Terima Dana Rp39 Triliun, RI Jadi Mitra Kesehatan Terbesar Bank Dunia

Terima Dana Rp39 Triliun, RI Jadi Mitra Kesehatan Terbesar Bank Dunia
info gambar utama

Bank Dunia menyebut Indonesia sebagai mitra terbesar di bidang kesehatan. Lembaga keuangan internasional ini telah mengucurkan dana senilai 2,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp39 triliun untuk membiayai sektor kesehatan di Indonesia per Juni 2023.

Angka tersebut diketahui meningkat dibandingkan jumlah pendanaan tahunan yang diberikan kepada Indonesia pada 2019 sebesar 150 juta dolar AS. Secara global, ini merupakan portofolio kesehatan dan nutrisi terbesar Bank Dunia.

Dilansir dari Katadata, Senin (11/9), Presiden Bank Dunia Ajay Banga yang mengunjungi Indonesia pada 7 September 2023 di Banten, mengatakan bahwa Indonesia tidak hanya menjadi mitra terbesarnya, tetapi juga berpotensi meningkat hingga dua kali lipat.

Investasi kesehatan dasar

Banga mengungkapkan peningkatan biaya kesehatan tersebut dapat direalisasikan apabila seluruh rencana Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperoleh persetujuan dewan dan pemerintah.

Adapun rincian dana untuk program penguatan sistem kesehatan dasar di antaranya adalah penguatan penanganan Covid senilai 750 juta dolar AS dan penguatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) senilai 400 juta dolar AS.

Termasuk juga di dalamnya ada program Indonesia-Supporting Primary Health Care (ISPHERE) berupa pinjaman sebesar 150 juta dolar AS kepada Indonesia. Selain itu, ada pula program penanganan stunting (INEY) yang sudah berjalan sejak 2018 dengan total pendanaan 400 juta dolar AS.

Inilah Upaya Penanganan Polusi Jabodetabek dalam Sektor Kesehatan

Apresiasi penanganan stunting

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Bank Dunia Banga memberikan apresiasi terhadap sistem penanganan stunting di Indonesia. Menurutnya, ini penting untuk memperbaiki kehidupan generasi muda di masa depan.

“Saya sangat terpukau dengan kemajuan penanganan tengkes (stunting), dari 30,8% (pada 2018) turun jadi 21,6% (pada 2022) dan Anda menargetkan sampai 24%,” katanya, dilansir dari Katadata, Senin (11/9).

Pihaknya menggarisbawahi satu hal yang membedakan Indonesia dalam menangani persoalan stunting, yang bisa dipelajari dunia internasional adalah kesukarelawanan. Hal ini terlihat dari partisipasi masyarakat yang secara sukarela berbagi pengetahuan dan mendampingi ibu hamil.

Berantas Stunting Lewat Aplikasi, Startup PrimaKu Dimodali CEO GoTo

Referensi:

  • Katadata. Presiden Bank Dunia: Indonesia Adalah Mitra Terbesar Bidang Kesehatan. https://katadata.co.id/sortatobing/finansial/64f99498c3ee7/presiden-bank-dunia-indonesia-adalah-mitra-terbesar-bidang-kesehatan
  • Katadata. Bank Dunia Puji Penanganan Stunting Indonesia. https://katadata.co.id/sortatobing/finansial/64f99e5d14bd7/bank-dunia-puji-penanganan-stunting-indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini