Digital Nomad? Gaya Hidup Kerja yang di Gandrungi Anak Muda

Digital Nomad? Gaya Hidup Kerja yang di Gandrungi Anak Muda
info gambar utama

Apakah Kawan pernah mendengar tentang gaya hidup digital nomad? Gaya hidup digital nomad sudah menjadi tren yang sedang di gandrungi anak muda di masa kini. Bagi kebanyakan anak muda, menjadi seorang digital nomad adalah impian yang sangat diidamkan.

Dunia digital yang semakin berkembang pesat membuat semua hal terasa berbeda dibandingkan dengan zaman dahulu. Banyak kemudahan yang bisa didapatkan secara cepat seperti informasi, membeli barang online, bahkan konsultasi dokter bisa didapatkan lewat digital. Muncul juga istilah digital nomad yang banyak digandrungi oleh para anak muda zaman sekarang. Lalu, apa sih digital nomad itu?

Baca juga: Bukit Peramun Belitung Raih Rekor MURI sebagai Hutan Digital Pertama di Indonesia

Kenali Apa Itu Digital Nomad

Digital nomad adalah sebuah istilah gaya hidup di mana seseorang yang bekerja dengan memanfaatkan teknologi atau secara online, sehingga tidak terikat oleh waktu dan tempat. Mereka yang bekerja di digital nomad bisa menyelesaikan tugasnya kapanpun dan di manapun tanpa perlu memikirkan jam kerja karena fleksibel.

Mengapa Digital Nomad Banyak Digandrungi Anak Muda?

Salah satu alasan mengapa anak muda tertarik pada digital nomad adalah kebebasan untuk bekerja dari mana saja. Mereka tidak terikat pada rutinitas pekerjaan kantor yang monoton dan memiliki pekerjaan yang fleksibel dan tetap mendapatkan penghasilan yang lumayan.

kebanyakan pekerjaan yang dilakukan seorang digital nomad dapat dilakukan secara jarak jauh. Hal tersebut termasuk pekerjaan seperti, desainer grafis, penulis lepas, pemasaran digital, dan masih banyak lagi.

Selain itu, gaya hidup kerja digital nomad memberikan fleksibilitas waktu. Mereka bisa mengatur jam kerja mereka sendiri dan menyesuaikan pekerjaan dengan waktu yang paling produktif bagi mereka. Hal ini memberikan keseimbangan yang lebih baik antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Baca juga: Di Arena Wushu Asian Games 2022, Edgar Xavier Marvelo Menjawab Kekhawatiran dengan Medali

Kunci Sukses Menjadi Digital Nomad

Menjadi seorang digital nomad juga tidak semudah yang Kawan pikirkan. Memulai karier di dunia digital mempunyai tantangannya tersendiri. Apalagi bagi orang yang baru terjun, memulai profesi ini pasti akan menghadapi tantangan yang begitu banyak. kesabaran dan usaha yang tinggi sangat dibutuhkan jika Kawan ingin sukses dengan gaya hidup kerja ini.

Jika ingin bekerja dengan gaya hidup ini, Kawan perlu komitmen yang tinggi. Oleh karena itu, kamu harus memilih bidang pekerjaan yang disukai dan tentunya kamu kuasai. Jika Kawan suka menulis, kamu bisa memanfaatkan kemampuan tersebut menjadi seorang content writer atau seorang blogger.

Memiliki kemampuan memang menjadi hal yang sangat penting untuk bisa terjun di dunia digital. Namun, selain mempunyai kemampuan yang mumpuni, memiliki sebuah portofolio adalah hal yang wajib untuk seorang digital nomad. Dengan memiliki portofolio yang bagus menjadi nilai lebih, portofolio Kawan bisa memperlihatkan bidang mana yang Kawan sangat kuasai.

Selain itu, pintar membagi waktu menjadi salah satu hal wajib Kawan kuasai sebelum terjun ke dalam gaya hidup kerja ini. Digital nomad harus bisa mengatur waktu mereka dengan baik agar tetap produktif. Kawan harus bisa menahan godaan liburan yang terlalu sering dan tetap fokus pada pekerjaan.

Bagaimana, apakah Kawan tertarik menjadi seorang? Sebelum memutuskan untuk mengikuti gaya hidup digital nomad, Kawan perlu mempersiapkan diri dengan baik, baik dari segi keterampilan kerja maupun perencanaan finansial.

Baca juga: Bangun Ketahanan Kesehatan, RI Siap Ekspor Produk Farmasi Perdana ke Tanzania

Sumber referensi:

  • https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-digital-nomad/
  • https://narasi.tv/read/narasi-daily/apa-itu-digital-nomad

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini