Wajah Baru TMII untuk Ikon Wisata RI, Kembalikan Gagasan dari Tien Soeharto

Wajah Baru TMII untuk Ikon Wisata RI, Kembalikan Gagasan dari Tien Soeharto
info gambar utama

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merayakan momen bersejarah saat peresmian wajah barunya. Acara ini berhasil menghipnotis lebih dari 127.000 pengunjung yang membanjiri TMII, pada Jumat (1/9/2023).

Acara yang berlangsung sangat meriah ini menjadi langkah penting bagi PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai salah satu bentuk komitmen untuk mendorong TMII menjadi ikon pariwisata yang membanggakan bagi Indonesia.

Wajah Baru TMII Hadirkan Atraksi dan Wahana Berkonsep Zona Hijau

Presiden Joko Widodo turut serta merayakan peresmian wajah baru TMII. Kehadiran beliau menegaskan nilai dan arti penting TMII dalam mengapresiasi serta merayakan budaya Indonesia yang kaya dan beragam.

Pada momentum tersebut, Presiden Joko Widodo hadir sekaligus melakukan peresmian didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istri, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan PLT Gubernur DKI Jakarta Drs Heru Budi Hartono.

Atraksi dancing

Salah satu sorotan menarik dalam peresmian ini adalah atraksi dancing fountain “Tirta Cerita”. Atraksi ini merupakan perpaduan canggih antara teknologi visual, musik, lighting show yang memukau, dan pertunjukan 300 unit drone yang membentuk kisah menakjubkan dari cerita rakyat nusantara.

“Melalui tarian air yang megah, cerita-cerita yang dikenal secara luas oleh rakyat Indonesia dihidupkan kembali dengan keajaiban modern ,” tulis Nugdha Achadie SVP of Corporate Secretary Injourney.

Taman Burung Jagat Satwa Nusantara: Rumah bagi Hewan Langka Indonesia

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa TMII akan menjadi sebuah ikon besar pariwisata di Jakarta dan juga tentu saja Indonesia. Dia pun menyatakan ingin mengembalikan semangat dari Tien Soeharto.

“Revitalisasi ini sekaligus mengembalikan semangat awal yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto yang mengusung konsep ruang terbuka hijau, yakni masterplan awal yakni 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan, kata Presiden Jokowi.

Kolaborasi 3 menteri

Menteri BUMN Erick Thohir dalam laporannya menyampaikan bahwa terwujudnya wajah baru TMII ini merupakan hasil kolaborasi dari 3 Kementerian, yakni Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian BUMN.

Pasca revitalisasi fisik yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, Kementerian BUMN bersama InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung juga melakukan improvement dalam beberapa aspek guna meningkatkan kualitas layanan dan daya tarik, seperti wahanan dan atraksi yang dapat dinikmati pengunjung.

Targetkan Kunjungan Wisatawan 6 Juta Per Tahun, InJourney Dorong TMII Jadi Ikon Pariwisata Kebanggaan Indonesia Renovasi TMII merupakan bagian dari percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan acara internasional.

Renovasi TMII merupakan penugasan khusus Presiden Jokowi, sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Unit Penyelenggara Acara Internasional di Provinsi Bali, DKI Jakarta, NTB, dan NTT.

">Renovasi TMII Hampir Rampung, Jangan Khawatir Tiket Mahal!

Pengelolaan TMII diserahkan Kementerian Sekretariat Negara kepada anak perusahaan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney yakni PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) per 1 Juli 2021. TMII kini dikelola oleh PT Bhumi Visatanda (PT Bhiva), yang merupakan anak usaha dari PT TWC.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan bahwa peluncuran wajah baru TMII ini sebuah bukti kolaborasi bersama dengan para stakeholders. Wajah baru TMII ini diharapkan semakin memperkuat kualitas industri pariwisata nasional.

“InJourney siap mendukung upaya pemerintah mendorong TMII menjadi destinasi wisata yang secara rutin memperkenalkan seni budaya Indonesia melalui beragam aktivasi seni dan atraksi di TMII. Dengan wajah baru TMII yang baru saja diresmikan oleh Bapak Presiden, jumlah pengunjung TMII yang kami targetkan adalah sebanyak 6 juta orang setahun. Kami memiliki keyakinan TMII bisa menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia,” ujar Dony Oskaria. “

"Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah, khususnya Kementerian BUMN, Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian PUPR serta sinergi dari berbagai BUMN dan pihak swasta atas dukungan dan kolaborasi yang luar biasa dalam mewujudkan Wajah Baru TMII sebagai miniatur keberagaman budaya Indonesia dan menjadi destinasi kebanggaan Ibu Pertiwi,” pungkas Dony Oskaria.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini