Fernando dan Ze Valente, Ayah dan Anak yang Jadi Saingan di Sepak Bola Indonesia

Fernando dan Ze Valente, Ayah dan Anak yang Jadi Saingan di Sepak Bola Indonesia
info gambar utama

Fernando dan Ze Valente adalah ayah dan anak yang sama-sama menekuni sepak bola. Kini, mereka bersaing satu sama lain di Indonesia.

Pada 23 Agustus 2023 lalu, Arema FC memperkenalkan sosok pelatih baru mereka. Ia adalah Fernando Valente.

Fernando diplot sebagai pelatih kepala yang bertugas menangani Arema FC di Liga 1 2023-2024. Sebelumnya, kursi pelatih kepala diduduki oleh Joko Susilo dan sempat pula diisi Kuncoro sebagai pelatih sementara.

"Dari beberapa opsi, pilihan kami jatuh pada Fernando Valente. Kami butuh pelatih yang secara record tidak hanya bicara soal teknis, tapi juga bisa mengangkat mental pemain," ujar Manajer Tim Arema FC Wiebie Dwi Andriyas.

Fernando punya rekam jejak yang cukup bagus dengan pernah mengurus tim di Eropa dan China. Arema FC sendiri merupakan klub pertamanya di Indonesia.

Ternyata kedatangan Fernando di Indonesia ternyata menyusul sang anak, Ze Valente yang lebih dulu datang. Ze Valente saat ini juga bermain di Liga 1 bersama Persebaya Surabaya.

Hadirnya Fernando menyusul Ze Valente pun menghadirkan keseruan tersendiri. Maklum saja, Arema FC dan Persebaya adalah rival berat, sehingga bisa dibilang bahwa Fernando dan Ze Valente kini menjadi seteru di sepak bola Indonesia.

Fakta Menarik Kontingen Indonesia di Asian Games 2022: Dari Jumlah Atlet hingga Target

Pertarungan Fernando dan Ze Valente

Sementara Fernando baru datang ke Indonesia, Ze sudah tiba sejak musim 2022-2023 lalu. Saat itu, ia bergabung dengan PSS Sleman.

Tampil cukup apik bersama PSS, pemain asal Portugal itu direkrut. Persebaya. Di skuad Bajul Ijo pun Ze Valente mampu menjadi pemain penting yang begitu diandalkan.

Saat masih tergolong anak baru di Persebaya, Ze Valente pernah dipercaya sebagai kapten tim. Kala itu, Alwi Slamat yang merupakan kapten pertama harus absen sehingga Ze Valente dijadikan penggantinya.

Sebentar lagi, publik sepak bola Indonesia dapat menyaksikan pertarungan antara Fernando dan Ze Valente. Persebaya dan Arema FC bakal saling berhadapan dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024.

Laga tersebut dijadwalkan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (23/9/2023) pukul 15.00 WIB. Setelahnya, kedua tim baru akan berjumpa lagi pada pekan ke-30, tepatnya pada 27 Maret 2024.

Akankan strategi jitu Sang Ayah bakal membuat anaknya dan rekan-rekannya tak berkutik? Atau justru aksi Sang Anak yang membuat anak-anak asuh ayahnya takluk? Kita nantikan saja akhir pekan ini.

Malut United, Klub Baru yang Menggebrak Sepak Bola Indonesia dengan Bangun Stadion Sendiri

Referensi:

  • https://aremafc.com/news/arema-fc-resmi-perkenalkan-fernando-valente-sebagai-pelatih-kepala
  • https://www.persebaya.id/r/3014/kisah-ze-tentang-saling-menguatkan-antar-pemain

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini