkan oleh kamus elektronik.

Tentu saja, cara-cara tersebut berpotensi menimbulkan masalah baru. Bahasa tubuh bisa menimbulkan kesalahpahaman atau kebingungan karena arti setiap gerakan tubuh pun belum tentu sama di setiap kelompok masyarakat. Sementara itu, menggunakan kamus elektronik akan memakan waktu karena pesan yang ingin disampaikan harus ditulis dahulu.

Dengan demikian, Seamless M4T dapat diandalkan sebagai salah satu cara mengatasi hambatan komunikasi antarmanusia tersebut. Seorang penutur Bahasa Indonesia pun akan bisa berkomunikasi dengan orang yang tak menguasai Bahasa Indonesia lewat perantara Seamless M4T.

Untuk diketahui, Seamless M4T tercipta sebagai pengembangan dari teknologi-teknologi yang sudah ada sebelumnya, sebut saja No Language Left Behind (NLLB), Universal Speech Translator, dan Massively Multilingual Speech, yang mana semuanya berasal dari satu model AI yang sama.

Saingan ChatGPT dan Bing, Google Bard Kini Hadir dalam Bahasa Indonesia

Referensi:

  • https://ai.meta.com/resources/models-and-libraries/seamless-communication/
  • https://ai.meta.com/blog/seamless-m4t/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini