Dari Membatik hingga Main Angklung, Pelajar Australia Antusias Mengenal Budaya Indonesia

Dari Membatik hingga Main Angklung, Pelajar Australia Antusias Mengenal Budaya Indonesia
info gambar utama

Konsulat Jenderal RI Sydney memperkenalkan budaya Indonesia di Australia melalui program “Indonesian Day” dengan menyambangi sekolah untuk mengadakan kegiatan Indonesia Goes to School (IGtS).

Dikutip dari laman kemenlu.go.id, di hadapan siswa St. Mary Star of the Sea College, KJRI Sydney menekankan pentingnya mempelajari Bahasa Indonesia beserta kebudayaannya mengingat kedekatannya dengan Australia.

Para siswa tersebut juga dikatakan menjadi bagian dari masa depan hubungan Indonesia dan Australia. Adanya kesepakatan yang telah dibangun oleh kedua negara tentu akan membuka peluang yang sangat luas bagi masyarakat, baik Indonesia maupun Australia.

Kegiatan Indonesia Goes to School juga membawakan sejumlah aktivitas menarik yang bisa diikuti oleh para siswa. Termasuk di antaranya adalah bermain angklung, membatik, mempelajari gerakan pencak silat dan tari Bali, sampai mendengarkan sejarah hubungan Australia-Indonesia.

Sebagai informasi, kegiatan IGtS oleh KJRI Sydney salah satunya bertujuan untuk mengenalkan seni budaya Indonesia yang juga penting bagi penutur asing dalam pembelajaran bahasa Indonesia agar sesuai dengan kultur yang ada di Tanah Air.

Prospek Masa Depan, Ini Alasan Anak-anak Australia Wajib Belajar Bahasa Indonesia

Mengunjungi Balai Wisata Budaya

Sementara itu, puluhan sekolah dari berbagai kota di Australia sebelumnya juga mengunjungi Balai Wisata Budaya pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra untuk mempelajari keragaman budaya di Tanah Air.

Dilansir dari Antara, Minggu (17/9), Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Canberra, Mukhamad Najib sejak awal tahun 2023 sampai sekarang sekitar 20 sekolah dari berbagai kota di Australia sudah melakukan kunjungan di Balai Wisata Budaya.

Pada 14 September 2023 lalu, giliran pelajar dari Discovery Christian College yang mengunjungi Balai Wisata Budaya KBRI Canberra. Mereka diedukasi tentang Indonesia, seperti letak geografis Indonesia yang dekat dengan Australia, budaya, bahasa, tempat wisata hingga tempat-tempat bersejarah.

Selain itu, siswa yang berkunjung juga mendapat penjelasan mengenai berbagai benda budaya yang tersimpan di Balai Wisata Budaya, seperti wayang, reog, pakaian adat, dan alat musik tradisional dari wilayah-wilayah Indonesia.

3 Kampus Top Australia Akan Dibangun di Indonesia, Buka Pendaftaran 2024

Referensi:

Antara. Puluhan Sekolah Australia Kunjungi Balai Wisata Budaya KBRI Canberra. https://www.antaranews.com/berita/3727176/puluhan-sekolah-australia-kunjungi-balai-wisata-budaya-kbri-canberra

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini